12 Bentuk Bangunan Gereja yang Unik dan Di Luar Nalar di Seluruh Dunia, Kok Bisa ya?!
Sumber: theasianparent.com

News / 28 July 2023

Kalangan Sendiri

12 Bentuk Bangunan Gereja yang Unik dan Di Luar Nalar di Seluruh Dunia, Kok Bisa ya?!

Bella Tiurma Official Writer
2037

Di beberapa belahan dunia, kita bisa menemukan berbagai bangunan gereja yang menarik perhatian dengan desain dan arsitektur yang unik dan di luar nalar. Dari struktur yang memakai gaya klasik hingga rancangan kontemporer yang futuristik, sehingga setiap gereja memiliki ciri khas tersendiri yang menarik perhatian dan tidak mudah untuk dilupakan. 

Beberapa bentuk bangunan gereja berikut ini mungkin tidak sama seperti bangunan gereja pada umumnya. Desain, bentuk, dan karakter khusus lainnya yang tidak biasa ini, terkadang membuat kita terkecoh.  

Berikut 12 bentuk bangunan gereja yang unik dan di luar nalar yang ada di seluruh dunia. 

1. St. Francisco de Assisi Mission Church, New Mexico, Amerika Serikat 

St. Francisco de Assisi Mission Church, New Mexico, Amerika Serikat

Gereja Katolik Roma yang dibangun antara tahun 1772 hingga 1816 ini resmi diberi nama St. Francisco de Assisi Mission Church. Namun, oleh masyarakat sekitar gereja ini dikenal dengan sebagai Gereja Taos Pueblo.

 

Baca Juga : 7 Bangunan Gereja di Indonesia yang Punya Arsitektur Unik & Menarik Perhatian Banyak Orang

 

Gereja yang didirikan dari adobe yaitu dengan bahan berbasis tanah yang terdiri dari tanah yang dipadatkan dengan bahan organik seperti batang jagung, jerami, dan kotoran hewan, membuat bangunan gereja menampilkan bentuk yang unik dan serupa dengan bangunan tradisional di sekitarnya. 

Kebanyakan dari kita pasti berpikir bahwa bangunan gereja ini jika hanya berdiri dari tanah yang dipadarkan akan runtuh. Sehingga untuk mengatisipasi agar bangunan gereja tidak runtuh, bangunan dibentengi dengan lapisan plester. Setiap tahunnya, bangunan gereja masih terus dilakukan pemlesteran oleh komunitas penduduk asli Amerika. 

Dengan bentuk gereja yang unik, bangunan ini ditetapkan sebagai National Historic Landmark pada tahun 1970 dan situs Warisan Dunia UNESCO.

BACA HALAMAN SELANJUTNYA ->

Sumber : tempo.co | theasianparent.com
Halaman :
1234Tampilkan Semua

Ikuti Kami