Teruntuk Istri-istri yang Sulit Ajak Suami Berdoa

Relationship / 29 September 2022

Kalangan Sendiri

Teruntuk Istri-istri yang Sulit Ajak Suami Berdoa

Lori Official Writer
611

Sebuah hasil penelitian yang ditulis dalam buku When Couples Walk Together oleh Cindi dan Hugh McMenamin, menyampaikan bahwa ada banyak pasangan menikah yang sulit berdoa bersama karena menghadapi beragam faktor. 

Ada 2 faktor penghambat sulitnya berdoa bersama pasangan:

1. Suami merasa terintimidasi dengan ekspektasi para istri. Dimana mereka mengharapkan suami, sebagai imam dalam rumah tangga bisa menjadi pemimpin doa dan teladan rohani. 

2. Tidak ada dorongan untuk berdoa bersama. Hal ini bisa muncul karena suami bukan orang yang terbilang rohani.

 

Baca Juga: Pernikahan Itu Harus Dibangun di Atas Doa, 25 Ayat Alkitab Ini Bisa Jadi Doa Untuk Suamimu

 

Bagaimana Cara Supaya Suami Mau Berdoa Bersama?

Ada banyak alasan sulit bagi pasangan untuk berdoa bersama, tetapi ada juga banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat pasangan mau berdoa bersama.

1. Berdoa.

Mintalah kepada Tuhan jika Anda rindu sekali bisa berdoa bersama-sama dengan suami. Tanyakan apa yang seharusnya Anda lakukan supaya suami Anda tergerak untuk mau membangun mezbah doa keluarga bersama-sama.

 

2. Buat Jadwal.

Buatlah jadwal jauh-jauh hari sebelumnya. Lalu ajak suami berbicara dan bujuk dia untuk mau membangun doa bersama. Jika ternyata suami menyampaikan banyak alasan untuk menolak, bersabarlah untuk terus berdoa sampai suatu saat nanti Tuhan membukakan hatinya.

 

Baca Juga: Cara Mendoakan Suami Yang Efektif, Para Istri Kristen Ingat 6 Hal Ini

 

3. Buat Jadwal Sefleksibel Mungkin.

Jika Anda baru ingin memulai doa bersama ini, cobalah untuk membuat jadwal sefleksibel mungkin. Mulai dengan berdoa sekali seminggu, lalu setelah suami mulai menikmati mulailah meningkatkan waktu berdoa menjadi dua atau tiga kali seminggu. Jika hal ini sudah menjadi kebiasaan, sepakati dengan pasangan untuk mengambil waktu berdoa secara rutin setiap hari.

 

4. Doa Tidak Perlu Lama. 

Tidak perlu lama, yang penting kalian bisa duduk bersama dan mendoakan beberapa hal yang kalian anggap penting untuk didoakan di hari itu.

Anda juga tetap memberikan kebebasan ke pasangan untuk berdoa sesuai dengan versinya. Jadi, jangan pernah mengoreksi atau mengarahkannya.

 

5. Berikan Pengertian.

Salah satu penyebab suami menolak berdoa adalah karena mereka takut diintimidasi. Karena itu penting untuk memberikan pengertian ke suami bahwa dia bebas berdoa sesuai dengan versinya. Tidak ada penghakiman maupun ucapan yang mengejek.

 

Baca Juga: 6 Doa Untuk Suami Yang Kamu Nikahi. Dia Sangat Membutuhkan Ini!

 

6. Tetap Sederhana.

Saat berdoa bersama dengan suami, pastikan untuk tetap mendoakan hal-hal yang sederhana. Seperti saling berdoa untuk kesehatan, pekerjaan, keuangan dan juga penyertaan Tuhan atas anak-anak. 

Saat kalian mulai berdoa bersama, undanglah Roh Kudus untuk bekerja di dalam hati Anda dan suami Anda. Sehingga setiap doa yang kalian panjatkan berkuasa mengubahkan sesuatu dan bahkan membuat hubungan kalian menjadi semakin kuat.

Membangun mezbah doa keluarga memang sangat penting. Karena melalui doalah Tuhan menyatakan kuasa-Nya atas pernikahan, pasangan dan anak-anak Anda. Jadi, jika saat ini suami atau pasangan Anda masih sulit diajak berdoa bersama, jangan pernah putus asa! Teruslah meminta supaya Tuhan menggerakkan hatinya dan mau bersekutu bersama dengan Anda di dalam doa.

Sumber : Crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami