Bisakah Aku Berjalan Sendiri Bersama Tuhan Saja?

Bisakah Aku Berjalan Sendiri Bersama Tuhan Saja?

Claudia Jessica Official Writer
874

Bisakah aku berjalan sendiri dengan Tuhan saja? Apa tidak apa-apa jika aku tidak terlibat dalam komunitas Kristen? Pada intinya adalah konsep berjalan dengan Tuhan; untuk berada dalam hubungan yang aktif dan berkembang dengan Tuhan.

Bisakah aku memiliki hubungan itu dengan Tuhan tanpa berada dalam komunitas orang percaya?

Mengapa Pertanyaan Ini Muncul?

Mengapa orang-orang mengajukan pertanyaan seperti ini? Pertama, karena mereka hidup dalam isolasi dari orang percaya. Ada tempat di dunia ini dimana orang-orang memusuhi iman dalam Kristus. Dalam kasus seperti ini, mereka tidak dapat bergabung dengan orang percaya lainnya.

Alasan kedua, lebih umum. Seseorang telah memiliki pengalaman buruk dengan gereja lokal dan mungkin juga dengan komunitas kecil. Sebagai akibatnya, mereka telah menarik diri dari apa yang mereka sebut sebagai gereja yang terorganisasi.

Baca juga: Ketika Dunia Takut dan Kehilangan Harapan, Inilah 10 Hal yang Dapat Kamu Lakukan

Mereka tidak menolak iman mereka kepada Tuhan, dan masih ingin berjalan bersama-Nya. Tetapi mereka tidak lagi tertarik untuk menjadi bagian dari komunitas orang percaya. Akankah mereka tidak dapat berjalan secara efektif dengan Tuhan?

Komunitas Orang Percaya

Dalam Yohanes 17: 20-21 , kita menemukan Yesus berdoa untuk mereka yang akan percaya karena pesan para rasulnya; itu kita. Dan dalam doa ini, dia berkata, “Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka; supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.”

Doanya adalah agar kita dipersatukan sebagai orang percaya. Bahwa kita mungkin menjadi satu. Dengan cara yang sama dengan kesatuan yang dinikmati dalam Tritunggal.

Banyak hal yang Yesus telah lakukan, terutama penebusan dan rekonsiliasi. Tetapi di antara mereka ada pendirian umat perjanjian baru. Doa dan harapan Yesus bagi umat-Nya adalah agar kita menjadi satu. Dan itu tidak kompatibel dengan berjalan sendiri. Kita harus berjalan bersama. Inilah yang dimaksud dengan komunitas orang percaya.

Apa yang Alkitab Ajarkan?

Salah satu panggilan paling eksplisit dalam Alkitab untuk berada dalam komunitas ditemukan dalam Ibrani 10: 24-25.

Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik. Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.

Bahkan di gereja awal, tampaknya telah menyerah untuk bertemu dengan orang percaya lainnya. Mereka telah meninggalkan komunitas iman. Dan penulis Ibrani mereka yang tetap melanjutkan pertemuan bersama.

Baca juga: Perkatakan 13 Ayat Alkitab Ini Untuk Lawan Rasa Takut di Tengah Penyakit Virus Corona

Mengapa? Untuk saling mendorong. Mereka hidup di zaman dan tempat yang sulit untuk menjadi orang percaya. Sementara bersama, mereka dapat saling mendorong untuk terus setia.

Ketika mereka bersama, mereka dapat memacu satu sama lain menyebarkan kasih dan melakuka perbuatan baik. Mendukung satu sama lain untuk tetap setia. Itu semua tidak akan kita dapatkan jika kita tidak bertemu bersama di komunitas.

Keuntung Komunitas

01. Kita bisa saling memberi semangat.

Kita semua membutuhkan dorongan dari waktu ke waktu. Terutama didorong untuk berjalan dengan setia bersama Tuhan. Dan untuk mengangkat kita ketika kita telah jatuh atau berada di tempat yang rendah.

02. Untuk meminta pertanggungjawaban satu sama lain.

Akuntabilitas bukanlah sesuatu yang biasanya kita hargai. Jelas membantu kita untuk lebih disiplin ketika kita tahu bahwa orang lain akan meminta pertanggungjawaban kita.

03. Ibadah bersama itu penting.

Ibadah bersama, jika itu benar dan berfokus pada Tuhan, itu adalah sesuatu yang tidak bisa kita tiru sendiri. Beribadah dengan orang lain meningkatkan pengalaman ibadah kita sendiri.

04. Berbagi bersama dalam Pelajaran Alkitab

Berbagi dan berdiskusi membantu kita untuk tetap fokus. Bahkan ketika kita membaca ayat yang sama, kita bisa mendapatkan pandangan yang berbeda dengan orang lain berdasarkan pewahyuan yang Tuhan berikan.

05. Tuhan telah memanggil kita untuk menjadi bagian dari tubuh Kristus

Dan Dia telah memperlengkapi kita masing-masing untuk melayani di dalam tubuh. Jika kita bukan bagian dari tubuh, dan melayani dengan tepat, maka kita menyakiti tubuh.

Juga, jika kita bukan bagian dari tubuh, maka kita kehilangan karunia lain yang Tuhan berikan kepada tubuh itu. Kia seperti mata yang tidak memiliki siapa pun untuk melihat, atau menerima dukungan dari anggota tubuh lainnya.

Baca juga: Saat Panik dan Kekuatiran Melanda? Saat Itu Kita Justru Harus Berdoa

Kerugan dari Pergi Sendirian

01. Kami bertindak tidak taat pada instruksi Alkitab untuk bergabung dengan orang percaya lainnya

Dapatkah kita benar-benar berharap untuk berjalan dalam persatuan dengan Tuhan ketika kita tidak bersatu dengan tubuh Kristus?

02. Apa yang terjadi ketika kita jatuh, atau ketika keraguan menghampiriku?

Sebagian dari kita mungkin akan mengalami keraguan iman, tidak hanya sekali. Jika tidak ada orang di sekitar untuk membantu, bahkan secara tidak langsung, dapat menjadi tantangan untuk mengatasinya.

03. Kamu tidak akan pernah mencapai potensi sejatimu sebagai anak Allah yang terpisah dari tubuh Kristus

Kita dipanggil untuk bekerja, tumbuh, dan melayani bersama. Tidak cukup hanya memiliki hubungan pribadi dengan Tuhan

Nilai Komunitas

Bisakah Anda mengikuti Tuhan terpisah dari komunitas orang percaya? Itu mungkin, terutama jika tidak ada orang percaya lain di mana Anda berada. Dan jika itu yang terjadi Tuhan akan menyediakan bagimu dengan cara lain.

Tetapi jika kamu termasuk di antara mereka yang ‘kepahitan’ di gereja, maka saya mendorong kamu untuk berhenti melakukannya sendiri dan lakukanlah bersama. Nilai menjadi bagian dari tubuh Kristus yang hidup dan bertumbuh tidak dapat diukur. Dan sangat penting untuk menjadi orang yang Tuhan inginkan.

Sumber : christianity.com

Ikuti Kami