Aturan Emas Dalam Kehidupan Orang Kristen
Sumber: pexels.com

Kata Alkitab / 24 March 2020

Kalangan Sendiri

Aturan Emas Dalam Kehidupan Orang Kristen

Claudia Jessica Official Writer
6058

Golden Rules atau Aturan Emas adalah prinsip etis memperlakukan orang lain seperti diri sendiri ingin diperlakukan. Salah satu ajaran Yesus yang paling terkenal dan berpengaruh, Aturan Emas dapat ditemukan dalam Alkitab ayat Matius 7:12 dan Lukas 6:31.

Matius 7: 12 "Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."

Lukas 6: 31 Dan sebagaimana kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah juga demikian kepada mereka.

Baca juga: Saat Panik dan Kekuatiran Melanda? Saat Itu Kita Justru Harus Berdoa

Arti Aturan Emas dalam Alkitab

Golden Rules atau Aturan Emas memang tidak dapat ditemukan secara eksplisit di Perjanjian Lama. Singkatnya, Peraturan Emas mencakup esensi empati moralitas yang diajarkan langsung oleh Yesus. Ini adalah cara sederhana namun kuat untuk mengatakan bahwa kita harus menghormati martabat sesama manusia dan tidak lupa bahwa kita semua memungkinkan untuk melakukan tindakan tidak bermoral.

Yesus mengatakan, "Lakukan kepada orang lain sebagaimana kamu ingin mereka memperlakukanmu." Hal ini mengacu kepada dua hal penting dalam Perjanjian Lama.

Referensi di Matius menyajikan Aturan Emas sebagai rangkuman ajaran-ajaran para nabi. Matius 7: 12 "Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."

Baca juga: Bisakah Aku Berjalan Sendiri Bersama Tuhan Saja?

Kedua, meskipun Aturan Emas membahas hubungan antarpribadi manusia, pesannya juga bersifat teologis. Yaitu, sifat Allah yang membimbing bagaimana kita harus berinteraksi dan berhubungan satu sama lain.

Pentingnya Mengikuti Aturan Emas

Kita harus mengikuti dan menjalankan Aturan Emas karena kebijaksanaan surgawi Allah mengajarkan pengendalian diri, dan kebajikan(N)ya mengajarkan kebaikan. Ayat ini secara tepat disebut Aturan Emas, karena ia merangkum semua prinsip dan menjadi dasar nilai-nilai moral.

Baca juga: Paket Lengkap Inilah yang Bakal Kamu Dapat Saat Memilih Andalkan Tuhan Hadapi Masalahmu

Ketika kita menempatkan diri kita di tempat semestinya, kita cukup bijak untuk tidak membuat keinginan bodoh dan cukup baik untuk tidak membuat orang menjadi jahat. Aturan Emas adalah penekanan penting pada empati dan sebuah tindakan timbal balik yang merupakan bagian dari moralitas.

Contoh Mengamplikasikan Aturan Emas

Aturan Emas telah mengilhami beberapa perkataan hikmat dan deklarasi etis lainnya sejak hal tersebut disampaikan oleh Yesus. Di bawah ini adalah beberapa contoh inspirasi tersebut:

“Tempatkan dirimu pada posisi mereka” - Seruan lain untuk empati dan memahami situasi dan sudut pandang orang lain, frasa ini mengajak kita untuk menggambarkan diri kita sebagai sesama manusia dan mengenali kedaulatan dan emosi masing-masing individu.

"Jangan lakukan kepada orang lain karena kamu tidak diperlakukan seperti itu." - Juga dikenal sebagai Aturan Perak, inversi Aturan Emas ini mengingatkan kita untuk tidak melakukan apa yang tidak ingin kita alami  pada diri kita sendiri. Pada dasarnya ini adalah versi negatif dari Peraturan Emas.

Baca juga: Ketika Dunia Takut dan Kehilangan Harapan, Inilah 10 Hal yang Dapat Kamu Lakukan (Part-1)

Sumber : christianity.com
Halaman :
1

Ikuti Kami