Pasanganmu Lagi Terbaring Sakit? Topanglah Dia Dengan 5 Doa Ini

Pasanganmu Lagi Terbaring Sakit? Topanglah Dia Dengan 5 Doa Ini

Lori Official Writer
334

Penyanyi asal Kanada Celine Dion menunjukkan kasih sayangnya kepada mendiang suami Rene Angelil sejak dia didiagnosa kanker tenggorokan. Beberapa tahun sebelum kematiannya, sebagai istri Dion dengan setia merawat dan mendampingi Rene. 

Kesetiaan adalah hal yang diperlukan dalam pernikahan. Baik dalam suka maupun duka atau dalam sakit maupun sehat, suami istri harus saling mendukung. Saat suami sedang terbaring sakit adalah tanggung jawab seorang istri untuk merawatnya, demikian sebaliknya.

Karena itulah suami dan istri perlu bersandar penuh kepada Tuhan. Supaya saat melewati setiap keadaan tidak baik, kita tetap setia mendukung pasangan.

Salah satu bentuk dukungan yang bisa dilakukan adalah dengan mendoakannya.

Apakah saat ini kamu sedang menghadapi kenyataan bahwa pasanganmu didiagnosa satu penyakit yang berbahaya? Atau dia sedang terbaring sakit dan tak bisa melakukan apa-apa? Berdoalah supaya Tuhan memberikan kesembuhan atas sakit penyakitnya dengan 5 doa ini:

1. Doa Untuk Perlindungan Fisik

“Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut.” - Yakobus 5: 14-15

Doa: Mintalah supaya Tuhan memulihkan pasanganmu secara fisik. Mungkin sakit penyakit yang dialaminya adalah akibat dari kebiasaan yang salah, seperti makan sembarangan, tidur tidak teratur dan tidak menjaga kesehatan diri dengan baik. 

Mintalah supaya Tuhan mengampuni setiap kebiasaan-kebiasaan salah yang membuatnya jatuh sakit. Juga mintalah pertobatan atas pasanganmu, supaya hati dan pikirannya diubahkan sepenuhnya.

2. Doakan Kesehatan Rohani 

“Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut.” - Yesaya 33: 2

Kadang kala penyakit juga bisa timbul karena dosa dan kepahitan. Karena itu, periksalah apakah penyakit yang dialami pasanganmu berasal dari dua hal itu?

Doa: Tentu saja tidak baik untuk menanyakan secara langsung apakah dia terlibat sesuatu di masa lalunya. Karena itulah mintalah supaya Tuhan menyingkapkan hal-hal yang tersembunyi. 

Mintalah supaya Tuhan menjamah hatinya dan membuatnya terbuka atas apa yang sedang dia alami. Jika itu ternyata berkaitan dengan luka masa lalu, tuntunlah dia untuk menyelesaikannya dihadapan Tuhan. 

3. Doakan Kesehatan Mental

“Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.” - Filipi 4: 19

Apakah pasanganmu jatuh sakit karena terlalu kuatir akan keadaan seperti masalah keuangan, anak, pekerjaan dan sebagainya? 

Doa: Ingatkanlah pasanganmu tentang ayat di atas. Bahkan tak masalah yang terlalu besar untuk dihadapi jika kita menghadapinya bersama dengan Tuhan. 

Mintalah secara pribadi supaya Tuhan memberikan ketenangan pikiran atas pasanganmu. Sehingga tidak membuatnya harus kuatir dan berujung pada stress dan depresi.

 

Baca Juga: Di Saat Sehat Maupun Sakit...

 

4. Doa Untuk Kekuatan

“Apabila engkau menyeberang melalui air, Aku akan menyertai engkau, atau melalui sungai-sungai, engkau tidak akan dihanyutkan; apabila engkau berjalan melalui api, engkau tidak akan dihanguskan, dan nyala api tidak akan membakar engkau.” - Yesaya 43: 2

Doa: Sakit penyakit bisa membuat seseorang kehilangan harapan dan putus asa. Tak sedikit diantaranya yang menjadi lemah dan menyerah dengan penyakitnya. 

Jadi, mintalah supaya Tuhan tetap memberikan kekuatan dan harapan bagi pasanganmu. Karena dengan semangat, sukacita dan harapan lah seseorang bisa melawan penyakit yang dihadapinya.

5. Doa Untuk Rencana Tuhan

“Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu.” - Wahyu 21: 4

Doa: Segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita adalah seturut rencana Tuhan. Kematian adalah salah satunya. Jadi, ketika kondisi pasanganmu rasanya sudah memasuki kondisi kritis, satu-satunya hal yang bisa kita lakukan adalah mengizinkan Tuhan melakukan apa yang menurut-Nya yang terbaik. Karena itulah sangat penting untuk mengingat ayat di atas bahwa bagi orang percaya kematian harusnya bukan sesuatu yang menakutkan lagi, tapi perjalanan baru menuju kehidupan yang indah bersama Tuhan.

Jadi, yakinkanlah dirimu dan pasanganmu bahwa apapun yang terjadi semuanya indah seturut kehendak Tuhan.

 

Baca Juga: Cara Jitu Hadapi Pasangan Yang Sakit

 

Tentunya tidak mudah untuk menerima keadaan ketika orang yang paling kita kasihi jatuh sakit. Jika perlu, segala macam cara akan kita lakukan supaya dia bisa sembuh. Tapi sembari melakukan yang terbaik untuknya, jangan pernah lupa untuk melibatkan Tuhan di dalamnya. Karena hanya melalui kuasa dan pertolongan-Nya kita dipulihkan dari berbagai kondisi yang tak terduga, termasuk sakit penyakit.

“Jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan apa yang benar di mata-Nya, dan memasang telingamu kepada perintah-perintah-Nya dan tetap mengikuti segala ketetapan-Nya, maka Aku tidak akan menimpakan kepadamu penyakit manapun, yang telah Kutimpakan kepada orang Mesir; sebab Aku Tuhanlah yang menyembuhkan engkau.” - Keluaran 15: 26

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami