Jokowi Ajak Cintai Produk Indonesia, Ini Alasannya!

Jokowi Ajak Cintai Produk Indonesia, Ini Alasannya!

Puji Astuti Official Writer
626

Presiden Joko Widodo mengajak semua pihak untuk menggaungkan cintai produk Indonesia dan benci produk asing, hal ini ia sampaikan saat membuka Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2021, Kamis (4/3/2021). Tentunya hal ini bukan tanpa alasan, yaitu agar masyarakat Indonesia menjadi konsumen loyal produk dalam negeri. 

Kementerian Perdagangan diharapkan memiliki kebijakan dan strategi dalam mengembangkan produk nasional, Jokowi memberi contoh tentang bagaimana penempatan produk lokal di mall. 

"Pusat perbelanjaan, mall harus terus didorong Jakarta sampai ke daerah dorong untuk memberikan ruang bagi produk-produk Indonesia khususnya UMKM. Jangan sampai ruang depan, lokasi-lokasi strategis justru diisi oleh brand-brand dari luar negeri," demikian jelasnya. 

"Tempat yang strategis, lokasi yang baik, berikan ruang untuk brand brand lokal," demikian ia menegaskan. 

Pernyataan Presiden Jokowi di atas mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, salah satunya adalah Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat.

“Kita perlu gerakan bersama untuk bangkit menghadapi tantangan itu, gerakan cinta produk anak negeri salah satu upaya yang harus segera direalisaiskan untuk menjawab tantangan saat ini,” demikian pernyataan Lestari yang dirilis oleh Jawapos.com, Kamis (4/3/2021).


BACA JUGA : 

Mungkinkah Vaksinasi Bisa Pulihkan Ekonomi Indonesia di Tahun 2021?

Catherine Hindra, Perempuan Muda Asal Surabaya yang Sukses Bangun Toko Online Zalora


Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyatakan bahwa pihaknya akan mendorong nilai tambah dari produk lokal, sehingga bisa bersaing dengan produk impor. 

"Bagaimana caranya, kami akan memberikan nilai-nilai tambah di mana barang-barang Indonesia akan bersaing dengan barang impor," demikian ungkapnya saat konfrensi pers usai rapat kerja bersama Jokowi. 

Dengan memiliki nilai tambah tersebut, diharapkan produk lokal dapat merebut pasar lokal, dan masyarakatpun mencintai produk lokal negeri sendiri. 

"Kami akan atur aturannya supaya orang Indonesia bangga membeli produk Indonesia dan mengembangkan industri Indonesia," demikian janjinya.

Saat ini, sesuai arahan Presiden Jokowi, semua kementerian menggaungkan cintai produk dalam negeri. Hal ini juga mendorong inovasi anak bangsa untuk menghasilkan produk-produk inovatif sehingga mengurangi ketergantungan kepada barang-barang impor. Selain itu Presiden Jokowi juga mengapresiasi surplusnya nerasa pergadangan pada tahun 2020 lalu. Sebab sekalipun dilanda pandemi, Indonesia masih bisa surplus US$21,7 miliar. DI tahun 2021 ini, ia mengharapkan semua pihak berkontribusi untuk mempercepat proses pemulihan ekonomi nasional dengan target pertumbuhan 5 persen. 

Yuk kita ikut berkontribus dalam pemulihan ekonomi ini dengan mencintai dan membeli produk-produk Indonesia. 


BACA JUGA : 

Kata Jokowi, Ini Kunci Pemulihan Ekonomi Indonesia

Prabowo: Kita Tidak Mau Jadi Bangsa Pesuruh


 

Halaman :
1

Ikuti Kami