Sulit Untuk Dikasihi
Kalangan Sendiri

Sulit Untuk Dikasihi

eva Official Writer
      10531
Show English Version

Kisah Para Rasul 13:18

Empat puluh tahun lamanya Ia sabar terhadap tingkah laku mereka di padang gurun

Bacaan Alkitab Setahun:[kitab]Amsal2[/kitab];[kitab]Yohan12[/kitab];[kitab]iTawa16-17[/kitab]

Bertahun-tahun lalu dalam suatu acara perkemahan, saya melayani sebagai konselor bagi sejumlah remaja lelaki yang nakal. Saya merasa tertantang dalam menangani perilaku mereka. Mereka suka menyiksa hewan di kebun binatang dan terkadang saling berkelahi. Jadi saya berusaha untuk bersikap tenang sekaligus tegas dalam membimbing mereka. Meski mereka sering membuat saya frustrasi, saya selalu memastikan bahwa kebutuhan fisik mereka terpenuhi.

Walaupun saya bersikap ramah dan penuh kasih, sering kali saya makan hati dalam menghadapi mereka dan bersikap “sabar terhadap” mereka. Perasaan itu membuat saya sungguh-sungguh merenungkan tentang bagaimana Bapa surgawi yang penuh kasih memelihara anak-anak-Nya yang keras kepala. Ketika mengisahkan tentang bangsa Israel yang keluar dari Mesir, Paulus berkata, “Empat puluh tahun lamanya [Allah] sabar terhadap tingkah laku mereka di padang gurun” (Kis. 13:18). Dalam bahasa Yunani, frasa “sabar terhadap” kemungkinan besar berarti Allah dengan sabar memenuhi kebutuhan umat itu meski mereka bersikap tidak tahu berterima kasih.

Mungkin ada orang-orang yang tidak menanggapi dengan baik usaha kita untuk menunjukkan kasih dan perhatian. Ketika ini terjadi, ada baiknya kita mengingat bahwa Allah sabar terhadap kita. Dan Dia telah mengaruniakan Roh Kudus-Nya untuk menolong kita agar dengan penuh kasih menanggapi mereka yang rasanya sulit untuk dikasihi atau yang tidak tahu berterima kasih (Gal. 5:22-23).

Sabarlah terhadap sesama sebagaimana Allah telah bersabar terhadap Anda

Ikuti Kami