12 Bentuk Bangunan Gereja yang Unik dan Di Luar Nalar di Seluruh Dunia, Kok Bisa ya?!
Sumber: theasianparent.com

News / 28 July 2023

Kalangan Sendiri

12 Bentuk Bangunan Gereja yang Unik dan Di Luar Nalar di Seluruh Dunia, Kok Bisa ya?!

Bella Tiurma Official Writer
2458

Gereja Harajuku telah diresmikan pada tahun 2006 dan memiliki fungsi ganda, yaitu rumah ibadah dan aula konser. Sehingga tidak heran kalau gereja ini memiliki akustik yang sempurna. 

5. Cadet Chapel, U.S. AIr Force Academy, Colorado, Amerika Serikat 

Beberapa orang ketika melihat bangunan gereja yang unik yang ada di salah satu akademi angkatan udara di Amerika Serikat akan memiliki anggapan bahwa bentuk tersebut terinspirasi oleh bentuk pesawat terbang. 

Pada dasarnya Walter Netsch, sang arsitek memiliki ide dasar yang diadopsi dari bentuk pesawat ke arah atas untuk menciptakan katedral klasik yang otentik. Bangunan gereja yang telah berdiri sejak 1963 ini memiliki 17 puncak menara dan ditandai sebagai Landmark Bersejarah Nasional Amerika Serikat pada tahun 2004.

 

Baca Juga : Bangunan Gereja Gothik Sayidan, Apakah Bisa Digunakan untuk Ibadah?

 

Namun, berdirinya bangunan gereja ini tidak difungsikan hanya untuk satu tempat ibadah, tetapi bangunan ini berisi Kapel Protestan, Kapel Katolik, Kapel Yahudi, AKpel Budha, bahkan Falcon Circle untuk pengikut Earth-Centered Spiritualty. 

6. Church of Hallgrimur, Reykjavik, Islandia 

Church of Hallgrimur, Reykjavik, Islandia

Sebuah gereja paroki Lutheran yang terletak di ibu kota dan kota terbesar ini termasuk bangunan tertinggi keenam di Islandia. Bentuk bangunan gereja yang unik ini berdiri sejak tahun 1986 dengan tinggi bangunan gereja mencapai 74,5 meter. 

Mungkin bagi beberapa wisatawan yang melihat bentuk bangunan ini tidak menyangka bahwa bangunan tersebut adalah gereja yang memiliki tinggi seperti gedung pencakar langit. Namun pada kenyataannya gedung tersebut selain sebagai tempat ibadah, digunakan juga sebagai menara observasi Reykjavik dan pegunungan sekitarnya. 

Bentuk dari bangunan gereja ini jika diamati lebih dalam lagi, desain luar bangunan menampilkan bentuk serupa dengan lava basal yang mengalir di lanskap Islandia. Bahkan bentuk dari bangunan  gereja ini terlihat sama seperti huruf V terbalik yang terbuat dari balok putih tipis yang tinggi dan kuat. 

Dengan desain bangunan yang menarik banyak perhatian orang, bagian dalam gereja tak kalah menarik perhatiannya. Pada bagian dalam gereja terdapat patung Alexander Stirling Calder, yaitu bapak pembuat ponsel Alexander Calder. Tak hanya itu, di dalam gereja juga memiliki patung penjelajah terkenal, Leif, Eriksson. 

 

Baca Juga : 10 Gereja Ikonik Indonesia Ini Punya Sejarah Panjang, Wajib Anda Kunjungi Nih!

 

7. Las Lajas Sanctuary, Ipiales, Kolumbia 

Las Lajas Sanctuary, Ipiales, Kolumbia

Gereja satu ini menjadi sangat unik karena lokasi berdirinya bangunan yang berada di dalam ngarai Sungai Guaitara, kota kecil Ipiales, Kolumbia. Sebelum berdirinya gereja Las Lajas Sanctuary, ada sebuah kuil yang sudah berdiri sejak tahun 1700an.

Gereja besar yang indah dan unik ini berdiri sejak 1949 dengan tinggi bangunan mencapai 100 meter dari dasar ngarai dan dihubungkan dengan sebuah jembatan ke seberang ngarai sebagai aksesnya. Banyak orang mempercayai bahwa di daerah bangunan gereja ini pernah muncul penampakan Bunda Maria. 

8. Sedlec Ossuary, Kutna Hora, Republik Ceko 

Sedlec Ossuary, Kutna Hora, Republik Ceko

Banyak yang bilang bahwa masyarakat Ceko dikenal memiliki toleransi terhadap hal-hal unik, seperti pada salah satu gereja di Praha, memiliki potongan tangan dari seorang calon pencuri yang tergantung bebas di langit-langit bangunan.

BACA HALAMAN SELANJUTNYA ->

Sumber : tempo.co | theasianparent.com
Halaman :
1234Tampilkan Semua

Ikuti Kami