Tukang Ledeng yang Menemukan Sukacita dari Tomat

Tukang Ledeng yang Menemukan Sukacita dari Tomat

Claudia Jessica Official Writer
      1096

 

2 Korintus 9: 8

Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan.

 

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 96; Lukas 17; Daniel 11-12

Ayah tiri saya tidak suka tomat. Tapi dia menanam lebih dari 120 tomat tahun ini. Dia bukan petani, melainkan pensiunan tukang ledeng. Dia tidak menanam apapun selain tomat. Kenapa?

Pertama, karena istrinya menyukai tomat dan memakan tomat itu dua hari sebelum akhirnya pergi ke rumah Bapa. Yang kedua, karena dua menemukan bahwa orang lain juga mencintai tomat-tomatnya dan itu membuat ayah saya merasa senang untuk berbagi.

Alkitab berkata dalam 2 Korintus 9: 10-11,

“Ia yang menyediakan benih bagi penabur, dan roti untuk dimakan, Ia juga yang akan menyediakan benih bagi kamu dan melipatgandakannya dan menumbuhkan buah-buah kebenaranmu; kamu akan diperkaya dalam segala macam kemurahan hati, yang membangkitkan syukur kepada Allah oleh karena kami.”

Saya senyum ketika memikirkan ayah saya menanam tomat. Saya sangat mencintai hatinya. Dan saya senang mendengarkan cerita tentang orang tua yang sangat berterima kasih atas hadiah tomat mingguannya karena mereka tidak bisa menanam di kebun mereka sendiri. Seperti yang dikatakan Firman Tuhan, mereka sangat berterimakasih atas kebaikannya.

Namun ini bukan hanya tentang tomat. Saya bukan tukang kebun, namun saya menabur secara teratur. Dan saya telah melihat kesetiaan Tuhan untuk melipatgandakan benih saya.

Saya sedang membicarakan Firman-Nya. Saya suka Firman Tuhan dan saya senang berbagi dorongan dari sana. Saya merawat Firman Tuhan setiap hari dan mencari cara untuk mengunggah, menulis blog, tweet, menulis, juga berbicara. Jika saya dapat menaburkan Firman Tuhan dalam beberapa cara lain, saya akan melakukannya. Kadang-kadang sayang mendengar dari mereka yang merasa tertolong, namun saya tidak mencari pujian. Seperti ayah sata, melakukan hal sederhana membawa sukacita besar untuk berbagi.

Jadi, apa yang kamu tanam? Apa yang kamu tabur?

Saya percaya kita semua memiliki tanaman untuk dirawat. Mungkin itu keluarga Anda, mungkin lingkungan atau asisten rumah tangga Anda. Mungkin ladangmu adalah kotamu, pekerjaanmu, atau gerejamu. Tapi tanpa ragu, Anda memiliki sesuatu untuk dibagikan.

“Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga. Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita. Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan. Seperti ada tertulis: "Ia membagi-bagikan, Ia memberikan kepada orang miskin, kebenaran-Nya tetap untuk selamanya."” (2 Korintus 9:6-9)

Tidak sulit untuk berbagi apabila Anda mendapatkan nilai dan kegembiraan ketika berbagi. Tapi pertama-tama, Anda harus menanam dan merawat tanaman Anda. Ini mungkin tahap dimana banyak orang menyerah.

Sukacita ada ketika memberi. Namun sebelum bisa memberi kita, kita perlu melakukan pekerjaan terlebih dahulu, yaitu menanam. Seringkali waktu dan uang menjadi hal yang harus dikorbankan. Terkadang Anda tidak melihat hadiahnya. Aya saya telah meninggalkan kantong tomat di depan rumah orang-orang dan tidak pernah melihat wajah orang-orang yang mendapatkannya.

Namun Tuhan melihat.

Ada kebahagiaan dalam memberi. Saya berdoa Anda telah menemukan kebahagiaan itu.

 

Hak Cipta © 2021 Daphne Delay, digunakan dengan izin.


Kamu diberkati dengan renungan harian kami? Jika kamu rindu supaya orang lain juga diberkati sepertimu, mari dukung kami untuk terus menjangkau melalui konten-konten yang kami sediakan lewat pelayanan media kami.

Kamu bisa menjadi mitra Jawaban.com dengan berdonasi 50 ribu setiap bulannya bersama kami. Kabar baiknya, bagi kamu yang berdonasi sebesar 250 ribu setiap bulannya akan mendapatkan bonus satu buah kaos Polo. Jadi, buat kamu yang tergerak untuk bergabung yuk DAFTAR DI SINI.

Ikuti Kami