Lori Mora

Official Writer
312


Sebagai orangtua, gimana kamu bisa membantu anak-anakmu memahami situasi sekarang ini, dimana mereka harus diliburkan dari sekolah, banyak orang yang dinyatakan positif corona dan orang-orang yang sehat secara fisik diminta untuk melakukan social distencing.

Anak-anak pastinya belum bisa memahami betul situasi yang terjadi. Tapi bagaimanapun orangtua perlu menyampaikan inti dari situasi yang terjadi dan apa yang harusnya dia lakukan untuk tidak terjangkit penyakit tersebut.

Ada beberapa langkah yang bisa orangtua lakukan untuk menyampaikan hal ini diantaranya:

1. Ajak anak ngobrol

Anak-anak pasti tahu wabah ini dari percakapan banyak orang dan mulai berpikir kalau semua orang mungkin sedang sakit karena banyak yang mengenakan masker.

Jadi supaya pemahaman anak jelas tentang hal ini, ajaklah anak ngobrol. Lalu ajukan pertanyaan sesuai dengan usia anak. Bagi anak yang sudah beranjak remaja, tanyakanlah apa yang mereka dengar tentang wabah ini. Hal ini mmeberimu kesempatan untuk tahu seberapa banyak yang diketahui anak dan apakah mereka justru mendengar informasi yang salah.

Tanyakan juga apa yang mereka pahami soal wabah saat ini.

2. Sampaikan kebenarannya dengan jujur

Bantulah anak untuk tetap merasa aman. Jangan menawarkan detail lebih dari yang bisa akan cerna. Misalnya, waktu anak bertanya kenapa sekolah harus diliburkan. Jawablah pertanyaan itu sesuai dengan kebenarannya. Tapi kalau ternyata anak gak punya pertanyaan atau kebingungan, gak perlu menjelaskan soal wabah tersebut panjang lebar. Hanya berikanlah pandangan yang sederhana.

Atau cobalah untuk mencari tahu soal wabah ini bersama. Dengan begitu anak bisa tahu faktanya dan anak gak perlu takut soal berita kematian yang setiap hari mereka dengar atau informasi menakutkan lain soal hal ini.

3. Beri ruang bagi anak untuk menyampaikan rasa takut mereka

Wajar kalau anak akan merasa takut. Mereaka bahkan takut kalau wabah itu aan datang dan menyerangkan.

Sebagai orangtua, pastikan anak untuk tidak takut dan meyakinkan mereka kalau mereka sehat dan baik-baik saja.


Baca Juga:

Anak Tinggal Jauh Dari Rumah? Biar Ortu Gak Cemas Yuk Lakukan Ini

Begini Tips Jalani Social Distancing Bareng Anak di Rumah Ala Sandra Dewi & Donna Agnesia


4. Ajarkan anak untuk tetap waspada dan terhindar dari wabah

Seorang psikolog anak dari Child Mind Institute, Jamie Howard menyampaikan bahwa anak akan merasa terdorong saat mereka tahu apa yang harus dilakukan untuk membuat mereka tetap aman. Kita tahu kalau wabah ini  bisa ditransfer dari sentuhan dan juga batuk. Jadi, ajarkanlah anak untuk melakukan beberapa langkah. Seperti tidak menyentuh barang sembarangan, lebih sering mencuci tangan baik setelah keluar rumah, sebelum makan dan setelah bermain. Anak juga perlu diingatkan untuk menghindari kontak fisik dengan orang lain selama musim wabah ini terjadi.

5. Terus awasi anak

Gunakanlah obrolan tentang virus corona ini sebagai cara untuk membantu mereka belajar tentang tubuh mereka. Seperti bagaimana cara kerja sistem kekebalan tubuh melawan penyakit dan jenis makanan apa yang bisa mempertahankan tubuh tetap sehat. Hal ini juga akan menuntun orangtua untuk mendorong anak lebih menyukai makanan sehat.

6. Selalu beritahu anak tentang perkembangannya

Jangan pernah lupa kalau anak juga punya rasa penasaran yang besar soal kondisi yang terjadi. Karena itu beritahukanlah anak tentang perkembangan kondisi terkini.

Yakinkan anak bahwa situasinya akan terus membaik selama semua orang menaati aturan dan menjaga dirinya.

Dengan tahu dengan jelas soal wabah ini, orangtua juga akan terbantu untuk menjawab pertanyaan anak kenapa mereka harus tinggal di rumah dan tidak pergi liburan saja. Dengan itu, anak akan memakai waktu liburan ini untuk tinggal di rumah dan belajar banyak hal.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bestina 123 1 April 2020 - 06:38:40

Apa arti Tuhan mengindahkan Elkana dan Hana

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:45:14

Cara bebas utang kartu kredit

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:44:30

Cara bebas utang

0 Answer


Dans Beem 23 March 2020 - 22:36:34
Dsni saya memohon agar abang saya di doain, untuk ... more..

Nining Bella 23 March 2020 - 01:52:16
shallom saudara seiman,..saat ini keluargaku terli... more..

Edward Harjono 17 March 2020 - 22:54:24
Dukung doa anak saya Evan spy komitment dalam renc... more..

adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Banner Mitra Maret Week 3


7269

Banner Mitra Maret Week 3