Puji Astuti

Official Writer
732


Kemampuan public speaking bisa mengubah kehidupan kamu selamanya demikian pendapat seorang ahli.  Public speaking atau kemampuan berbicara di depan umum dibutuhkan di semua bidang, Termasuk kehidupan sehari-hari,  dengan kemampuan public speaking yang baik kamu bisa membangun hubungan pertemanan atau persahabatan dan juga memperluas jaringan kerjasama dan usaha.

Masa di rumah saja saat ini adalah waktu terbaik untuk belajar public speaking,  walaupun kamu  belum bisa ketemu dengan orang banyak secara langsung kamu bisa praktek dengan berbagai cara,  seperti berbicara di depan kaca,  atau langsung berbicara di depan kamera.  jadi selain latihan  kamu juga bisa  bikin konten.

Mungkin ada diantara kamu yang merasa bicara di depan umum bukanlah hal yang ingin kamu lakukan,  tapi hal ini harusnya menjadi  sebuah gaya hidup.  Karena pada dasarnya kita sebagai makhluk sosial selalu berhubungan dengan orang lain dan hal ini memerlukan keahlian berbicara di depan umum, contohnya untuk memberikan pengertian, menjelaskan sesuatu dan meyakinkan orang lain tentang topik pembicaraan  yang kamu sampaikan. 

Apakah kamu takut untuk berbicara di depan umum?  Kamu tidak sendirian kok,  ada banyak orang yang mengalami hal yang sama.  

Lalu mulainya dari mana?  Yuk kita coba beberapa tips ini:

1. Kuasai materi yang akan kamu bicarakan

Sebelum kamu berbicara di depan umum atau melakukan public speaking pastikan bahwa kamu menguasai bahan pembicaraan.  untuk itu penting sebelum kamu berbicara,  Kamu mempersiapkan  materi yang akan kamu bawakan. 

Lakukan riset temukan, fakta-fakta yang menarik dan susun materi sehingga mudah untuk dimengerti oleh .calon audiens kamu. 

2. Atasi rasa takut kamu untuk bicara di depan umum

Yang pertama yang harus kamu tahu bahwa rasa takut adalah hal yang wajar,  jadi tidak apa-apa merasa takut. Namun Jangan biarkan ketakutanmu itu membuat kamu tidak berani melangkah.

Saat kamu berdiri di hadapan seseorang atau di hadapan umum selalu ketakutan itu menyerang,  ambil nafas dalam-dalam sambil berkata, "saya bisa melakukan hal ini." 

3. Kenalilah audien yang akan menjadi pendengar kamu

Tentu berbeda cara bicara dengan sekelompok anak remaja dan dengan rekan-rekan kerja kamu.   Hal ini berlaku juga dalam public speaking,  kamu harus mengenali audiens atau para pendengar kamu. 

kamu bisa membuat  riset tentang usia mereka,  kesukaan mereka, hobi mereka,  apa yang jadi kekuatiran mereka dan keinginan terbesar mereka.  Hal-hal seperti itu,  bisa menjadi  materi pendukung ketika kamu berbicara di hadapan mereka.

Baca juga : 

Lihat Peluang Baru Yang Menggiurkan dan Pengen Ganti Karir? Coba Lakukan 5 Hal Ini

7 Panduan Dari Kitab Amsal Untuk Membangun Karir Yang Berhasil

4. Latihan, latihan dan latihan

Yang membuat perbedaan antara  seorang pembicara profesional  dengan yang tidak  adalah jam terbang mereka.  Jadi kalau kamu mau menjadi seorang public speaking yang baik,  sering-seringlah berlatih. 

Jadikan orang-orang di rumahmu sebagai audiensi pertamamu,  jangan takut salah,  dan izinkan untuk mereka memberikan masukan buat kamu. Kesalahan adalah hal yang wajar dalam hak apapun terutama Kalau kamu masih belajar.  jadi jangan takut salah jangan putus asa ketika kamu bersalahan  teruslah mencoba dan terus latihan.

5. Belajarlah dari para pembicara  profesional

Untuk belajar dengan mereka kamu tidak harus ikut kursus public speaking atau mendatangi mereka langsung loh. Walau kamu juga bisa mengikuti kursus online tentang hal ini juga, namun kamu bisa mengunjungi channel YouTube  atau podcast mereka dan  melihat trik-trik yang mereka lakukan, lalu membuat catatan apa yang bisa kamu terapkan.

6. Tetap tenang ketika saatnya tiba kamu berbicara di depan umum

Ketika awal-awal berbicara di depan umum,  pasti ada rasa kuatir atau tertekan yang membuatmu merasa tidak nyaman. namun kamu harus memusatkan perhatian kamu kepada Aldian dan juga materi yang akan kamu bicarakan,  Tetap tenang menjaga fokus kamu.  jika melakukan kesalahan Jangan gugup tetap lanjutkan presentasi kamu hingga selesai.

Mungkin itu bukan  penampilan terbaik kamu,  tapi ingat bahwa kamu sudah melakukan yang terbaik.  Jadi hargai usaha yang telah kamu lakukan, rayakan keberhasilan tersebut dan   Jangan lupa untuk  latihan kembali,  sehingga kamu menjadi lebih baik di lain waktu. 

Semoga setelah masa-masa isolasi ini kemampuan  kemampuan public speaking kamu dapat membantumu berkembang dalam karir atau memperluas  usahamu.  Selamat mencoba! 

#LOVEINACTION : Yuk bantu sesama yang terdampak COVID-19 dengan pemberian sembako, donasi KLIK DISINI

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Kateryna 10 August 2020 - 18:36:52

Kalo pdt. Danny Krishna Soepangat (GBI TENDEAN Jak.. more..

0 Answer

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7230

Kanan Agustus