5 Tips Menjaga Produktivitas Kerja Secara Sehat di Tempat Kerja
Sumber: sleekr.co

Finance / 1 August 2023

Kalangan Sendiri

5 Tips Menjaga Produktivitas Kerja Secara Sehat di Tempat Kerja

Bella Tiurma Official Writer
2060

Dalam dunia kerja yang kompetitif dan dinamis, kita perlu untuk tetap menjaga produktivitas dan kualitas kinerja yang tinggi di tempat kerja adalah tantangan yang tidak mudah. Menjaga motivasi, fokus, hingga semangat dapat menjadi hal yang menantang, terutama dalam menghadapi tekanan dan tuntutan pekerjaan sehari-hari. 

Namun, dengan menerapkan beberapa tips dan strategi yang tepat, kita dapat tetap bekerja dengan efisien dan efektif untuk mencapai tujuan pekerjaan dan menciptakan lingkungan kerja yang positif dan harmonis. 

Meskipun pada beberapa kasus kita perlu bekerja berjam-jam melebihi jam kerja di kantor dan menerapkan etos kerja yang nampak keras mampu menciptakan malapetaka pada hubungan kita. Sehingga saat waktu kerja selesai, hal terbaik yang dapat kita lakukan adalah memberikan fokus, waktu, dan energi kita hanya untuk keluarga, teman, dan Tuhan. 

Berikut ini 5 tips untuk menjaga kita tetap bekerja sehat di tempat kerja. 

1. Membuat Batasan yang Tepat 

Salah satu cara kita dapat membentuk batasan yang tepat saat di tempat kerja adalah dengan membangun boundaries, sebuah batasan limit yang memberikan tanda hal-hal mana saja yang dapat diterima ataupun tidak.

 

Baca Juga : Produktif Tapi Kerjaan Ga Kunjung Selesai? Kenali Istilah Productive Procrastination

 

Ketika kita belum mampu membangun boundaries, kita dapat mempelajarinya melalui berbagai cara. Salah satunya seperti buku yang ditulis oleh Dr. Henry Cloud dan John Townsend yang memberikan panduan bagi orang-orang yang sedang menghadapi kesulitan dalam mengatakan “tidak” dan memprioritaskan hal-hal penting. 

Pada saat kita tidak memiliki batasan yang tepat dalam bekerja, bahkan ketidakmampuan untuk berkata “tidak” akan mengakibatkan beban yang ditanggung menjadi berlebihan. Sehingga akan lebih banyak menguras energi, mental, emosional, dan fisik. 

Oleh karena itu, untuk menjaga tetap bekerja sehat kita perlu mendapatkan waktu istirahat yang diperlukan dan menjalin hubungan yang sehat dengan orang lain. Kita perlu belajar untuk berani mengatakan “tidak”. 

Bagi beberapa orang, mungkin untuk mengatakan “tidak” kepada orang lain akan terasa sulit. Tetapi jika diri kita dilatih untuk menetapkan batasan yang lebih jelas, kita akan mampu untuk mengatakan “tidak”. Karena dengan memahami pentingnya ada batasan, kita dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih sehat dan membangun hubungan yang lebih bermakna.

Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami