Claudia Jessica

Official Writer
570


Matius 4: 19-20

"Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia." Lalu mereka pun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia.

Lukas 9: 3

"Jangan membawa apa-apa dalam perjalanan, jangan membawa tongkat atau bekal, roti atau uang, atau dua helai baju."

Markus 10: 21-22

Tetapi Yesus memandang dia dan menaruh kasih kepadanya, lalu berkata kepadanya: "Hanya satu lagi kekuranganmu: pergilah, juallah apa yang kaumiliki dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku." Mendengar perkataan itu ia menjadi kecewa, lalu pergi dengan sedih, sebab banyak hartanya.

Kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana para Rasul tetap bertahan hidup meskipun mereka tidak memiliki uang atau pekerjaan tetap apalagi kekayaan secara finansial. Jawabannya adalah iman mereka yang membuat mereka kaya.

Baca juga: 3 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Tabungan

Hidup dengan penghasilan terbatas bukan berarti kita tidak memiliki apa-apa, tetapi tentang rasa syukur, cukup dan puas atas apa yang kita miliki.

Penghasilan Kreatif

Jika saat ini kamu mengalami pengurangan jumlah pemasukan baik itu berhenti bekerja sementara atau permenan, artinya kamu harus melakukan pekerjaan yang kreatif untuk menghasilkan uang.

Selain bekerja, kamu bisa melaukan pekerjaan kreatif untuk menghasilkan uang seperti menjadi konsultan di bidang karier pilihanmu.

Amsal 16: 26 “Rasa lapar bekerja untuk seorang pekerja, karena mulutnya memaksa dia.”

Ada 4 hal yang penting yang harus kamu ketahui dan menjadikannya sebagai prioritas ketika penghasilanmu berkurang.

Baca juga: 10 Tanda Cinta Uang 

1. Makanan

Mampu membeli makanan adalah masalah bertahan hidup. Namun hal ini berarti kamu tidak harus selalu membeli makanan bermerek apalagi makan di restoran malah. Tapi dengan penganggaran kreatif, mengumpulkan kupon dan membuat perencanaan makan dapat memungkinkan bagimu untuk makan makanan enak sekalipun dengan penghasilan terbatas.

Misalnya kamu bisa membuat makanan dalam jumlah banyak yang mampu bertahan sampai beberapa hari kedepan.

Matius 14:20 Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa, dua belas bakul penuh.

Baca juga: 4 Tips Aman dari Gangguan Anak Saat Work From Home

2. Hunian

Rumah seharusnya hanya mengambil 25% dari gaji bersih bulanan yang kamu dapatkan. Namun jika lebih dari itu, kamu bisa mempertimbangkan kembali apakah kamu harus mencari tempat tinggal lainnya.

Penting juga untuk memperhatikan biaya perawatan rumah seperti listrik, air dan lainnya. Ada banyak cara untuk mengurangi biaya utilitas ini seperti menghentikan televisi kabel, kamu bisa menonton di situs online lain yang biayanya lebih murah.

Jika kamu mencuci dengan menggunakan mesin cuci maka perlu diperhatikan juga pemakaiannya. Jika hanya ada sedikit baju, tunggulah hingga banyak dan kamu dapat mencucinya sekaligus. Hal ini dapat menghemat biaya listrik.

Amsal 21:20 Harta yang indah dan minyak ada di kediaman orang bijak, tetapi orang yang bebal memboroskannya

Baca juga: 6 Lagu yang Menenangkan Hatimu di Tengah Pandemik COVID-19

3. Transportasi

Memiliki transportasi pribadi memang sangat menolong jika kamu memiliki pemasukan yang terbatas. Namun jika biayanya menyulitkanmu, kamu harus memikirkannya kembali apakah perlu menjualnya atau harus menganntinya dengan kendaraan bekas yang pembayarannya lebih ringan.

Kemudian sebelum membeli barang bekas, kamu bisa berbicara dengn penyedi asurnsi mobil dan mencari tahu perbedaan biaya untuk menanggung berbagai jenis kendaraan, termasuk biaya perawatannya.

Tempat parker mobil, motor, sepeda dan transportasi umum atau berjalan kak juga dapat menjadi hal yang perlu kamu pertimbangkan. Jika perlu kamu juga dapat berjalan kaki sekali dalam seminggu untuk menghemat biaya gas yang dikeluarkan.

Amsal 2:20 Sebab itu tempuhlah jalan orang baik, dan peliharalah jalan-jalan orang benar

Baca juga: Ini 5 Cara Kita Kasih Dukungan ke Usaha Lokal Biar Tetap Jalan Selama Wabah Corona

4. Pakaian

Mungkin hal satu ini terlihat seperti tidak terlalu penting dibicarakan, tapi bagi mereka yang tiba-tiba harus hidup dalam keterbatasan, pakaian adalah hal yang penting.

Disamping itu, kamu jug perlu memiliki pakaian ya cock untuk wawancara, cuaca dingin atau cuaca hangat, sepatu yang perlu melindungi kakimu, inilah alasan mengapa pakaian itu penting.

Namun ada banyak cara untuk mendapatkan pakaian barus yang tidak merusak penghasilan terbatasmu. Toko pakaian bekas adalah sumber yang bagus unutk memiliki pakaian bagus dengan labelnya.

Amsal 31:25 Pakaiannya adalah kekuatan dan kemuliaan, ia tertawa tentang hari depan.

Baca juga: Pakai Zoom Meeting Selama Kerja di Rumah? Ini Dos dan Don’t yang Perlu Diperhatikan

Melakukan perubahan karena penghasilan terbatas memang memerlukan waktu untuk beradaptasi. Buatlah ulang skala prioritas yang harus dipenuhi untuk menjalani hidup sehari-harimu.

Mazmur 104:12 di dekatnya diam burung-burung di udara, bersiul dari antara daun-daunan.

Sumber : crosswalk.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer

Ning Ng 21 April 2020 - 01:06:59

Kesaksian mendapat anak

0 Answer


Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Stella sherly 13 April 2020 - 13:56:27
Salam sejahtera ... mohon dukungan doanya saudara2... more..

Banner Mitra April Week 3


7258

Banner Mitra April Week 2