Puji Astuti

Official Writer
1779


Kota Wuhan, China menjadi pusat wabah virus corona atau COVID-19 yang menyebar ke seluruh dunia. Kota yang sudah diisolasi tersebut, saat ini masih membatasi pergerakan warganya untuk keluar rumah, walau dikabarkan bahwa hampir setengah dari pasien yang terinfeksi virus corona sudah dinyatakan sembuh.

Beberapa wilayah Wuhan ada yang dibatasi hanya boleh keluar rumah 3 hari sekali, dan bahkan wilayah-wilayah yang dianggap kritis penyebaran virus dilarang keluar rumah sama sekali. Masalah pasokan makanan pun muncul, hal ini memaksa warga Wuhan untuk menggunakan jasa pesan antar sejenis ojek online di Indonesia untuk membeli kebutuhan sehari-hari dan pasokan makanan mereka.

Menggunakan jejaring media sosial WeChat yang popular di negeri tirai bambu tersebut, warga Wuhan berkomunikasi satu sama lain dengan para tetangganya agar bisa berbelanja. Sebab pembelian bahan pokok dan pengantarannya harus memenuhi minimum pembelian. Selain itu, karena persedian terbatas, pembelian pun dijatah.

Seorang warga Wuhan bernama Guo Jing menyampaikan kepada AFP bahwa pemesanan secara bersama warga lain adalah satu-satunya cara untuk bisa membeli makanan. Ia mendapat jatah 6 kilogram sayuran terdiri dari lima sayuran dengan harga sekitar 100 ribu rupiah. Itupun mereka tidak memiliki pilihan sayuran apa yang akan mereka terima.

Dari kisah di atas, ada beberapa hikmat yang bisa dipetik. Terlebih Indonesia baru saja dinyatakan positif corona virus, jadi masih bisa mempersiapkan diri agar tidak sampai mengalami seperti Wuhan.

Kira-kira peluang usaha apa saja sih yang bisa kita jalankan di tengah krisis wabah seperti sekarang ini? Berikut adalah beberapa ide yang bisa kamu lakukan:

Tingkatkan penjualan toko sembako dengan pesan antar

Ya, pada saat ancaman wabah corona ini banyak orang merasa perlu membatasi diri pergi ke tempat keramaian, termasuk ke pusat perbelanjaan atau ke pasar tradisional. Buat kamu yang punya toko, maka ini adalah waktu yang baik untuk mulai promosi layanan pesan antar untuk tokomu.

Selain tawarkan kualitas barang yang baik, pastikan layanan pesan antar yang aman dan higenis menjadi salah satu kelebihan dari layanan yang kamu berikan. Jangan lupa untuk mempromosikannya secara online ya, targetkan kepada orang-orang disekitar wilayahmu.

Usaha sayuran hidroponik

Pertanian hidroponik adalah usaha pertanian yang bisa dilakukan di lahan sempit. Itupun kamu tidak butuh tanah, karena prosesnya menggunakan media tanam khusus dan bisa memakai paralon sehingga bisa memaksimalkan halaman atau bahkan ruang kosong yang ada di rumahmu.

Jika kamu mengembangkan usaha sayuran hidroponik dalam tingkat rumahan, maka kamu bisa menjadi pemasok sayur mayur untuk komunitas di sekitarmu. Dengan menyebarnya wabah, dan keengganan untuk pergi ke pasar atau mal, maka membeli sayuran segar dari usahamu akan menjadi pilihan terbaik.

Tanaman hidroponik sudah sangat dikenal saat ini, dan terbukti lebih segar dan sehat untuk dikonsumsi. Mereka yang sudah mencoba usaha ini, membuktikan bisa mendapatkan keuntungan puluhan juta rupiah setiap bulan loh.

Jasa titip belanja

Jastip atau jasa titip sudah umum saat ini, nah karena adanya wabah ini banyak orang akan semakin membutuhkannya nih. Namun kamu juga perlu memperhitungkan resikonya dan hati-hati ya, karena kamu harus pergi ke tempat keramaian.

Jastipnya tidak usah yang jauh-jauh, mungkin sewaktu kamu akan ke pasar membeli kebutuhan pokok atau ke mal, kamu bisa tanyak tetangga sekitar atau temanmu.

Nah, itulah 3 ide usaha yang bisa kita lakukan di saat-saat seperti ini. Masih ada banyak usaha lain yang aman, dan menguntungkan untuk dilakukan. Pastikan kamu tetap produktif dan juga fit ya, sehingga kamu ngga dikuasi ketakutan karena ancaman virus corona.

Percayalah bahwa penyertaan Tuhan dan perlindungan-Nya selalu ada dalam hidup kita. Tetap sehat, terus bersukacita dan selalu optimis ya, ada Tuhan bersama dengan kita. Sukses selalu JCers. 

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Kateryna 10 August 2020 - 18:36:52

Kalo pdt. Danny Krishna Soepangat (GBI TENDEAN Jak.. more..

0 Answer

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7233

Kanan Agustus