Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
690


Gaya hidup peduli lingkungan menjadi sebuah tren yang mendunia saat ini, bukan hanya biar dibilang keren, tapi karena kondisi alam kita sudah dalam taraf yang mengkhawatirkan.

Mulai dari tingkat polusi yang tinggi, masalah sampah yang menggunung dan mengotori lautan serta membunuh banyak makhluk hidup, hingga luas hutan yang berkurang dengan cepat membuat kondisi bumi makin memanas. Semrawutnya kondisi lingkungan ini, ada kontribusi kita, baik kita mau mengakuinya ataupun tidak.

Sebagai anak muda Kristen, kita wajib peduli dengan kondisi ini, sebab Tuhan sendiri telah memberikan mandat kepada kita orang percaya untuk menjadi pengelola yang baik atas semua yang Dia percayakan kepada kita, termasuk alam sekitar kita.

Mengacu kepada Kejadian 1:28, Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.” Manusia diperintahkan untuk berkuasa atas mahluk-mahluk yang di bumi. Dalam Alkitab versi The Message, menaklukan diterjemahkan menjadi bertanggung jawab. Jadi manusia Tuhan perintahkah untuk bertanggung jawab atas semua mahluk-mahluk di bumi ini.

Selain itu, saat Adam di tempatkan di Taman Eden, Tuhan memerintahkan kepadanya untuk mengusahakan dan memelihara taman itu (Kejadian 2:15). Jadi apa yang Tuhan berikan kepada kita, harus dijaga dan dirawat agar dalam kondisi yang terus baik atau bahkan menjadi lebih baik lagi.

Namun kondisi alam kita saat ini malah kebalikannya, yaitu dalam keadaan hancur dan rusak. Untuk itu, kita sebagai anak-anak Tuhan harus bertanggung jawab untuk membawa pemulihan dan juga merawat lingkungan dan alam kita ini.

Apakah kamu bersedia untuk melakukan perintah dan tantangan dari Tuhan ini?

Harus berani ya! Kan kita sudah menerima kuasa saat menerima Yesus Kristus di dalam hati kita menjadi Tuhan dan Juru Selamat kita. Jadi, kita anak-anak terang harus membawa perubahan dan juga pemulihan di manapun kita berada.

Yuk lakukan 4 langkah praktis ini:

1# Rubah pola hidupmu dan ajak juga keluargamu

Perubahan harus di mulai dari diri sendiri dan rumahmu. Jalanilah hidup yang ramah dengan lingkungan, mulai dari mengurangi atau bahkan berhenti menggunakan plastik sekali pakai, menggunakan barang-barang daur ulang, dan juga menjadikan sampah organik menjadi pupuk kompos.

Semua itu bisa dilakukan oleh diri kita sendiri dan di rumah kita. Jika orang-orang disekitarmu melihatmu agak aneh, biarkan saja. Contohnya, kemana-mana kamu selalu bawa sedotan atau sendok dari besi, sehingga tidak perlu memakai sedotan plastik atau sendok plastik.

2# Gunakan kendaraan umum, atau kendaraan yang tidak menghasilkan polutan

Salah satu masalah lingkungan yang cukup beras adalah polusi udara. Kamu bisa turut mengurangi pencemaran lingkungan dengan menggunakan kendaraan umum, contohnya KRL, atau MRT dan juga bus. Atau kamu bisa menggunakan sepeda atau sepeda listrik menjadi moda transportasi pilihanmu.

3# Ikut atau bahkan buatlah gerakan pelestarian alam di komunitasmu

Ya, pekerjaan kita di depan sangat besar, karena kerusakan sudah terjadi di mana-mana. Untuk itu kita harus proaktif dengan ikut terlibat gerakan pelestarian lingkungan, seperti gerakan menanam pohon, pelestarian terumbu karang, atau gerakan bersih pantai dan laut dari sampah plastik.

Jika perlu, kamu menjadi inisiator gerakan tanam pohon, atau pembersihan sampah di lingkunganmu.

4# Sebarkan semangat untuk pelestarian lingkungan ini

Ya, kita ngga bisa mengerjakannya sendiri. Untuk itu kita perlu ajak sebanyak mungkin orang untuk terlibat dalam pelestarian lingkungan ini. Kamu bisa lakukan dengan cara yang paling mudah, yaitu melalui postingan di sosial media.

Atau kamu juga bisa menularkan virus kepedulian lingkungan ini kepada teman-temanmu di gereja, di kampus atau tempat kerjamu. Lakukan dengan cara kreatif, contohnya saat memberi hadiah ulang tahun, berikanlah hadiah dari barang-barang yang menggunakan bahan daur ulang. Banyak loh barang-barang daur ulang yang unik, bernilai seni tinggi dan juga keren-keren.

Nah, ternyata tidak susah ya untuk melindungi dan merawat alam yang Tuhan titipkan kepada kita ini. Jika alam sekitar kita terawat dengan baik, dampaknya pasti positif kok untuk kehidupan kita, seperti kita bisa menikmati udara yang lebih bersih, air yang tidak tercemar dan juga hewan-hewan serta tanaman yang terhindar dari berbagai bahan berbahaya yang merusak, yang jika kita makan bisa membahayakan hidup kita juga.

Yuk, kita lakukan bersama tindakan-tindakan sederhana di atas! Sekalipun kelihatannya kecil, tapi jika kita konsisten dampaknya besar loh..


Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Baby Medellu 17 November 2019 - 21:45:56

Sejarah kejatuhannya bangsa israel

0 Answer

Serly Setiawan 17 November 2019 - 13:17:28

selamat siang

0 Answer

Tonny 17 November 2019 - 00:19:03

Anak muda

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 2


7269

Banner Mitra November Week 2