Ingin Jadi Fans yang Bijak? Ini yang perlu Orang Percaya Lakukan

Kata Alkitab / 7 November 2022

Kalangan Sendiri

Ingin Jadi Fans yang Bijak? Ini yang perlu Orang Percaya Lakukan

Claudia Jessica Official Writer
438

Apakah salah jika kita menyukai sesuatu seperti menjadi penggemar dari artis tertentu?

Saya rasa hampir semua orang memiliki hal yang sangat disukai. Ada orang yang menyukai aktivitas tertentu, ada yang menyukai film tertentu, ada juga yang menyukai orang tertentu seperti public figure, termasuk idola K-Pop. Apakah salah bagi orang Kristen untuk menyukai atau menjadi penggemar dari orang tertentu?

Sebagai manusia, kita cenderung mengagumi orang lain. Baik itu karena kerja keras mereka, karya mereka, keterampilan mereka, dan masih banyak lagi alasan lain yang membuat kita mengagumi orang lain.

Sementara itu, muncul pertanyaan di benak kita seperti, “Apakah tidak apa-apa seorang Kristen menjadi penggemar K-Pop?”

Menyukai mereka karena mereka menginspirasi hidup kita tidaklah salah. Namun, kita harus berhati-hati jika kita membabi buta mengidolakan manusia dan menggantikan tempat Tuhan di hati kita.

Sementara hal itu telah menjawab, muncul lagi pertanyaan lain, “Sampai sejauh mana saya bisa mengikuti mereka? Apakah saya bisa membeli album atau merchandise mereka, menghadiri konser? Jika hidup dan tindakan mereka bertentangan dengan Firman Tuhan, masih bisakah saya mengidolakan mereka?”

Setiap kali Anda berjuang yang melibatkan pilihan antara Tuhan dan idola Anda seperti, apakah menghadiri ibadah di gereja atau menonton konser di hari Minggu. Anda tahu apa yang harus Anda lakukan, dan Anda berjuang untuk melakukannya, lakukanlah hal-hal berikut ini:

 

BACA JUGA: Dari Idola Jadi Penyembahan Berhala, Orang Kristen Wajib Waspada!

 

1. Berdoa kepada Tuhan

Saat terjebak dan kecanduan dengan idola Anda, berusahalah sekuat tenaga. Saat Anda tidak tahu bagaimana cara keluar dari kecanduan atau pilihan yang membingungkan itu, pilihlah untuk kembali kepada Tuhan dalam doa dan mempercayakan semua kekhawatiran dan pergumulan Anda kepada-Nya.

Mintalah Tuhan untuk membebaskan Anda dari kecanduan dan temukan kepuasan sejati di dalam Yesus. Berdoalah untuk hikmat Tuhan dan kebijaksanaan untuk membedakan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan sebagai penggemar K-Pop.

 

2. Mengakui bahwa idola Anda sama seperti Anda

Tidak masalah bagi orang Kristen untuk memiliki apa yang mereka sukai. Alkitab memberi tahu kita dalam Kejadian 1:26-27 bahwa Tuhan menciptakan manusia menurut gambar-Nya. Hal yang sama juga berlaku bagi kita dan idola K-Pop. Mereka semua diciptakan menurut gambar Tuhan dan sama seperti kita, idola K-Pop juga manusia normal yang memiliki kekurangan. Satu-satunya yang membedakan mereka adalah bahwa mereka adalah tokoh masyarakat.

Saat menyadari kebenaran ini, kita bisa melihat idola kita dengan perspektif yang benar dan tidak terlalu meninggikan mereka. Tidak benar ketika kita meninggikan seseorang atau objek tertentu di atas Tuhan.

Seperti Keluaran 20:3 memberitahu kita, hanya Tuhan yang layak mendapat tempat tertinggi di hati kita. Tuhan adalah satu-satunya yang layak untuk pengabdian sepenuh hati kita dan ssatu-satunya pribadi yang dapat memuaskan hati kita.

 

3. Buatlah minat Anda terhadap K-Pop jadi berarti bagi Tuhan

Mungkin Anda berpikir bagaimana hal ini dapat dilakukan? Mari kita lihat, di zaman sekarang ini banyak sekali anak muda yang menyukai K-Pop, minat Anda terhadap K-Pop bisa Anda gunakan sebagai pembuka pembicaraan yang baik dan menjadi jembatan untuk membangun hubungan yang baik hingga akhirnya Anda dapat membagikan Injil kepada mereka.

Tahukah Anda, Tuhan dapat menggunakan segala sesuatu untuk pekerjaan Tuhan, termasik K-Pop sekalipun. Kendati demikian, berpeganglah kepada Firman Tuhan karena tidak semua tentang K-Pop adalah baik (1 Korintus 10:23). Hanya ketika kita bergantung pada Tuhan saja maka kita dapat melihat minat K-Pop melalui sudut pandang Tuhan.

 

BACA JUGA: 5 Cara Orangtua Ajarkan Anak Biar Gak Jadi Penggemar Fanatik

 

4. Sisihkan waktu untuk dihabiskan bersama Tuhan

Selain meminta Tuhan untuk mengekang obsesi kita, ambillah sebuah langkah untuk menjaga hati kita dengan menghabiskan waktu bersama Tuhan, renungkanlah Firman-Nya, kehidupan kita, dan jauhi gadget Anda sementara agar tidak teralihkan oleh hal lain.

Mari kita perhatikan Firman Tuhan dalam Yakobus 4:8, “Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu.”

Mendekat pada Tuhan akan membawa sukacita dan kedamaian yang belum pernah kita alami sebelumnya, tidak peduli sehebat dan sekeren apapun konser yang pernah Anda hadari, tidak ada yang bisa menyamakan dengan kenyamanan yang Tuhan berikan. Hanya dengan bertumbuh dalam keintiman dengan Tuhan, kita akan belajar untuk tidak terlalu cemas dan tidak tergoda oleh hal-hal duniawi.

 

5. Berdoalah untuk idola Anda

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, bintang K-Pop juga manusia. Mereka lemah dan mereka membutuhkan Tuhan sama seperti kita. Jadi mari kita berdoa dengan sungguh-sungguh bagi mereka agar mereka juga bisa mengenal Tuhan kita yang baik sehingga mereka dapat menjadi terang dan besinar bagi-Nya.

Saya yakin ada beberapa idola yang secara terbuka mengakui imannya kepada Tuhan. Mengingat hal ini, marilah kita berdoa untuk mereka agar mengenal Tuhan, mencerminkan kebaikan-Nya di dalam dan melalui hidup mereka sehingga orang lain akan melihat dan mengenal Tuhan secara pribadi.

Sumber : ymi.today
Halaman :
1

Ikuti Kami