10+ Ayat Alkitab yang Bicara Tentang Sosok Ibu
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 22 December 2022

Kalangan Sendiri

10+ Ayat Alkitab yang Bicara Tentang Sosok Ibu

Lori Official Writer
677

Salah satu isi dari 10 Perintah Allah yang ditulis oleh Musa di Perjanjian Lama adalah tentang menghormati orang tua.

Begini bunyinya:

“Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.” (Keluaran 20: 12)

Dalam rangka memperingati Hari Ibu di tanggal 22 Desember setiap tahunnya, ini merupakan momen yang sangat tepat untuk kembali merefleksi tentang sosok ibu dalam hidup kita. 

Alkitab bahkan mencatat tentang sosok ibu dan perannya di dalam keluarga, gereja dan bangsa. Berikut 10 diantaranya:

1. Titus 2: 3-5

Demikian juga perempuan-perempuan yang tua, hendaklah mereka hidup sebagai orang-orang beribadah, jangan memfitnah, jangan menjadi hamba anggur, tetapi cakap mengajarkan hal-hal yang baik dan dengan demikian mendidik perempuan-perempuan muda mengasihi suami dan anak-anaknya, hidup bijaksana dan suci, rajin mengatur rumah tangganya, baik hati dan taat kepada suaminya, agar Firman Allah jangan dihujat orang.

Seorang ibu bisa selalu menjadi teladan yang baik bagi anak-anaknya atau bagi generasi muda. 

 

2. Amsal 31: 27

Ia mengawasi segala perbuatan rumah tangganya, makanan kemalasan tidak dimakannya.

Bahkan meskipun seorang ibu selalu merasa lemah, namun seorang ibu punya kekuatan di dalam dirinya yang tak dimiliki orang lain.

 

3. Mazmur 1: 8-9

Hai anakku, dengarkanlah didikan ayahmu, dan jangan menyia-nyiakan ajaran ibumu sebab karangan bunga yang indah itu bagi kepalamu, dan suatu kalung bagi lehermu.

Didikan seorang ibu begitu berharga. Setiap anak mungkin tak menyadari kenapa dia harus cerewet, tetapi kita akan menyadari betapa pentingnya hal itu dalam membentuk karakter anak.

 

4. Lukas 2: 51

Lalu Ia pulang bersama-sama mereka ke Nazaret; dan Ia tetap hidup dalam asuhan mereka. Dan ibu-Nya menyimpan semua perkara itu di dalam hatinya.

Sukacita terbesar seorang ibu berasal dari anak-anaknya.

 

5. 1 Timotius 5: 2

…perempuan-perempuan tua sebagai ibu dan perempuan-perempuan muda sebagai adikmu dengan penuh kemurnian.

Adalah kewajiban setiap orang untuk menghormati wanita, khususnya mereka yang sudah berumur.

 

6. Mazmur 31: 10-12

Hati suaminya percaya kepadanya, suaminya tidak akan kekurangan keuntungan. Ia berbuat baik kepada suaminya dan tidak berbuat jahat sepanjang umurnya.

Kasih dan dukungan dari pasangan sama pentingnya dengan kasih dan dukungan yang seorang istri dan ibu berikan kepada pasangan dan anak-anaknya.

 

7. Yesaya 40: 31

…tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.

Seorang ibu yang menaruh iman di dalam Tuhan akan diberkati.

 

8. Imamat 19: 3

Setiap orang di antara kamu haruslah menyegani ibunya dan ayahnya dan memelihara hari-hari sabat-Ku; Akulah TUHAN, Allahmu.

Semua anak memiliki tanggung jawab untuk menghormati ibunya.

 

9. Amsal 14: 1

Perempuan yang bijak mendirikan rumahnya, tetapi yang bodoh meruntuhkannya dengan tangannya sendiri.

Dibalik sebuah keluarga yang harmonis, terdapat seorang wanita yang bijaksana.

 

10. Yohanes 16: 21

Seorang perempuan berdukacita pada saat ia melahirkan, tetapi sesudah ia melahirkan anaknya, ia tidak ingat lagi akan penderitaannya, karena kegembiraan bahwa seorang manusia telah dilahirkan ke dunia.

Rasa sakit melahirkan yang dialami seorang wanita tak bisa dibandingkan dengan kasih yang ia rasakan kepada anak yang ia lahirkan.

 

11. Amsal 31: 25-28

Pakaiannya adalah kekuatan dan kemuliaan, ia tertawa tentang hari depan. Ia membuka mulutnya dengan hikmat, pengajaran yang lemah lembut ada di lidahnya. Ia mengawasi segala perbuatan rumah tangganya, makanan kemalasan tidak dimakannya. Anak-anaknya bangun, dan menyebutnya berbahagia, pula suaminya memuji dia...

Wanita adalah sosok yang kuat dan tahan uji, dan mereka melayani keluarganya dengan kebaikan dan ketekunan.

Hari ini mari sampaikan ucapan paling manis dan penuh kasih untuk istri dan ibu Anda di rumah. Biar mereka bisa merasakan kasih dari pasangan dan anak-anaknya di Hari Ibu yang spesial ini.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami