7 Ayat Alkitab yang Menjelaskan Mengapa Orang Kristen Harus Menjaga dan Melestarikan Alam
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 21 August 2023

Kalangan Sendiri

7 Ayat Alkitab yang Menjelaskan Mengapa Orang Kristen Harus Menjaga dan Melestarikan Alam

Claudia Jessica Official Writer
19160

Beberapa hari yang lalu, media sosial diramaikan dengan sebuah video yang memperlihatkan tumpukan sampah di TPST Bantargebang yang menggunung. Tumpukan sampah diperkirakan sudah mencapai 40 meter atau setara dengan gedung 16 lantai.

Sebagai orang kristen, kita diberikan mandat oleh Tuhan untuk menjaga lingkungan dan alam yang kita tinggali ini. Apa saja yang Alkitab katakan kepada kita untuk menjaga lingkungan?

Berikut adalah beberapa ayat Alkitab yang berbicara tentang perlunya melestarikan dan menjaga alam:

Kejadian 1:28 Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi

 

BACA JUGA: Sampah Bantargebang Menggunung, Bagaimana Peran Orang Kristen dalam Menjaga Lingkungan?

 

Keluaran 20:11Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya.

Matius 25:40Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.

Yakobus 2:14-17Apakah gunanya, saudara-saudaraku, jika seorang mengatakan, bahwa ia mempunyai iman, padahal ia tidak mempunyai perbuatan? Dapatkah iman itu menyelamatkan dia? Jika seorang saudara atau saudari tidak mempunyai pakaian dan kekurangan makanan sehari-hari, dan seorang dari antara kamu berkata: “Selamat jalan, kenakanlah kain panas dan makanlah sampai kenyang!”, tetapi ia tidak memberikan kepadanya apa yang perlu bagi tubuhnya, apakah gunanya itu? Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.

 

BACA JUGA: Anak Muda Kristen, Wajib Untuk Peduli Lingkungan. Yuk Lakukan Dengan Cara Ini!

 

Yesaya 24:4-5Bumi berkabung dan layu, ya, dunia merana dan layu, langit dan bumi merana bersama. Bumi cemar karena penduduknya, sebab mereka melanggar undang-undang, mengubah ketetapan dan mengingkari perjanjian abadi.

Yesaya 43:18-19“Janganlah ingat-ingat hal-hal yang dahulu, dan janganlah perhatikan hal-hal yang dari zaman purbakala! Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara.”

Yohanes 3:16-17Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.

 

BACA JUGA: Rusaknya Lingkungan, Dampak Ketidakpedulian Manusia Dalam Pengelola Bumi! Pedulikah Kamu?

 

Ayat-ayat Alkitab ini menunjukkan bahwa orang Kristen harus bertanggung jawab untuk menjaga lingkungan dan memelihara alam semesta yang diciptakan Tuhan. Mereka harus memastikan bahwa lingkungan tetap lestari bagi generasi mendatang dan memperlakukan makhluk hidup lain dengan hormat dan kasih sayang.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami