Biar Datangkan Terobosan, Yuk Jalani Puasamu Dengan 5 Doa Ini…

Biar Datangkan Terobosan, Yuk Jalani Puasamu Dengan 5 Doa Ini…

Lori Official Writer
580

Kata Ibrani dari puasa adalah KANA, yang artinya menundukkan atau merendahkan diri. Ini adalah kata alkitabiah itu menjatuhkan musuh di tengah pertempuran atau menundukkan jika kita dalam sikap rendah hati.

Saat kita berpuasa yang dibarengi dengan doa, maka kuasanya akan jauh lebih besar. 

Sebelum kita membahas doa apa yang bisa kita panjatkan selama puasa, mari memahami definisi dari puasa.

 

Pengertian Puasa

Puasa bukan saja soal gak makan. Tapi puasa juga bicara tentang mengambil jeda dari posisi kepemimpinan atau melepaskan kesenangan daging. Yesus sendiri berhenti dari pelayanan-Nya dan mengasingkan diri untuk berpuasa selama 40 hari di padang gurun.

Alkitab mencatat bahwa berpuasa dan berdoa adalah dua kombinasi yang gak bisa dipisahkan. Doa dan puasa yang berkuasa bisa kit abaca di kisah Daniel 9, Mazmur 35, Lukas 2 dan Kisah Para Rasul 14. Yesus sendiri menyampaikan tentang cara berpuasa dan berdoa yang benar di Matius 6. Dia menekankan bahwa puasa dan doa harus dilakukan dengan tenang, rendah hati dan menyingkirkan kesombongan.

 

Doa Puasa

Apakah saat ini kamu sedang menjalani puasa? Mari barengi puasamu dengan 5 doa ini dan nantikanlah terobosan besar terjadi atas apa yang kamu harapkan dalam hidupmu.

1. Doa Persiapan Sebelum Puasa

Alkitab menyampaikan bahwa puasa adalah cara kita untuk memenuhi tujuan dan panggilan Tuhan. Musa dipanggil Tuhan untuk membebaskan umat-Nya keluar dari Mesir. Untuk menjalani panggilan besar itu, Musa pun mengawalinya dengan berpuasa. 

“Dan Musa ada di sana bersama-sama dengan TUHAN empat puluh hari empat puluh malam lamanya, tidak makan roti dan tidak minum air, dan ia menuliskan pada loh itu segala perkataan perjanjian, yakni Kesepuluh Firman.” (Keluaran 34: 28)

Di Lukas 4: 1, waktu Yesus akan mulai berpuasa di padang gurun, Dia dipenuhi dengan Roh Kudus. Setelah Dia menyelesaikan puasanya dan berhasil menang atas setiap cobaan, Yesus keluar dari padang gurun dengan kuasa Roh yang luar biasa.

DOA

Bapa yang penuh kasih,

Aku mengaku kalau Engkau adalah Allah yang penuh kasih.

Engkau sendiri yang membentukku dengan gambaran yang luar biasa. Engkau menulis cerita hidupku bahkan sebelum aku dikandung. Engkau menjadikanku berharga. Terima kasih Bapa.

Saat ini, aku datang kehadapanMu, merendahkan diri dan tunduk pada kehendakMu. Aku mau mencari kehendakMu dalam hidupku. 

Karena itu, ya Tuhan, pimpinlah aku untuk menemukan kehendakmu dalam hidupku. Pimpin aku Tuhan dengan Roh-Mu untuk menjalani puasa ini sikap berserah kepadaMu.

Ku serahkan sepanjang waktu puasa dan doaku Tuhan kedalam tanganMu. Di dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa. Amin

 

Baca Juga: Dengan Puasa dan Doa, Istriku Kembali Ke Rumah

 

2. Doa Mencari Hikmat dan Pengertian

Daniel berpuasa untuk mencari pengertian dari penglihatan yang dia dapat dari Tuhan. 

“Maka aku, Daniel, lelah dan jatuh sakit beberapa hari lamanya; kemudian bangunlah aku dan melakukan pula urusan raja. Dan aku tercengang-cengang tentang penglihatan itu, tetapi tidak memahaminya.” (Daniel 8: 27)

Untuk mendapatkan pengertian ini, Daniel pun datang kepada Tuhan dalam doa, permohonan, puasa dan mengenakan kain kabung sebagai bentuk kehancuran hatinya untuk sesuatu yang sedang dia gumulkan (Daniel 9: 3).

Alhasil, tindakan Daniel pun didengarkan oleh Allah. Dia mendapatkan pengertian yang dia cari dari Tuhan.

DOA

Bapa yang penuh kasih. 

Segala hormat, pujian dan kemuliaan hanya bagi-Mu karena Engkau adalah sumber dari kehidupan kami.

Engkau saja ya Tuhan yang mampu memahami segala misteri dan hal-hal yang tak terungkapkan dalam hidup ini. 

Karena itu ya Tuhan, kiranya kebijaksanaan dan pengertian yang daripadaMu tercurah atasku, sehingga aku bisa memahami apa yang terjadi saat ini. Karena kemampuanku terbatas untuk memahaminya.

Terima kasih Bapa karena Engkau berkenan mendengar doa-doaku. Sama seperti Daniel, Engkau juga akan menyingkapkan hal-hal yang terselubung dalam hidupku. Terima kasih Tuhan. Amin

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA -->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami