Pew Research Center Ungkap Tingkat Penurunan Kepercayaan Agama di Seluruh Dunia
Sumber: Fox News

News / 24 August 2023

Kalangan Sendiri

Pew Research Center Ungkap Tingkat Penurunan Kepercayaan Agama di Seluruh Dunia

Lori Official Writer
1288

Proyek Masa Depan Keagamaan Global (Project Global Religious Futures) Pew-Templeton terus bekerja untuk menemukan penyebab penurunan kepercayaan terhadap agama dan dampaknya bagi masyarakat di seluruh dunia.

Sejak tahun 2006, penelitian ini telah dilakukan di dalam 3 bidang utama, yaitu:

1. Survei di lebih dari 95 negara (dan 130 bahasa) yang melibatkan 200.000 responden dan diberikan questioner seputar identitas, keyakinan da praktik keagamaan mereka.

2. Studi demografi yang menggunakan sensus dan sumber data lainnya untuk memperkirakan jumlah kelompok agama, memproyeksikan seberapa sepat pertumbuhan atau penyusutan kelompok tersebut, dan menganalisis mekanisme perubahan agama.

3. Survey tahunan terhadap pembatasan praktik agama di 198 negara dan daerah.

Pew Research Center, sebagai lembaga sosial masyarakat nirlaba dan non-partisan, melakukan penelitian ini dan menyediakannya secara gratis kepada publik. Adapun hasil riset Proyek Masa Depan Keagamaan Global yang dikerjakan bersama The John Templeton Foundation ini diantaranya:

 

Baca Juga: 7 Negara Paling Atheis di Dunia, Wah Ngeri!

 

Amerika dan banyak negara lainnya sudah mengalami penurunan tingkat religiusitas

Khususnya warga Amerika, ditemukan sudah semakin tidak religius. Hasil survey menemukan bahwa persentase orang dewasa Amerika yang menganut agama Kristen terus menurun setiap tahunnya, sementara jumlah orang yang tidak menganut agama apapun terus meningkat pesat. Data menunjukkan bahwa penganut agama seperti Yahudi, Islam, Hindu, Budha dan agama lainnya merupakan agama minoritas di Amerika.

Penurunan ini diyakini telah terjadi sejak beberapa dekade belakangan dan diperkirakan akan terus berlanjut di masa depan. Selain itu, afiliasi, baik ketika orang mengatakan bahwa mereka menganut suatu agama, bukanlah satu-satunya indikator yang mengalami penurunan. Ketaatan menjalankan ajaran agama juga menurun berdasarkan hasil survey. 

Selain Amerika, negara lain yang juga mengalami pola serupa diantaranya negara-negara Eropa Barat, Australia dan Selandia Baru.

 

Fenomena penurunan kepercayaan terhadap agama di negara Barat

Survei dari Pew Research Center di tahun 2018 menemukan bahwa masyarakat di 27 negara mengaku jika agama masih memainkan peran yang tidak lagi penting di negara mereka dibandingkan dengan 20 tahun sebelumnya. Di sebagian besar negara, termasuk Amerika Serikat, lebih banyak orang yang mengaku jika peran agama sudah mengalami penurunan. Namun hasil yang berbeda didapatkan di negara-negara yang fondasi agamanya masih kuat seperti halnya di Indonesia, Kenya, Brasil dan Israel yang menilai jika peran agama dalam masyarakat terus meningkat selama beberapa dekade belakangan ini.

 

Baca Juga: Benarkah Indonesia Jadi Peringkat Pertama Negara Paling Percaya Tuhan di Dunia?

 

Kemunduran agama di negara-negara Barat telah menyebabkan banyak orang bertanya-tanya: Apakah fenomena ini baik atau buruk bagi individu dan masyarakat?

Belum ada jawaban pasti untuk menjawab pertanyaan ini. Namun berdasarkan analisis data survei Center di tahun 2019, ditemukan bahwa orang-orang beragama cenderung jauh lebih bahagia dalam hidupnya dibandingkan dengan mereka yang tidak beragama. 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami