5 Tips Jalani Frugal Living Kayak Mark Zuckerberg Hingga Warren Buffet
Sumber: ajaib

Finance / 3 February 2023

Kalangan Sendiri

5 Tips Jalani Frugal Living Kayak Mark Zuckerberg Hingga Warren Buffet

Lori Official Writer
1573

Beberapa orang terkaya dunia seperti Mark Zuckerberg, Warren Buffet hingga Bill Gates diketahui menjadi penganut gaya hidup frugal. 

Apa sih arti frugal living yang sebenarnya? Apakah itu sama dengan mengorbankan banyak hal dalam hidup untuk mencapai kebebasan finansial?

Banyak orang yang mungkin beranggapan bahwa frugal living adalah gaya hidup dimana seseorang memangkas atau menghilangkan kebiasaan yang bersifat sosial. Jika kita mendefinisikannya, frugal living sebenarnya adalah gaya hidup dimana kita lebih mengatur keuangan secara teratur. Misalnya, mengatur pengeluaran yang lebih hemat dan memastikan setiap pengeluaran diperuntukkan untuk kebutuhan primer. 

Di tengah kondisi ekonomi saat ini, mempertahankan gaya hidup hemat bukan hanya sebuah pilihan melainkan sebuah kebutuhan. Jika Anda benar-benar ingin menikmati hasil dari kerja keras Anda, cobalah untuk membangun kekayaan dan mulai menabung lebih banyak uang. Pilihan untuk memulai hal ini adalah sekarang. 

 

Baca Juga: Mau Tahu Cara Membedakan Pelit atau Hemat? Cobain Tes Sekarang!

 

Ada 5 tips yang bisa Anda terapkan untuk menjalani frugal living:

1. Pisahkan keinginan dari kebutuhan

Misalnya Anda menginginkan iPhone. Mulailah bertanya ke diri sendiri, apakah Anda benar-benar membutuhkannya? Atau Anda hanya menginginkan iPhone karena Anda ingin mengikuti jejak orang lain?

Jangan biarkan keinginan Anda merugikan keuangan Anda. Sebagai orang Kristen, kita diajarkan untuk hidup sederhana. Jika orang-orang terkaya seperti Mark, Warren hingga Bill Gates saja meerapkan nilai kekristenan kita, kenapa kita tidak?

Dalam Matius 6: 25, Yesus menyampaikan: “Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian?”

 

2. Pilih Kualitas Daripada Harga

Kadang murah bukan berarti hemat. Kita suka membeli barang murah sementara kualitasnya buruk. Seperti membeli mesin cuci murah yang beberapa bulan kemudian rusak. Cara ini bukannya membuat kita lebih hemat, malahan akan lebih boros.

Jadi mulai mengadopsi pola pikir bahwa kualitas jauh lebih penting dibandingkan dengan harga murah. Jika Anda membeli produk yang lebih mahal tetapi jauh lebih tahan lama, Anda tak perlu membeli produk baru setiap beberapa tahun bukan?

 

3. Temukan Penawaran yang Terbaik

Ini adalah tips belanja para ibu yang perlu ditiru. Belanja bulanan di mall atau supermarket tentunya akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan belanja di pasar bukan? 

Jadi jika Anda memang tinggal dekat dengan pasar, kenapa tidak belanja di pasar untuk menghemat harga. Tapi Anda tidak bisa menjangkau pasar, trik terbaik untuk mengadopsi gaya hidup frugal adalah dengan membeli produk yang menawarkan harga spesial seperti diskon dan promo. Hal ini akan jauh lebih menolong keuangan Anda tetap aman tanpa harus mengeluarkan lebih untuk barang dengan kualitas yang sama.

 

Baca Juga: Capai Financial Freedom Lewat Frugal Living, Hidupi 5 Kebiasaan Ini Setiap Hari

 

4. Memasak di Rumah

Anda akan menghemat lebih banyak pengeluaran bahan makanan bulanan dengan menerapkan kebiasaan memasak di rumah. Anda bukan saja lebih hemat, tetapi memasak sendiri juga akan membuat Anda lebih sehat. 

 

5. Kurangi Pengeluaran Hiburan

Nonton bioskop setiap minggu, nongkrong di café setiap malam, jajan makanan mahal di restoran atau mall lima kali seminggu. Jika Anda membiasakan gaya hidup ini, Anda tidak akan pernah sampai pada tingkat kebebasan finansial. 

Untuk menyesuaikan pendapatan dengan pengeluaran, cara terbaik yang perlu kita lakukan adalah dengan memangkas kebiasaan-kebiasaan yang boros. Tentu saja untuk sekali-kali kita tetap bisa mengikutinya, tapi buatlah jadwal dan pengeluaran khusus untuk hiburan Anda sendiri.

Kita percaya bahwa Tuhan sudah memberikan setiap orang takaran kekayaan sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Namun hasil dari frugal living bekerja dengan cara yang sama bagi setiap orang yaitu menjadi cara paling mendasar untuk mencapai kehidupan finansial yang baik.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami