Pusing Karena Suami Kena PHK? Dukung Dia Agar Tidak Terpuruk Terus Menerus

Pusing Karena Suami Kena PHK? Dukung Dia Agar Tidak Terpuruk Terus Menerus

Claudia Jessica Official Writer
866

Di tengah masa yang sukar ini, mungkin banyak hal terjadi dalam rumah tanggamu. Mungkin suamimu mengalami PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) atau pengurangan gaji. Hal ini terjadi seiring menurunnya ekonomi saat ini.

Namun, hal ini tidak lantas membuatmu bersedih. Ingatlah bahwa selalu ada peluang disetiap keadaan. Ini adalah tantangan baru bagimu dan suami.

Sebagai istri yang baik, tentu saja kamu ingin mendukung suami bukan? Pasangan suami-istri harus hidup bersama dan bisa mendukung satu sama lain.

Karenanya, ketika suamimu mengalami masalah kehilangan pekerjaan atau tidak bisa memenuhi kewajibannya untuk menafkahi keluarga kalian, sebagai istri yang baik, kamu bisa mendukungnya dengan cara ini:

Baca juga: Life Hack Setelah di PHK

1. Dukung Suami

Ingat janji pernikahan yang kalian buat di hadapan Tuhan pada hari pernikahan kalian bahwa kalian akan saling mendukung pada waktu susah maupun senang, pada waktu kelimpahan maupun kekurangan, pada waktu sehat maupun sakit, untuk saling mengasihi dan menghargai, sampai maut memisahkan kita?

Suami telah bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan finansial rumah tangga dan ketika dia diberhentikan dari pekerjaannya, kini saatnya giliran istri untuk mendukung suami.

Kamu bisa memberikannya kalimat pendukung dan kamu juga bisa membantunya dengan mencari pekerjaan baru atau bahkan mendorongnya untuk mempelajari keahlian baru sambil melihat peluang apa yang bisa kalian jalani bersama. Jangan lupa untuk berdoa dan meminta penyertaan Tuhan.

2. Menjadi Pendengar yang Baik

Banyak sekali cerita dan tantangan yang suamimu hadapi hingga saat ini. Mendengarkannya adalah salah satu bentuk dukungan yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan karirnya.

Baca juga: Belajar Dari Kasus Wuhan, Ini Loh 3 Peluang Usaha Dibalik Ancaman Wabah Corona Virus

Mungkin suami tidak selalu ingin menceritakan permasalahannya di tempat kerja, tetapi menjadi istri siaga yang siap mendengarkannya akan membantunya melepaskan beban kerjanya ketika kalaian saling berbicara dan mendengarkan.

3. Dorong Dia untuk Belajar Keahlian Baru

Seperti yang telah dituliskan sebelumnya bahwa selalu ada peluang baru di setiap krisis yang terjadi. Terlalu cepat untuk menyerah sekarang. Doronglah suamimu untuk mepelajari keahlian baru dan memanfaatkan peluang yang ada.

Berikut ini adalah beberapa keahlian yang bisa kamu tingkatkan selama di rumah aja.

- Menulis

Menulis adalah keterampilan dasar yang dibutuhkan dalam dunia kerja sekalipun kamu bukan pekerja media atau penerbitan. Bahkan kamu juga membutuhkannya meskipun kamu ukan lulusan ilmu komunikasi atau sastra Indonesia.

Ada begitu banyak pekerjaan yang di bidang menulis baik sebagai freelancer reporter, freelancer writer, writer content atau bahkan admin sosial media. Sebagian besar lowongan ini memiliki kriteria suka dan tertarik akan dunia tulis-menulis.

Skill ini sendiri dapat kamu kembangkan selama di rumah. Kamu bisa mulai dengan menuliskan kisah atau keresahan yang kamu alami atau topik-topik lain yang kamu minati sehingga kamu bisa menuangkan ide-ide kreatif. Bahkan bagi sebagian orang, menulis bisa menjadi obat stres.

- Kemampuan berbahasa asing, dan public speaking

Kamu bisa memanfaatkan waktumu di rumah dengan mepelajari bahasa asing. Dengan kelas online, kini belajar di rumah dapat kamu manfaatkan dari berbagai platform untuk mengasah kemampuan berbahasa asing.

Baca juga: Yuk Belajar Public Speaking, Agar Selepas Wabah Corona Karirmu Bisa Berkembang

Selain itu, kamu juga bisa belajar mengatasi rasa takut untuk berbicara di depan umum dengan berlatih selama di rumah. Kamu bisa mencoba untuk berbicara di depan cermin dan anggaplah bahwa ada banyak orang yang melihatmu.

Kemudian, kamu juga bisa melakukan banyak riset untuk menguasai topik apa yang ingin kamu bawakan. Kamu bisa mencobo dan melatihnya di hadapan keluargamu. Atau bahkan jika ada anggota keluargamu yang merupakan pembicara professional, kamu bisa belajar darinya.

- Memasak

Jika dia memiliki hobi memasak dan hasilnya cukup baik dan cukup lezat, maka ini adalah saatnya untuk berlatih skill memasaknya. Kalian bisa mencoba berbagai resep baru yang sehat dan bergizi.

Selain dapat membaantu menjaga kesehatan gizi, skill ini juga berpeluang untuk membuka bisnis. Mungkin kamu tidak memiliki modal yang besar atau tempat untuk membuka kedai, kamu bisa mulai mencoba bisnis kuliner online.

- Kemampuan media sosial

Ini adalah skill wajin yang harus dimiliki banyak orang dalam era digital seperti sekarang. Kemampuan ini diharapkan untuk mengoptimalkan peran media sosial untuk membangun kesuksesan sebuah perusahaan atau branding. Nggak Cuma untuk narsis, kini kamu bisa belajar mengelola digital marketing.

Ada begitu banyak hal yang kamu lakukan dan tingakatkan selama berada di rumah. Jangan patah semangat karena Tuhan bersama kita, siapa yang berani menjadi lawan kita? (Roma 8:31).

Yesaya 40:31 "tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah."

Sumber : berbagai sumber | jawaban.com

Ikuti Kami