Lori Mora

Official Writer
385


Di kitab 2 Tawarikh 20 kita bisa baca tentang akhir yang sangat dramatis, dimana Tuhan membuat musuh-musuh bangsa Israel saling memukul. Sementara pasukan perang Israel hanya berdiri menonton bagaimana musuh-musuh mereka saling menyerang. Peperangan itu pada akhirnya berujung pada kehancuran.

"Ketika orang Yehuda tiba di tempat peninjauan di padang gurun, mereka menengok ke tempat laskar itu. Tampaklah semua telah menjadi bangkai berhantaran di tanah, tidak ada yang terluput." (2 Tawarikh 20: 24)

Sadar atau gak, kadang hidup kita juga berada dalam kondisi ini. Kita bisa berada dalam masalah yang tampaknya tidak gak bisa kita atasi atau yang kita rasa sangat berat. Lalu kita mulai menghadapinya dengan sepenuhnya percaya kepada Tuhan untuk berperang atas masalah itu. Lalu kita hanya bisa menyaksikan bagaimana Tuhan memenangkan peperangan itu untuk kita. Tapi harga yang harus dibayar untuk perang itu sendiri sangat jelas. Mungkin kita akan mendapati kehancuran seperti yang dialami oleh musuh-musuh orang Yehuda.

Tapi Tuhan akan selalu menolong kita menemukan berkatNya di tengah kondisi yang hancur itu. Tuhan akan selalu meninggalkan sesuatu yang baik di medan peperangan itu untuk kita. Itulah yang diterima oleh pasukan perang Israel.

"Lalu Yosafat dan orang-orangnya turun untuk menjarah barang-barang mereka. Mereka menemukan banyak ternak, harta milik, pakaian dan barang-barang berharga. Yang mereka rampas itu lebih banyak dari pada yang dapat dibawa. Tiga hari lamanya mereka menjarah barang-barang itu, karena begitu banyaknya." (2 Tawarikh 20: 25)

Pada akhirnya berkat yang didapatkan oleh bangsa Yehuda adalah barang jarahan yang sangat banyak. Bayangkan saking banyaknya barang-barang itu, mereka harus mengumpulkannya selama tiga hari.


Baca Juga:

20 Ayat Alkitab Tentang Cara Melawan dan Menaklukkan Kuasa Si Iblis

Perkatakan 13 Ayat Alkitab Ini Untuk Lawan Rasa Takut di Tengah Penyakit Virus Corona


Kisah ini mengingatkan kita untuk bertindak seperti yang dilakukan oleh Raja Yosafat. Yaitu datang kepada Tuhan dan menyembahnya. Sekalipun saat itu kondisi mereka dalam ancaman, tapi bangsa ini memilih untuk mengijinkan Tuhan memecahkan masalah mereka alih-alih mengandalkan  kekuatan mereka sendiri. Hasilnya pun mengejutkan karena mereka justru mendapatkan berkat yang sama sekali gak pernah mereka bayangkan.

"Pada hari keempat mereka berkumpul di Lembah Pujian. Di sanalah mereka memuji TUHAN, dan itulah sebabnya orang menamakan tempat itu Lembah Pujian hingga sekarang. Lalu pulanglah sekalian orang Yehuda dan Yerusalem dengan Yosafat di depan. Mereka kembali ke Yerusalem dengan sukacita, karena TUHAN telah membuat mereka bersukacita karena kekalahan musuh mereka." (2 Tawarikh 20: 26-27)

Bangsa Yehuda memilih untuk percaya kepada Tuhan untuk memenangkan peperangan mereka. Dan Tuhan sendiri melakukannya untuk mereka dan memberikan mereka berkat kekayaan yang melimpah. Tuhan bukan hanya memberikan kemenangan, tapi juga berkat kekayaan.

Apa kamu mau mengalami hal yang sama seperti bangsa Yehuda? Saat ini kita dan seluruh dunia memang sedang berperang melawan penyakit menular Covid-19. Ketakutan dan kecemasan pun mulai menggeser iman kita. Tapi dengan kisah ini, kita berharap supaya setiap orang percaya kembali mencari Tuhan dan memilih untuk menyerahkan peperangan ini sepenuhnya kepada Tuhan. Tuhan sendiri mau kita menang atas ketakutan dan kecemasan atas pandemik ini. Jadi datanglah kkepadaNya dan angkatlah puji-pujian untuk Dia, sang pasukan perang kita. Percayalah Dia Allah yang setia melindungi dan memberikan kita kemenangan demi kemenangan.

Sumber : Rick Warren | Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bestina 123 1 April 2020 - 06:38:40

Apa arti Tuhan mengindahkan Elkana dan Hana

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:45:14

Cara bebas utang kartu kredit

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:44:30

Cara bebas utang

0 Answer


Dans Beem 23 March 2020 - 22:36:34
Dsni saya memohon agar abang saya di doain, untuk ... more..

Nining Bella 23 March 2020 - 01:52:16
shallom saudara seiman,..saat ini keluargaku terli... more..

Edward Harjono 17 March 2020 - 22:54:24
Dukung doa anak saya Evan spy komitment dalam renc... more..

adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Banner Mitra Maret Week 3


7269

Mitra Banner Maret Week 3