Lori

Official Writer
1260


Gak satupun pernikahan akan kebal dengan yang namanya masalah.

Waktu pernikahan sedang berada di ambang kehancuran, ada banyak pasangan menikah yang mulai merasa bingung dan sendirian. Padahal sebenarnya saat masalah muncul, adalah baik bagi suami istri untuk memperjuangkannya dengan cara yang tepat.

Ada banyak orang-orang yang hadir di pernikahanmu yang bisa membantumu mengatasi masalah itu. Ada enam sumber pertolongan yang bisa kamu andalkan:

1. Teman

Apakah kamu punya teman sejati yang selalu ada sejak kamu belum menikah dan masih terus membangun komunikasi yang intens bahkan setelah kalian menikah? Ya, dialah salah satu tempat dimana kamu bisa membagikan masalah pernikahanmu.

Seorang teman yang sejati pasti akan selalu memberikan penghiburan dan jalan keluar yang rasional. Apalagi jika mereka pun pernah berada di posisi yang sama sepertimu.

Bahkan setelah menjelaskanlah duduk masalahnya, teman sejati akan selalu membela pihak yang benar dan menyalahkan pihak yang salah, termasuk temannya sendiri. Sebagai teman, dia harus melakukannya demi kebaikan pernikahanmu.

"Seorang kawan memukul dengan maksud baik, tetapi seorang lawan mencium secara berlimpah-limpah." (Amsal 27: 6)

Jadi, temukanlah seorang atau beberapa teman sejati yang bisa membantumu untuk memperjuangkan pernikahanmu.

2. Gereja

Ada banyak pasangan Kristen yang mencari nasihat sebelum menikah. Tapi lupa untuk terus belajar setelah menikah.

Dan banyak pasangan menikah yang mulai tidak nyaman membagikan masalah pernikahan mereka setelah menikah.

Tentunya setiap pasangan menikah baik yang hubungannya baik-baik saja atau yang sedang bermasalah butuh arahan dan bimbingan dari seorang pemimpin gereja. Bahkan penting bagi pendeta untuk membuat sesi bimbingan pernikahan bagi setiap pasangan.

Jadi, bicaralah empat mata dengan pendetamu. Libatkan istrinya supaya pandangan yang disampaikan kepada pasangan suami isrtri itu jauh lebih berimbang baik dari sisi sang pendeta dan juga istrinya.

3. Orangtua

Walaupun di satu sisi ini semacam bumerang. Tapi saat hubunganmu dengan pasangan sedang kurang baik, ada baiknya membagikan masalahmu kepada orangtua. Yang penting catatannya adalah jangan membocorkan semua masalahmu.

Selama membagikan masalahmu, mintalah orangtua untuk membagikan masalah pernikahan yang pernah mereka lewati. Apa yang mereka perjuangkan dari pasangan mereka? Bagaimana mereka menangani masalah yang mereka hadapi? Apa yang mereka harapkan?

Dengan mendengar pengalaman orangtua, kamu bisa belajar tentang mengampuni pasanganmu dan memperjuangkan pernikahanmu.

“Dengarkanlah nasihat dan terimalah didikan, supaya engkau menjadi bijak di masa depan.” (Amsal 19: 20)


Baca Juga:

5 Tipe Teman Ini Ternyata Penting Setelah Menikah, Salah Satunya Jadi Tempat Curhat Loh!

Apakah Suamimu Tipe Orang yang Suka Ingkar Janji? Sudahi Marahmu dan Coba Atasi Dengan Ini


4. Mentor

Gak peduli apapun yang kamu perjuangkan dalam pernikahanmu, akan ada pasangan lain yang juga pernah melewati kondisi yang sama.

Jangan pernah berjuang sendiri. Kamu perlu menemukan sepasang suami istri yang bisa jadi mentor pernikahanmu. Belajarlah dari mereka dan temukan cara untuk menyelesaikan masalahmu dari apa yang mereka coba bagikan padamu.

5. Konselor

Di masa sekarang ini ada, jasa konseling tersedia dimana-mana. Apalagi dengan semakin tingginya tingkat perceraian, semakin banyak pula pasangan butuh jasa konseling untuk mengatasi masalah rumah tangganya.

Dengan mendapatkan jasa konseling ini, ada sama pasangan bermasalah yang berhasil menyelamatkan pernikahannya tapi ada juga yang malah gak dapat solusi apa-apa. Tapi bagaimanapun hasilnya, pastikanlah untuk mendapatkan bantuan dari konselor pernikahan yang tepat.

“Jalan orang bodoh lurus dalam anggapannya sendiri, tetapi siapa mendengarkan nasihat, ia bijak.” (Amsal 12: 15)

6. Tuhan

Sebagai orang percaya, kita tahu bahwa satu-satunya sumber solusi atas semua masalah kita adalah Tuhan.

Bagaimana cara meminta bantuan dari Tuhan? Ya dengan berdoa. Doa adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan pertolongan dari Tuhan. Saat kamu merasa semua pintu rasanya tertutup, tetaplah berharap kepada Tuhan. Sekalipun itu soal masalah pasangan yang cukup berat, Tuhan sanggup menolongmu asal kamu memintanya.

“Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.” (Yakobus 5: 16)

 

Bagi orang Kristen, pernikahan hanya terjadi sekali seumur hidup. Gak ada perpisahan yang bisa terjadi selain daripada maut. Karena itu, sekalipun pasanganmu tampaknya gak akan berubah tetaplah berharap kepada Tuhan di dalam doa dan imanmu.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7241

Banner Mitra Juli 1-2