Pasangan Hidup yang Bertanggung Jawab Pasti Memiliki Kriteria Ini

Pasangan Hidup yang Bertanggung Jawab Pasti Memiliki Kriteria Ini

Claudia Jessica Official Writer
      858

Galatia 6: 1

Saudara-saudara, kalaupun seorang kedapatan melakukan suatu pelanggaran, maka kamu yang rohani, harus memimpin orang itu ke jalan yang benar dalam roh lemah lembut, sambil menjaga dirimu sendiri, supaya kamu juga jangan kena pencobaan.

 

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 100; Lukas 21; Yehezkiel 4-6

Dalam proses pencarian pasangan yang bertanggung jawab, kita memerlukan beberapa kriteria.

Pasangan yang bertanggung jawab harus mampu melihat apa yang tidak dapat kita lihat ketika berada pada titik buta dan kelemahan menghalangi pandangan kita. Pasangan yang bertanggung jawab memiliki peran sebagai alat Tuhan untuk mendorong pertumbuhan rohani, dan dia juga memperhatikan kepentingan terbaik kita. Saat memilih tipe orang kepercayaan ini, perhatikan karakteristik berikut:

1. Saleh

Seseorang yang berjalan dalam Roh Tuhan akan memberikan hikmat sejati berdasarkan prinsip-prinsip alkitabiah daripada pendapat pribadi.

2. Bisa dipercaya

Tidak peduli apa yang Anda bagikan dengan pribadi ini, Anda harus yakin bahwa dia dapat menjaga semuanya dengan sangat rahasia.

3. Menerima

Dia harus membiarkan Anda menjadi diri sendiri tanpa harus menutupi apapun termasuk kelemahan Anda. Dia juga tidak akan mencoba untuk mengubah Anda untuk menjadi seseorang yang “sempurna” namun dia bisa membantu Anda untuk terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.

4. Berani

Seorang pasangan yang bertanggung jawab yang baik akan menghadapi Anda dengan kebenaran dan penuh kasih sayang sekalipun kebenaran akan terasa menyakitkan (Efesus 4: 15).

5. Memaafkan

Setiap orang pasti pernah membuat kesalahan termasuk Anda dan saya. Ketika berbuat kesalahan, kepercayaan dibangun dengan saling memaafkan.

6. Menguatkan

Jangan memilih seseorang dengan sikap yang terlalu kritis dan membuat Anda merasa tidak berharga. Kasih itu meneguhkan dan membangun. Kasih tidak pernah menghancurkan (Efesus 4: 29).

7. Mendorong atau mendukung

Anda tidak ingin orang yang melakukan checklist terhadap Anda. Alih-alih menghakimi, mengatur, dan berlaku seperti nabi, pilihlah seseorang yang membawa sukacita dalam mendorong Anda.

Kita semua bisa mendapatkan hal baik dari seseorang yang mampu mengatakan apa yang perlu kita dengar tanpa membuat kita merasa terancam. Pertanggung jawaban harus bisa menyediakan pemeriksaan dan keseimbangan yang mampu mendorong pertumbuhan spiritual dan melindungi kita dari kejatuhan.

Jika Anda belum memiliki pasangan yang bertanggung jawab, berdoalah untuk orang itu.

Hak cipta oleh Dr. Charles Stanley. Disadurkan melalui crosswalk.com.

Ikuti Kami