Ingin Cepat Pensiun Dini? Intip Prinsip Hidup Frugal Living Beserta Tipsnya Berikut
Sumber: canva.com

Finance / 4 February 2023

Kalangan Sendiri

Ingin Cepat Pensiun Dini? Intip Prinsip Hidup Frugal Living Beserta Tipsnya Berikut

Claudia Jessica Official Writer
1644

Frugal Living adalah gaya hidup yang berfokus pada gaya hidup hemat dan memaksimalkan pemakaian sumber daya yang ada. Orang-orang yang hidup dengan prinsip frugal living akan berusaha memperoleh sesuatu dengan cara yang lebih murah dengan menekan pengeluaran agar dapat menabung lebih banyak. Misalnya, memanfaatkan diskon, kupon, atau hal lainnya untuk mendapatkan yang mereka inginkan tanpa mengorbankan kualitas.

Kendati demikian, hidup frugal bukanlah pelit. Jika orang pelit tidak akan membeli suatu barang yang diinginkan, maka orang dengan prinsip frugal akan berusaha mendapatkan barang tersebut dengan harga yang lebih murah.

Jika Anda ingin mencoba hidup frugal, cobalah beberapa tips berikut ini dalam kehidupan sehari-hari Anda:

1. Mencatat setiap pengeluaran

Mencatat setiap pengeluaran adalah langkah pertama untuk hidup secara frugal. Catatan ini akan membantu Anda memahami aliran pemasukan dan pengeluaran Anda. Kemudian catatan ini dapat Anda gunakan sebagai bahan evaluasi dan membuat perencanaan yang tepat.

2. Menabung lebih banyak

Frugal living bertujuan untuk memperoleh kemerdekaan secara finansial. Jika Anda menabung lebih banyak, maka Anda akan lebih cepat mencapai tujuan Anda.

3. Manfaatkan promo yang ada

Frugal living bukan berarti tidak bisa membeli keinginan. Untuk menunjang hidup hemat saat menjalankan frugal living, manfaatkanlah setiap promo yang ada ketika hendak berbelanja.

Cobalah untuk mendapatkan keuntungan dari promo-promo yang ada agar pengeluaranmu menjadi lebih hemat.

4. Gunakan barang yang Eco-Friendly

Menggunakan produk ramah lingkungan adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan saat menjalani hidup frugal.

Produk-produk Eco-Friendly biasanya memang meliki harga jual yang lebih tinggi. Namun sesuai dengan namanya, produk ramah lingkungan biasanya membantu Anda dalam menghemat energi. Selain itu, barang Eco-Friendly cenderung lebih tahan lama dan dapat digunakan dalam jangka panjang.

Berarti, Anda tidak perlu membeli barang baru saat barang tersebut masih bisa dipakai.

5. Memasak makan sendiri

Memasak makan sendiri adalah cara yang baik untuk menghemat uang dan memastikan bahwa Anda memakan makanan yang sehat. Belilah bahan-bahan makanan yang segar dan memasak sendiri seperti sayur, daging, atau ikan.

6. Hindari gengsi dan FOMO

Gengsi dan FOMO (fear of missing out) atau takut ketinggalan zaman adalah dua hal yang perlu dihindari jika Anda menginginkan hidup frugal.

Gengsi dan FOMO adalah hal yang bertentangan dengan frugal living. Mengikuti perkembangan zaman dengan hal-hal yang populer tidak selalu bermanfaat, dan hal ini sangat bertentangan dengan konsep frugal living yang berfokus untuk memaksimalkan keuangan.

Frugal living adalah pilihan yang baik bagi orang-orang yang ingin mencapai keuangan yang stabil dan mengurangi beban utang. Untuk menjalani gaya hidup frugal living tentu diperlukan tekad yang kuat karena tidak mudah untuk menghadapi godaan yang berhubungan dengan uang.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami