Kacamata Baru Bikin Pusing? Ini Sebabnya

Kacamata Baru Bikin Pusing? Ini Sebabnya

Lori Official Writer
136357
<!--[endif]-->

Bagi Anda yang baru pertama kali memakai kacamata atau baru mengganti kacamata, tentu akan merasakan pusing dan mual ketika mengenakannya di minggu pertama. Mengapa terjadi demikian?

Michael J Wocjiak, OD, seorang dokter mata dari Schaumburg, Illinois menjelaskan bahwa hal itu bisa timbul akibat resep kacamata baru yang sedikit lebih kuat dari yang lama, sehingga mata membutuhkan adaptasi.

Diketahui masa ideal untuk membuat mata merasa nyaman memerlukan sekitar 7 hari atau lebih. Berbeda pula dengan pengidap silindris, dimana bentuk dan bahan lensa sangat menentukan kenyamanan pengguna kacamata. Silindris dengan resep -1.5 atau lebih membutuhkan adaptasi yang lebih lama dibanding mata dengan minus saja.      

Seperti dikutip dari Meetdoctor.com, Medical Doctor dan Chiropractor, Dr Janfrional mengatakan bahwa pusing saat pemakaian kacamata baru adalah hal wajar. Kendati begitu ia menganjurkan agar pemakaiannya boleh diteruskan. Bila rasa pusing dan mual masih tetap ada, kacamata bisa dilepaskan untuk memberi mata sejenak istirahat kira-kira 15-20 menit. Setelah sudah merasa baikan, kacamata bisa dipakai kembali.

“Rata-rata dibutuhkan 2-3 minggu bagi mata untuk menyesuaikan diri terhadap penggunaan kaca mata yang baru. Bila setelah itu masih terjadi pusing dan mual setiap kali mengenakan kacamata, maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter mata,” terang dr. Janfrional.

Namun bila rasa pusing dan mual terus menerus terjadi, bisa diperkirakan resep kacamata tidak tepat. Kondisi ini bisa dipicu oleh kondisi mata yang bengkak saat diperiksa, atau akibat resep minus atau plus yang terlalu tinggi. Bila pengguna tetap memakai kacamata dengan resep yang salah tersebut, bisa diprediksi bila kondisi mata akan semakin memburuk. Pandangan mata akan tampak kabur atau berbayang.

Kenyamanan adalah hal yang paling penting saat menggunakan kacamata. Hal itu pula yang dapat menjadi pertimbangan Anda memilih kacamata yang benar-benar enak dan nyaman dipakai. Dengan begitu, kondisi mata Anda tidak malah semakin memburuk, melainkan semakin sehat.

Sumber : Meetdoctor.com/Detik.com/ls

Ikuti Kami