Istri Tetap Bekerja Setelah Menikah? Simak 5 Alasannya...
Sumber: The Asian Parent

Relationship / 27 June 2023

Kalangan Sendiri

Istri Tetap Bekerja Setelah Menikah? Simak 5 Alasannya...

Bella Tiurma Official Writer
1266

Ketika seorang istri telah memasuki fase pernikahan akan diperhadapkan dengan dua pilihan yang akan selalu ditemui, yaitu menjadi ibu rumah tangga atau menjadi istri karir sekaligus menjadi ibu rumah tangga. Tak jarang kedua pilihan ini menjadi sebuah permasalahan yang paling umum bagi setiap istri. Tidak sedikit para istri akan memilih menjadi ibu rumah tangga saja, tetapi masih banyak juga yang memutuskan untuk mengejar karirnya dan menyeimbangkan dengan kehidupan keluarganya. 

Beberapa petimbangan yang dipikirkan tentu untuk menyelesaikan begitu banyaknya tantangan yang dikemudian hari akan ada kemungkinan dapat terjadi. Misalkan permasalahan yang krusial dan sering ditemui oleh keluarga baru ataupun lama adalah terkait finansial. Setiap pasangan suami istri yang akan berencana memiliki anak atau bahkan yang sudah memiliki anak akan memerlukan kebutuhan yang semakin banyak. 

Oleh karena itu, upaya untuk menjaga kondisi keuangan keluarga tetap sehat dan stabil pilihan yang sangat baik jika istri turut bekerja setelah menikah. Ketika para istri memilih untuk tetap bekerja dan melanjutkan karirnya, mereka akan merasa bangga dan memiliki penghasilan sendiri. Selain itu, ada beberapa alasan lainnya jika istri tetap bekerja setelah menikah. Yuk simak! 

1. Membantu Perekonomian Keluarga 

Secara umum kehidupan rumah tangga yang memegang tanggung jawab dalam mencari nafkah pada dasarnya memang dipegang oleh suami kita yang menyandang sebagai kepala keluarga. Tetapi melihat perkembangan zaman yang telah terjadi saat ini, tak jarang para istri memiliki posisi yang sama untuk mencari nafkah dan menjaga kestabilan perekonomian keluarga. 

Banyaknya kebutuhan yang diperlukan dalam kehidupan rumah tangga, suami istri dapat saling bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan dan menciptakan keluarga yang sejahtera. Sehingga tugas mencari nafkah saat ini bukan sekedar hanya menjadi tugas sang suami. 

 

Baca Juga : 4 Hal yang Perlu dihindari Berdasarkan Kisah Alkitab untuk Memperkuat Ikatan Pernikahan

 

2. Memiliki Dana Darurat 

Dalam pengelolaan finansial pasti setiap keluarga memiliki perencanaannya masing-masing dan tak luput untuk menyiapkan dana darurat bagi keluarga. Ketika di dalam hubungan rumah tangga hanya mengandalkan suami yang bekerja, maka kondisi dan kestabilan keuangan keluarga bergantung berdasarkan kondisi sang suami. 

Oleh karena itu, ketika dalam kehidupan rumah tangga sang istri tetap bekerja dan mampu mencari penghasilan sendiri, maka saat keluarga mengalami masalah dalam keuangan keluarga mampu melewatinya dengan mudah karena memiliki dana cadangan yang dibangun bersama-sama. 

3. Mengasah Kemampuan dan Pengetahuan 

Tak jarang para istri yang sudah memasuki kehidupan pernikahan pun tidak menjadi halangan untuk terus mengasah kemampuan yang dimiliki dan menggali sebanyak mungkin pengetahuan. Sehingga pekerjaan yang dijalani oleh setiap istri merupakan sarana yang digunakan dalam mengasah atau mempelajari hal baru untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuannya. 

Walaupun mereka memegang tanggung jawab sebagai ibu rumah tangga yang mengurusi setiap kebutuhan rumah tangga, bahkan sebagai pendidik bagi anak-anaknya di rumah. Tidak menutup kemungkinan dengan bekerja para istri akan mendapatkan lebih banyak lagi pembelajaran baru yang dapat dipakai sebagai pedoman dalam mendidik dan membuat pola pikir menjadi lebih luas. 

 

Baca Juga : Ngantor Di Rumah Sendiri Sambil Urus Anak? Inilah 3 Tantangan Yang Harus Dihadapi!

 

4. Membentuk Pribadi yang Lebih Mandiri 

Dalam kehidupan yang tidak pasti ini akan ada ketakutan dan kekhawatiran yang akan terjadi di masa depan, terutama bagi kondisi keluarga yang memiliki penghasilan yang dipegang hanya oleh suami. Kondisi kehidupan yang tak menentu ini perlu memiliki perencanaan untuk pencegahannya. 

Oleh karena itu, ketika setiap istri tetap bekerja setelah pernikahan akan menjadi salah satu pencegahan yang sangat aman. Karena kondisi keuangan keluarga tidak lagi hanya bertopang pada sang suami saja. Hal ini akan membantu para istri menjadi lebih mandiri lagi dan mampu menghasilkan uang secara mandiri. 

5. Meningkatkan dan Menambah Relasi dalam Kehidupan Sosial 

Pada saat para istri tetap mempertahankan pekerjaannya meskipun sudah menikah, mereka akan mempunyai kesempatan untuk terus membangun kehidupan sosial yang lebih luas lagi. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan bagi kebanyakan istri yang sulit meninggalkan karirnya dan memilih menjadi seorang ibu rumah tangga. 

Selain itu, tak jarang para istri belum siap dalam kondisi mental untuk menghabiskan lebih banyak waktunya di rumah. Bahkan hal ini akan mendukung bagi setiap istri untuk tetap produktif dan mempertahankan relasi yang telah dibangun sebelumnya. Dan suatu saat nanti relasi dan kehidupan sosial yang dibangun ini dapat digunakan oleh setiap istri untuk bertukar pikiran dan memenuhi kebutuhan dalam kehiduapn pernikahannya.

Sumber : ruangmenyala.com | weddingku.com
Halaman :
1

Ikuti Kami