Sebelum Berangkat Mudik, Pastikan Lakukan 12 Hal Ini Supaya Rumah Aman Saat Ditinggal
Sumber: dok. Pribadi | Angga Ferdinand

News / 19 April 2023

Kalangan Sendiri

Sebelum Berangkat Mudik, Pastikan Lakukan 12 Hal Ini Supaya Rumah Aman Saat Ditinggal

Claudia Jessica Official Writer
1679

Lalu lintas yang tampak mulai padat, menandakan banyak masyarakat Indonesia yang sudah mulai melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman masing-masing. Libur lebaran selalu menjadi momen bagi banyak masyarakat Indonesia untuk pulang ke kampung halamannya dan bertemu dengan keluarga terkasih.

Apakah Anda adalah salah satu orang yang melakukan perjalanan mudik? Atau mungkin Anda memanfaatkan momen libur lebaran ini dengan pergi jalan-jalan selama beberapa hari? Kalau iya, maka Anda harus melakukan persiapan dengan matang agar Anda dapat menikmati masa mudik dan liburan dengan aman. Salah satunya adalah dengan memastikan keadaan rumah aman saat ditinggal.

Keamanan adalah hal yang sangat penting sebelum kita melakukan perjalanan mudik atau lebaran dan meninggalkan rumah dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, pastikan 12 checklist ini sudah terpenuhi sebelum meninggalkan rumah dalam waktu yang lama:

1. Pastikan semua pintu dan jendela telah terkunci dengan baik

Pastikan semua pintu dan jendela di rumah Anda telah terkunci dengan baik sebelum pergi. Jangan lupa juga untuk mengunci pintu garasi jika ada.

 

BACA JUGA: Ingin Libur Lebaran? Cek Jadwal One-way hingga Ganjil-Genap di Tol Jakarta - Cikampek

 

2. Matikan listrik dan air

Pastikan semua peralatan elektronik dan lampu telah dimatikan. Jangan lupa juga untuk mematikan aliran air untuk menghindari kebocoran dan kerusakan pipa. Jika Anda akan mudik atau liburan dalam waktu yang lama, sebaiknya matikan juga aliran listrik kulkas dan kosongkan isinya terlebih dahulu. Rapikan juga kabel-kabel yang berada di bawah karpet atau perabotan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Beritahu tetangga atau pihak penjaga (Satpam)

Beritahu satpam atau tetangga terdekat yang tidak melakukan perjalanan bahwa Anda akan meninggalkan rumah dalam waktu yang lama. Berikan nomor telepon yang dapat dihubungi jika terjadi sesuatu di rumah Anda.

4. Sediakan pengaman tambahan

Sediakan pengaman tambahan seperti kunci pengaman dan alarm pintu atau jendela untuk meningkatkan keamanan rumah.

5. Simpan barang berharga di tempat yang aman

Simpan barang berharga seperti emas, uang tunai, dan dokumen penting di tempat yang aman seperti brankas atau bank.

6. Pastikan asuransi rumah masih berlaku

Pastikan asuransi rumah Anda masih berlaku dan memperhatikan ketentuan asuransi terkait meninggalkan rumah dalam waktu lama.

 

BACA JUGA: Macet Pas Mudik Sudah Pasti, Bukan Masalah Asalkan Kamu Sudah Siapkan Hal-Hal Ini!

 

7. Sediakan timer lampu

Sediakan timer lampu untuk membuat rumah Anda terlihat seolah-olah ada orang di dalamnya. Atur timer agar lampu menyala pada waktu yang berbeda untuk menunjukkan adanya kegiatan di rumah. Hal ini dapat mencegah tindakan kriminal seperti perampokan atau pencurian saat rumah kosong karena pemiliknya sedang berada di luar rumah dalam waktu yang lama, seperti saat mudik lebaran atau liburan panjang. Hal ini dapat membuat pencuri atau perampok ragu untuk memasuki rumah dan mencuri barang-barang berharga di dalamnya.

 

Baca Halaman Selanjutnya →

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami