Menerapkan Frugal Living, Mulai Darimana Dulu?

Finance / 9 February 2023

Kalangan Sendiri

Menerapkan Frugal Living, Mulai Darimana Dulu?

Aprita L Ekanaru Official Writer
2404

Gaya hidup frugal living mulai banyak diminati belakangan ini, semenjak adanya masa pandemi. Di dalam kondisi yang tidak pasti, masyarakat semakin tersadarkan bahwa mengumpulkan dana darurat lebih penting daripada menghamburkan dana untuk membiayai gaya hidup.

Secara sederhana, frugal living dimaknai sebagai gaya hidup hemat atau irit dalam pengeluaran agar dapat menabung uang lebih banyak. Tidak sedikit, masyarakat yang menjalani frugal living disebut pelit. Padahal frugal living yang sebenarnya lebih luas daripada itu. Frugal Living dimaknai sebagai konsep dimana seseorang mengalokasikan dana yang dimiliki dengan kesadaran penuh (mindfull), dengan pertimbangan dan analisis yang baik disertai dengan strategi pencapaian tujuan keuangan masa depan yang jelas.

 

BACA JUGA: Ingin Cepat Pensiun Dini? Intip Prinsip Hidup Frugal Living Beserta Tipsnya Berikut

 

Jika Anda baru ingin memulai menerapkan konsep hidup frugal living, beberapa langkah praktis ini dapat Anda lakukan sebagai langkah awal:

1. Buat daftar pengeluaran dan catat pengeluaran

Awalnya mungkin akan terasa sangat berat menulis budget bulanan dan pengeluarannya. Namun dengan cara ini, Anda dapat mengetahui kemana saja dana Anda selama ini teralokasikan. Sehingga Anda dapat mengendalikan keinginan dan meprioritaskan kebutuhan saja.

2. Tunggu hingga 24 jam sebelum memutuskan membeli barang

Melakukan metode ini membuat Anda berpikir dan dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Jika setelah 24 jam Anda masih memikirkan barang tersebut, kemudian memutuskan untuk membeli barang tersebut, rasa kepuasan yang didapatkan akan terasa berbeda. Sebaliknya, jika Anda lupa setelah 24 jam artinya barang tersebut tidak terlalu penting dan dibutuhkan untuk Anda beli.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA >>

3. Belilah barang yang berkualitas

Membeli barang yang murah memang terlihat tidak membuat kantong bolong, namun tanpa disadari adalah sebuah pemborosan. Mengapa? Karena barang yang murah cenderung memiliki kualitas yang kurang baik, dan akan membuat Anda mengeluarkan uang lebih sering. Lebih baik Anda menahan diri mengumpulkan uang untuk membeli barang yang berkualitas, namun dapat dipergunakan dengan usia yang jauh lebih lama.

 

BACA JUGA: 5 Tips Jalani Frugal Living Kayak Mark Zuckerberg Hingga Warren Buffet

 

4. Fokus pada hiburan gratis

Pergi nongkrong di kafe, menonton film, atau makan di restoran mewah secara tidak langsung akan membuat Anda merogoh pengeluaran lebih dalam. Mulai saat ini, Anda dapat mengurangi kunjungan ke tempat-tempat tersebut. Bila diperlukan, Anda dapat mencari hiburan gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya sedikitpun. Seperti menonton Youtube, berolah raga sambil duduk santai di taman komplek perumahan, dan lain sebaginya.

5. Tidak mengikuti tren

Tiada hentinya jika Anda terus menerus mengikuti perkembangan fashion, gadget, mobil, atau barang-barang lain. Tren merupakan salah satu strategi marketing untuk meningkatkan permintaan konsumen. Menghindari budaya konsumerisme dan tidak melakukan impulsif buying adalah perilaku yang harus dijaga dalam frugal living. 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami