Life Hack Setelah di PHK

Life Hack Setelah di PHK

Claudia Jessica Official Writer
760

Di setiap kabar buruk, pasti terselip kabar baik. Sekalipun ada beberapa orang dari kita yang harus menjadi korban PHK. Tuhan berjanji untuk membantu kita dalam kehidupan finansial kita, sekali pun disaat kita tidak tahu dari mana asal persediaan kita.

Yesus pernah memberi tahu banyak orang pada zamannya (banyak yang menganggur) yang tercatat di dalam matius 6:34 “Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.”

Cukup menghibur, tetapi bagaimana cara kerjanya ketika kita kehilangan pekerjaan dan tidak mendapatkan uang sepeser pun? Apa yang harus kita lakukan ketika kita harus meghadapi tagihan yang menunggu untuk dibayar?

1. Berdoalah dalam situasi yang kamu hadapi

Apakah ini terdengar lucu? Mungkin iya. Kita tidak selalu mendapatkan apa yang kita doakan bukan? Jika kita mendapatkannya pun, belum tentu sesuai degan waktu yang diharapkan. Tetapi kita dipanggil untuk kehidupan doa bahkan ketika doa tidak menjauhkan kita dari masalah yang kita alami.

Kamu juga mungkin berdoa untuk tidak kehilangan pekerjaanmu, namun tidak berhasil. Lalu apa gunanya berdoa sekarang?

Dalam Perjanjian Lama, Habakuk mempertanyakan mengapa Allah tidak melindungi umat-Nya. Tuhan Nampak tidak adil saat itu. Tuhan tidak menjawab doa habakuk dengan jelas tetapi Ia mengakan pada Habakuk, “orang benar akan hidup oleh imannya.” Dengan kata lain, pengikut Tuhan harus percaya pada Tuhan, titik. Tidak peduli apa yang sedang terjadi.

2. Kencangkan Sabuk

Ketika kamu tidak lagi memiliki pekerjaan, buatlah pengeluaran menjadi lebih sedikit. Semua orang tahu ini namun, tidak mudah untuk melakukannya.

Dalam beberapa tahun terakhir, ekspektasi kita akan kehidupan ‘normal’ telah berubah drastis sehingga apa yang dulu dipandang sebagai kemewahan, sekarang telah dipandai sebagai sebuah ‘kebiasaan’.

Baca juga: Kena PHK dan Tidak Punya Pemasukan? Ini Peluang Unutuk Mendapatkan Uang Tambahan

3. Hubungi pemberi pinjamanmu

Mungkin kamu merasa malu, namun kamu perlu menghubungi pihak peminjaman dan beri tahu bahwa kamu tidak dapat melakukan pembayaran tepat pada waktunya sebelum mereka yang menghubungimu. Kreditor biasanya menghargai komunikasi dan akan bekerja sama denganmu.

Yesus sendiri memberi tahu orang-orang yang menginginkan bantuan Allah akan hidup mereka “carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.”

Menghubungi mereka pihak peminjam dan memberi tahu bahwa kamu tidak  dapat membayar tepat waktu adalah hal yang "benar" untuk dilakukan. Tidak hanya kreditor yang akan menghargainya, Tuhan akan menghormatinya.

4. Jangan berhenti memberi

Mungkin terdengar gila, tetapi Tuhan memanggil kita untuk memberi sekalipun ketika kita kekurangan. Seperti yang dilakukan oleh seorang wanita kelaparan akibat kemarau berkepanjangan di dalam Alkitab yang hanya memiliki segenggam tepung dan sedikit minyak dalam botol namun ia taat dan memberi makan nabi Elia.

Ia pun melewati masa kekeringan tan tidak kehabisan makanan. Tuhan menggunakan pemberiannya untuk membuka persediaan. Kepercayaan kepada Tuhanlah yang membuka aliran penyediaan.

5. Dapatkan resume dengan iman

Jangan merajuk dan duduk dalam ketakutan. Teruslah bergerak dengan harapan. Ingatlah bahwa Tuhan adalah pencipta segalanya. Walaupun tidak ada pekerjaan untukmu saat ini, Tuhan dapat menciptakannya hanya untukmu.

Markus 9:23 mengatakan “Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya.”

Tuhan bergerak lebih cepat dalam kehidupan mereka yang terus maju daripada yang dia lakukan dalam kehidupan mereka yang merasa menjadi korban dan lumpuh oleh keadaan mereka.

6. Minta bantuan

Manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain untuk membantunya. Terkadang, kita juga membutuhkan orang lain. Mungkin kamu perlu meminta seseorang yang dekat denganmu untuk mendapatkan pinjaman yang akan segera kamu lunasi ketika keluar dari krisis.

7. Badai pasti berlalu

Pepatah pernah mengatakan “badai pasti berlalu,” ini benar adanya. Tetap bertahan dan lakukanlah hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya dalam musim kekurangan ini. Percayalah bahwa badai pasti berlalu.

Ibrani 6: 11-12 mengatakan “Tetapi kami ingin, supaya kamu masing-masing menunjukkan kesungguhan yang sama untuk menjadikan pengharapanmu suatu milik yang pasti, sampai pada akhirnya, agar kamu jangan menjadi lamban, tetapi menjadi penurut-penurut mereka yang oleh iman dan kesabaran mendapat bagian dalam apa yang dijanjikan Allah.”

Kamu butuh konseling? Klik link dibawah ini untuk konseling. http://bit.ly/inginKonseling

Sumber : crosswalk.com

Ikuti Kami