Mengenal Sistem Contraflow di Momen Mudik
Sumber: canva.com

News / 19 April 2023

Kalangan Sendiri

Mengenal Sistem Contraflow di Momen Mudik

Wisnu Prianggani Contributor
1134

Seperti tahun-tahun sebelumnya, arus mudik hari raya keagamaan di Indonesia seringkali memicu kemacetan yang panjang. Banyak orang yang menggunakan kendaraan pribadi atau bus untuk pergi ke kampung halaman mereka, namun sayangnya, jalan-jalan tersebut tidak selalu memadai untuk menampung volume kendaraan yang besar.

Menjelang momen mudik, pemerintah telah mempersiapkan berbagai langkah untuk mengantisipasi kemacetan dan kecelakaan di jalan raya. Salah satunya adalah dengan menerapkan sistem contraflow pada ruas jalan tertentu. Namun, apakah kita benar-benar memahami konsep dan risiko dari contraflow ini?

 

Baca Juga: Gak Cuma Video Call, Begini Cara Silaturahmi Sama Kerabat yang Merayakan Lebaran

 

Contraflow adalah sistem mengalihkan arus lalu lintas pada jalan raya menjadi satu arah saja. Misalnya, pada jalan tol yang memiliki tiga jalur, dua jalur dialihkan menjadi satu arah dan satu jalur lainnya dipakai untuk arah sebaliknya. Sistem ini diterapkan untuk mengatasi kemacetan pada saat momen mudik.

Sudah bisa dipastikan bahwa momen mudik di setiap tahunnya akan disertai dengan kepadatan lalu lintas yang berpotensi membahayakan keselamatan pengguna jalan. Oleh karna itu salah satu solusi yang digunakan oleh pihak berwenang adalah dengan menerapkan contraflow. Dalam situasi arus mudik saat ini diharapkan contraflow dapat membantu mengurangi kemacetan dan mempercepat alur lalu lintas.

Namun, sistem contraflow juga memiliki risiko yang harus diwaspadai. Dalam kondisi normal, pengemudi harus berkonsentrasi pada jalur yang sedang mereka gunakan. Namun, pada saat contra flowditerapkan, pengemudi harus berhati-hati karena ada kemungkinan terjadi kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi yang tidak waspada.

 

Baca Juga: Melintasi Jejak Sejarah Melalui Mulih Dilik

 

Meskipun contraflow dapat membantu mengurangi kemacetan, kembali harus diingat bahwa pengguna jalan harus tetap berhati-hati selama perjalanan. Ketika arus lalu lintas dibalik, pengguna jalan harus menyesuaikan diri dengan kondisi jalan yang berbeda. Ini dapat berarti meningkatkan kesadaran akan pengguna jalan yang berlawanan arah dan memperlambat kecepatan kendaraan. Selain itu, contraflow juga dapat memicu kecelakaan, terutama jika pengemudi tidak mematuhi aturan dan mengabaikan tanda-tanda lalu lintas.

Selain itu, peran penting juga dimiliki oleh pihak berwenang dan petugas keamanan jalan raya. Mereka memastikan bahwa contraflow diterapkan dengan benar dan memonitor lalu lintas dengan cermat. Pihak berwenang juga pasti akan memastikan bahwa semua pengemudi mematuhi aturan lalu lintas dan tidak melakukan tindakan yang membahayakan keselamatan pengguna jalan lainnya. Dalam menghadapi situasi ini, penting bagi pengguna jalan untuk mempertimbangkan keselamatan mereka dan orang lain di sekitar mereka.

 

Baca Juga: Sebelum Berangkat Mudik, Pastikan Lakukan 12 Hal Ini Supaya Rumah Aman Saat Ditinggal

 

Dalam rangka mengurangi risiko kecelakaan dan kemacetan selama momen mudik, contraflow dapat menjadi salah satu solusi yang efektif. Untuk setiap masyarakat Indonesia yang akan melakukan perjalanan jauh pada momen mudik hari raya kali ini, penting untuk selalu berdoa dan memohon perlindungan dari Tuhan. Seperti tertulis dalam Mazmur 121:7-8, “TUHAN akan menjaga engkau terhadap segala kecelakaan; Ia akan menjaga nyawamu. TUHAN akan menjaga keluar masukmu, dari sekarang sampai selama-lamanya.” Oleh karena itu, selalu ingatlah untuk mengandalkan Tuhan dalam segala perjalanan Anda.

Halaman :
1

Ikuti Kami