4 Tips Aman dari Gangguan Anak Saat Work From Home

4 Tips Aman dari Gangguan Anak Saat Work From Home

Lori Official Writer
756

Sebagai orangtua yang punya anak, apa jadinya work from home (WFH) mu kalau anak ternyata susah diam di rumah. Bisa-bisa bukannya kerja, waktu malah kebanyakan dihabiskan untuk mengurus anak.

Nah, biar hal ini gak terjadi sama kamu. Ada baiknya melakukan 4 tips work from home bebas dari gangguan.

1. Buat Anak Sibuk

Ini adalah cara terpintar yang bisa orangtua lakukan selama kerja di rumah.

Membuat anak sibuk dengan sesuatu akan mengalihkan kebutuhannya akan orangtua. Jadi mungkin bagi orangtua yang punya anak balita, ada baiknya membelikan dia segudang mainan yang gak bikin dia bosan. Dan untuk anak-anak yang sudah sekolah, bisa mendorong anak untuk fokus sama kerjaan sekolahnya. Toh diliburkan bukan berarti sekolah harus libur kan? Jadi, aturlah jadwal belajar anak mengikuti jadwal belajar di sekolah. Begitu juga dengan jadwal-jadwal lain seperti jadwal bermain, makan dan juga tidur.

2. Buat Batasan

Batasan adalah hal yang orangtua harus sepakati dengan anak. Memang bagi yang punya anak yang masih balita, tips ini akan sedikit sulit diterapkan, tapi bagi anak yang lebih besar pasti akan sangat membantu.

Diskusikanlah dengan anak-anak apa yang bisa dan gak bisa mereka lakukan selama orangtua sedang bekerja. Atau kapan mereka bisa meminta bantuan atau masuk ke ruang kerja.


Baca Juga: Kerja Dari Rumah Bikin Sulit Managemen Waktu Dengan Baik? Ikuti Cara Ini


3. Kerja Sama Dengan Pasangan

Bagi pasangan yang hanya salah satunya bekerja, mungkin masalah anak gak bakal jadi masalah besar waktu work from home. Tapi bagi pasangan yang dua-duanya bekerja, ini perlu dibahas bersama.

Kalau kamu dan pasangan memang kebetulan sama-sama bekerja dari rumah, pastikanlah untuk bekerja sama. Kehadiran pengasuh anak memang akan sangat membantu. Tapi kalau seandainya ternyata gak punya, mau gak mau pasangan harus menentukan waktu bergantian mengurus anak.

4. Kerja Saat Anak Sedang Tidur

Kerja sambil ngurus anak memang bisa jadi tantangan. Semua orangtua pasti dituntun untuk bisa melakukan hal ini. Dan cara satu-satunya untuk bisa tetap fokus kerja di rumah adalah beraktifitas di saat anak sedang tidur.

Tapi kalau ternyata amu gak bisa menyelesaikan kerjaan karena anak gak bisa tidur-tidur juga, terimalah kenyataan kalau kamu mungkin harus bangun beberapa jam sebelum anak bangun.

Walaupun anak bisa jadi sumber penganggu selama work from home, bukan berarti kamu gak bisa fokus kerja karena hal-hal lain loh. Selain anak, kamu juga perlu menjaga motivasi dirimu untuk tetap fokus kerja. Caranya bisa kamu lakukan dengan membuat daftar pekerjaan setiap hari. Selain itu kamu juga bisa terhindar dari gangguan dengan cara mendeteksi kebiasaan apa saja yang membuatmu terganggu, entah itu permainan online atau nonton.

Yuk, kerja tetap produktif dari rumah dengan melakukan langkah-langkah di atas.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami