Apakah Yesus Tidak Merasa Lapar Saat Puasa Selama 40 Hari 40 Malam?

Apakah Yesus Tidak Merasa Lapar Saat Puasa Selama 40 Hari 40 Malam?

Claudia Jessica Official Writer
788

Puasa artinya menahan diri untuk tidak makan semua makanan. Orang Kristen mengenal beberapa jenis puasa. Misalnya, puasa pada makanan tertentu seperti yang dilakukan Daniel. Ia hanya mengkonsumsi sayuran (Daniel 10: 2-3). Ada juga Paulus yang berpuasa tidak makan dan minum selama tiga hari (Kis. 9: 9). Kemudian puasa yang paling dikenal, yaitu Puasa Yesus 40 Hari 40 Malam. Apakah selama itu Yesus sama sekali tidak makan dan tidak minum?

Jika kamu lebih suka menonton, saksikan kisah Yusuf dengan klik di sini.

Mengapa Yesus Berpuasa?

Peristiwa Yesus melakukan puasa 40 hari 40 malam sangat menarik perhatian. Ini adalah Puasa paling dramatis yang tercatat dalam Alkitab. Sehingga Matius, Markus, dan Lukas perlu melaporkan hal ini dalam kitab-kitab mereka.

Matius menulis bahwa Yesus "dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai oleh iblis." (Mat. 4: 1) Bagaimana mungkin Roh Kudus ingin Yesus dicobai? Para penulis injil tidak ada yang memberikan rincian detil soal itu. Tapi mereka memberikan petunjuk.

Persiapan Pertempuran dan Pelayanan

Peristiwa Yesus puasa 40 hari 40 malam bukan kejadian yang berdiri sendiri. Yesus melakukan ini setelah Yesus dibaptis oleh Yohanes, dan tepat sebelum pelayanan publik-Nya, yang akan berakhir dengan kematian-Nya yang kejam.

Para penafsir Alkitab menyebut bahwa saat Yesus berpuasa di padang gurun, tampaknya, seperti pelatihan dasar jasmani dan rohani untuk membentengi-Nya menghadapi serangan gencar yang akan datang saat Yesus melakukan pelayanan. Kata Yunani untuk "menggoda" dalam teks berarti sesuatu seperti "menguji" atau "mencoba". Saat itu Yesus akan melawan Setan beserta gerombolannya.

Puasa 40 Hari 40 Malam

Angka 40 memiliki keistimewaan sendiri dalam Alkitab. Banyak peristiwa dalam Alkitab menempatkan angka 40 di dalamnya. Pada zaman Nuh, hujan turun selama 40 hari 40 malam. Musa menghabiskan 40 hari 40 malam dengan berpuasa di puncak Gunung Sinai ketika dia menerima Sepuluh Perintah dari Tuhan. Dan orang Israel melakukan perjalan ke Tanah Perjanjian selama 40 tahun setelah mereka meninggalkan Mesir.

 

Baca juga: Biar Puasamu Datangkan Terobosan, Jalani 5 Doa Puasa Ini Yuk

 

Tuhan beberapa kali memberikan waktu sepanjang 40 hari atau malam atau tahun datang tepat sebelum sesuatu yang baru terwujud.

Begitu juga dengan Yesus di padang gurun. Marcellino D’Ambrosio, seorang penulis Kristen mengatakan bahwa puasa Yesus itu adalah pendahuluan untuk "kelahiran Israel baru yang dibebaskan dari dosa, didamaikan dengan Tuhan, dan diatur oleh hukum Roh daripada hukum yang dipahat di batu." Adam pertama gagal dalam ujian. Adam kedua, yaitu Yesus melewatinya.

Yesus berpuasa dengan Kekuatan Manusia

 

Baca halaman selanjutnya -->

Sumber : jawaban.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami