Menyukai Kegelapan
Kalangan Sendiri

Menyukai Kegelapan

Puji Astuti Official Writer
      5937

Yohanes 3:19

Dan inilah hukuman itu: Terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan dari pada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat.

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 104; Lukas 16; Yosua 19-20

Orang Farisi tidak meragukan Yesus karena mereka tidak setuju dengannya. Mereka meragukan Yesus karena mereka dengan keras menentang-Nya.

Keraguan adalah tentang pikiran. Bahkan orang Kristen mengalami masa-masa keraguan. Kita tidak selalu mengerti mengapa Tuhan melakukan sesuatu atau mengapa Dia melakukannya. Ketidakpercayaan, sangat kontras, ini adalah masalah kehendak. Ini adalah pilihan yang kita buat.

Orang Farisi penuh dengan ketidakpercayaan. Mereka tidak menolak Yesus karena kurangnya bukti atau karena Dia tidak konsisten dengan apa yang Dia katakana. Faktanya adalah bahwa Yesus adalah contoh yang sempurna. Bahkan Pontius Pilatus berkata, “Aku tidak mendapati kesalahan apapun pada orang ini.” (Lukas 23:4) dan “Aku tidak bersalah terhadap darah orang ini; itu urusan kamu sendiri!” Yudas Iskariot, murid yang menghabiskan waktu 3 tahun bersama Yesus dan mengkhianati Dia berkata, “Aku telah berdosa karena menyerahkan darah orang yang tak bersalah.” (Matius 27:4). Jadi, bisa dikatakan bahwa Yesus adalah model dari segala sesuatu yang Ia katakan.

Orang Farisi menolak Yesus karena menginterfensi cara hidup mereka. Dan itulah alasan mengapa mereka menolak Dia saat ini. Yesus berkata, “Dan inilah hukuman itu: Terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan dari pada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat. Sebab barangsiapa berbuat jahat, membenci terang dan tidak datang kepada terang itu, supaya perbuatan-perbuatannya yang jahat itu tidak nampak;” (Yohanes 3:19-20)

Seseorang menolak Yesus bukan karena telah melakukan penelitian dengan cermar bukti dan menemukan bahwa bukti itu tidak cukup meyakinkan. Mereka menolaknya tidak karena membaca ayat Alkitab dan menemukan beberapa kontradiksi. Mereka menolaknya tidak karena menemukan beberapa orang munafik di gereja. Mereka menolak Yesus karena Dia mengganggu cara mereka menjalani kehidupan.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda merasa Yesus sedang mengintervensi hidup Anda dan mengganggu cara hidup yang sedang Anda jalani? Pilihannya hanya dua jika itu terjadi, menerima Yesus dan mengikuti cara hidupnya, atau menolak Dia dan pergi. Tentukan pilihan Anda sekarang. (Greg Laurie/Harvest.org)

Seseorang menolak Yesus bukan karena mereka ragu akan ketuhanan Yesus, namun karena Dia mengusik gaya hidup mereka.

Ikuti Kami