Claudia Jessica

Official Writer
1021


Pengguna kacamata yang kini harus memakai masker karena wabah COVID-19, pasti merasa kesal karena kacamata yang dipakai jadi berkabut saat bernafas dan mengganggu pandangan.

Ada beberapa alasan mengapa orang memakai kacamata. Pertama, kamu tidak bisa melihat dengan jelas karena rabun atau lainnya. Kedua, kamu menggunakan kacamata untuk menambah gaya fashion.

Apapun alasannya, pasti menyebalkan saat kita harus memakai masker dan membuat kacamata kita berkabut. Terlebih lagi hal ini sangat mengganggu pandangan.

Tapi kita tidak bisa serta merta memilih untuk tidak menggunakan masker. Apa lagi dengan keadaan sekarang ini.

Baca juga: Radiasi Bersifat Buruk Pada Mata, Haruskah Kita Menggunakan Kacamata Anti Radiasi?

Mengapa kacamata jadi berkabut ketika kita menggunakan masker?

Hal ini terjadi secara alami. Ketika udara hangat menyentuh permukaan yang dingin, kondensasi dapat terbentuk.

Bayangkan ketika kamu pergi ke daerah pegunungan atau daerah dingin lainnya, ketika menutup mulut hingga hidung dengan tangan dan bernafas, kamu merasa udah hangat dari nafasmu dan kacamatamu yang dingin akan segera berkabut.

Sama halnya ketika kamu mengenakan masker, udara panas dari nafasmu keluar melalui celah masker di wajahmu dan membuat kacamatamu berembun.

Tenang, jawaban.com telah merangkum beberapa tips untuk membuat kacamatamu tetap normal dan tidak berembun meskipun menggunakan kacamata.

01) Buat bentuk maskernya pas sesuai bentuk wajahmu

Jika kamu memakai masker hingga ke hidung, pasti akan celah di sisi samping hidung bukan? Jika kamu tidak mau kacamatamu berembun, belilah masker yang dapat dibentuk sesuai dengan wajahmu.

Baca juga: Rumor Herd Immunity Untuk Hadapi Corona, Ini Faktanya

02) Cuci dengan sabun dan air

Kacamata adalah investasi bagi mereka yang tidak dapat melihat dengan jelas dan membutuhkan bantuan dari kacamata. Sebelum mencucinya dengan sabun dan air, tanyakan dulu pada ahli kacamatamu jika kamu memiliki lapisan khusus pada lensa agar kamu tidak merusaknya.

Kamu cukup mencuci lensa dengan air sabun dan menghilangkan cairan berlebih. Biarkan lensa kering dengan sendirinya atau kamu dapat menyekanya dengan kain yang lembut sebelum memakainya lagi.

03) Gunakan kacamata untuk menutup bagian atas masker

Jika kamu bisa menarik masker yang kamu kenakan lebih tinggi ke hidung, kamu bisa menggunakan kacamata untuk menutup sela yang ada dan membentuknya ke wajahmu.

Letakkan kacamatamu tepat di atas bahan yang ada di depan hidung dan pastikan kacamatamu tidak terlepas. Dengan bentuk yang mengikuti bentuk wajahmu akan menjaga udara hangat agar tidak keluar melalui bagian atas masker.

Baca juga: Kacamata Baru Bikin Pusing? Ini Sebabnya

04) Rekatkan

Kamu bisa menempelkan maskermu di sekeliling hidung dan ke pipi dengan pita medis. Jangan gunakan lakban atau selotip yang tidak dibuat untuk digunakan pada kulit. Terlebih lagi jika kamu memiliki kulit yang sensitif, ujilah dulu selotip untuk memastikannya tidak menyebabkan iritasi.

Jika keempat hal di atas tidak berhasil, ada tisu dan semprotan khusus yang dirancan untuk menangani kacamata berkabut. Sebelum mencobanya, pastikan bahan-bahannya tidak akan merusak lapisan pelindung pada lensamu.

Sumber : health.clevelandclinic.org


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7235

Kanan Agustus