7 Negara Paling Atheis di Dunia, Wah Ngeri!
Sumber: Matador Network

News / 3 July 2023

Kalangan Sendiri

7 Negara Paling Atheis di Dunia, Wah Ngeri!

Lori Official Writer
170313

Tahukah Anda bahwa semakin ke sini, peran agama semakin tidak diperhitungkan. Banyak negara yang mulai mendeklarasikan dirinya sebagai negara tak ber-Tuhan atau atheis. Apakah Anda menyadari fenomena ini?

Seperti data statistik yang dibeberkan Pusat Riset Pew Komposisi Keagamaan, ditemukan persentase dari negara-negara yang masuk dalam status atheis. Adapun 7 negara terbesar diantaranya adalah:

#7 Republik Korea 

Berdasarkan data, ditemukan bahwa populasi negara Republik Korea yang tidak beragama mencapai 46.6%. Negara ini sendiri merupakan salah satu negara yang terletak di wilayah Asia Timur dengan produk domestic bruto (PDB) mencapai 2.7 triliun US dolar.

 

Baca Juga: Ateis Meningkat Di Negara Ini, Gereja Perlu Ambil Langkah Serius

 

#6 Tiongkok

Tiongkok menjadi raksasa ekonomi dunia saat ini melalui ekonominya yang menggurita. Belum diketahui kaitan antara strata ekonomi dengan tingkat keagamaan, namun negara ini sedang dalam tahap mencapai negara yang aman secara ekonomi. Selain itu, sistem pemerintahannya yang komunis tampaknya juga mempengaruhi populasi Tiongkok yang semakin tidak beragama dan telah mencapai 51.8%. 

 

#5 Hong Kong

Hong Kong adalah bagian dari negara Tiongkok Selatan. Hong Kong juga menjadi salah satu kawasan paling makmur di dunia, dengan pendapatan per kapitanya mencapai 74.598 dolar. Sebanyak 54.9% populasi negara ini adalah atheis dan sebagian lainnya adalah Buddha dan aliran kepercayaan lain.

 

#4 Jepang

Jepang adalah salah satu negara paling maju dan berteknologi canggih di dunia. PDB negara ini mencapai 4.3 triliun dolar dan menjadi yang terbesar ketiga di dunia. Jepang terkenal dengan industry manufaktur mobil dan robotik yang dinamis. Sehingga negara ini menjadi salah satu negara teknologi terbesar di dunia. Namun seiring dengan kemajuan negara ini secara ekonomi, penduduknya berangsur-angsur tidak lagi menganggap agama penting. Hal ini dapat dilihat dari persentase penduduk Jepang yang memilih atheis telah mencapai 60%.

 

Baca Juga: Ternyata Ada 6 Jenis Atheis di Dunia

 

#3 Republik Estonia

Republik Estonia adalah negara Eropa Utara bagian Baltik. Negara ini berada dalam posisi negara dengan tingkat ekonomi terendah di dunia. Berdasarkan hasil survei dari Pew, penduduknya yang memilih atheis telah mencapai 60.2%. Namun sebanyak 39.3% penduduknya masih menganut agama Kristen.

 

#2 Korea Utara

Korea Utara menjadi salah satu negara dengan pendapatan per kapita terendah di dunia dan juga sering disebut negara otokratis yang tetap dipertahankan selama beberapa dekade. 

Sebanyak 71.3% dari penduduk negara ini tidak lagi percaya adanya Tuhan atau atheis. 

 

#1 Republik Ceko

Republik Ceko adalah salah satu bagian dari negara Eropa Tengah yang terkurung daratan. Negara ini memiliki PDB sebesar 509 miliar dolar dan pendapatan per kapita sebesar 47.527 dolar. Bisa dibilang negara ini sangat mandiri karena menggunakan mata uang sendiri dan pembangun sumber listrik bertenaga nuklir.

 

Baca Juga: Waspada! Inilah yang Membuat Remaja & Pemuda Jadi Ateis

 

Namun sebagai salah satu negara Eropa, Republik Ceko tampaknya tidak lagi bergantung kepada satu keyakinan tertentu. Dari seluruh populasi penduduk, sebanyak 78.4% diantaranya memilih tidak beragama (atheis).

Bagaimana kita menanggapi fenomena ini? Melalui informasi ini berharap kita bisa membaca pergeseran baru yang terjadi di dunia. Karena cepat atau lambat, negara kita bisa menjadi salah satu diantaranya. Jadi, yuk mulai pupuk nilai-nilai kebenaran kepada anak dan cucu kita setiap hari.

Halaman :
1

Ikuti Kami