Menerapkan Frugal Living, Mulai Darimana Dulu?

Finance / 9 February 2023

Kalangan Sendiri

Menerapkan Frugal Living, Mulai Darimana Dulu?

Aprita L Ekanaru Official Writer
2412

3. Belilah barang yang berkualitas

Membeli barang yang murah memang terlihat tidak membuat kantong bolong, namun tanpa disadari adalah sebuah pemborosan. Mengapa? Karena barang yang murah cenderung memiliki kualitas yang kurang baik, dan akan membuat Anda mengeluarkan uang lebih sering. Lebih baik Anda menahan diri mengumpulkan uang untuk membeli barang yang berkualitas, namun dapat dipergunakan dengan usia yang jauh lebih lama.

 

BACA JUGA: 5 Tips Jalani Frugal Living Kayak Mark Zuckerberg Hingga Warren Buffet

 

4. Fokus pada hiburan gratis

Pergi nongkrong di kafe, menonton film, atau makan di restoran mewah secara tidak langsung akan membuat Anda merogoh pengeluaran lebih dalam. Mulai saat ini, Anda dapat mengurangi kunjungan ke tempat-tempat tersebut. Bila diperlukan, Anda dapat mencari hiburan gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya sedikitpun. Seperti menonton Youtube, berolah raga sambil duduk santai di taman komplek perumahan, dan lain sebaginya.

5. Tidak mengikuti tren

Tiada hentinya jika Anda terus menerus mengikuti perkembangan fashion, gadget, mobil, atau barang-barang lain. Tren merupakan salah satu strategi marketing untuk meningkatkan permintaan konsumen. Menghindari budaya konsumerisme dan tidak melakukan impulsif buying adalah perilaku yang harus dijaga dalam frugal living. 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami