Claudia Jessica

Official Writer
2874


“Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.” Ibrani 10:25 (TB)

“Saya tidak pergi ke gereja lagi. Mereka semua orang munafik!” Tara berkata kepada Pastor Tim. Lebih dari satu kali Pendeta Tim mendengar komentar semacam ini. Dia akan menjadi yang pertama setuju bahwa gereja terdiri dari orang-orang yang tidak sempurna, termasuk dirinya.

Tetapi setiap kali Pendeta Tim mendengar komentar seperti itu, hatinya akan hancur karena dia tahu nilai luar biasa dari melakukan hidup bersama dengan tubuh Kristus.

Pastor Tim sudah lama belajar bagaimana Setan menggunakan orang dan keadaan untuk mengecewakan orang Kristen untuk menarik mereka menjauh dari orang-orang yang Tuhan gunakan untuk memberkati, melatih, dan mendorong mereka di gereja.

Tetapi mengenali skema musuh tidak meringankan kesedihan hatinya (atau pendeta) bagi bangsanya.

Baca juga: 9 Cara yang Bisa Dilakukan Gereja Waktu Orang Kristen Baru Pertama Kali Datang Ibadah

Mungkin kamu tidak memiliki masalah dengan siapa pun di gereja dan sibuk melakukan hal lain selama akhir pekan. Pergi berlibur bersama keluarga, memperbaiki barang di sekitar rumah adalah hal baik.

Namun, jika hal-hal tersebut secara rutin membuatmu jauh dari pertemuan ibadah maka sebaiknya kamu menyadari bahwa kamu lebih memilih aktivitas ‘penahanan’ dari pada mendengarkan Firman Tuhan.

Pergi ke Gereja bukanlah sebuah rutinitas, bukan juga tentang  berkumpul bersama dengan umat-Nya, bukan pula untuk menghilangkan penat semata tetapi gereja merupakan sebuah tubuh yang hidup dimana Tuhan ingin kamu menjadi bagian untuk kebaikan dan kemulian-Nya.

Ayo kita lihat 10 alasan mengapa kamu harus tetap pergi ke gereja sekalipun kamu tidak menginginkannya.

1.      Untuk Mendengar Pemberitaan Firman

Jika firman Tuhan lebih cepat, kuat, dan lebih tajam dari pada pedang (Ibrani 4:12), maka mendengarkan khotbah Alkitab sangat penting untuk kesejahteraan rohani kita.

Sebagian orang merasa cukup dengan mendengar atau menonton khotbah melaui tayangan tv atau bahkan layar ponselnya. Entah itu video yang telah diunggah di youtube atau mungkin juga gereja streaming.

Tapi tanpa hidup dalam persekutuan yang erat dengan orang-orang nyata, orang tidak pernah benar-benar dapat merasakan bantuan dan harapan Kristus menawarkan pengantin perempuan-Nya melalui keterlibatan yang setia di gereja lokal.

Baca juga: Ini Manfaat Kamu Perlu Pindah-pindah Tempat Duduk Tiap Ibadah Minggu di Gereja. Coba Deh!

2.      Untuk Berpartisipasi dalam Ibadah Perusahaan

Menyembah hanya Tuhan itu luar biasa, tetapi tidak ada yang bisa menggantikan keindahan dari berkumpul bersama untuk menyembah Dia dengan orang lain yang juga memiliki Roh-Nya di dalam mereka melalui karya keselamatan keselamatan yang menebus.

Yesus berkata bahwa mereka yang menyembah harus menyembah dalam Roh dan Kebenaran (Yohanes 4:24). Untuk benar-benar menyembah Tuhan dengan cara yang Dia minta membutuhkan beberapa pencarian jiwa.

Sadarilah bahwa menyembah Allah datang sebagai respons atas rasa terima kasih kita yang rendah hati atas kasih-Nya bagi kita.

3.      Karena Besi Mempertajam Besi

Itulah yang Amsal 27:17 katakan. Bertemu secara teratur dengan orang percaya lainnya adalah sumber dorongan dan kekuatan. Tapi ketahuilah ini: ketika besi bergesekan dengan besi, tidak hanya itu menjadi lebih tajam, itu juga menyebabkan percikan api! Itu hanya bagian dari proses.

Yesus berkata, "Dari kelimpahan hati, mulut berbicara" (Matius 12:34). Ketika kamu hidup dalam komunitas dengan orang Kristen lain, kamu akan terbentur. Dan apa yang keluar dari dirimu adalah apa yang ada di hatimu.

Tuhan menggunakan interaksi kita dengan orang lain untuk menunjukkan kepada kita area yang Dia inginkan agar kita bertobat dan berbalik untuk lebih mencerminkan citra Putra-Nya.

4.      Untuk Melatih Hadiahmu

Tuhan memperlengkapi anak-anak-Nya dengan karunia untuk melayani Kristus. (Lihat 1 Korintus 12 dan Roma 12:6). Ketika tubuh gereja sehat, para anggotanya menyadari bahwa mereka adalah bagian dari jemaat tidak hanya untuk menerima tetapi juga untuk menjadi berkat.

Banyak yang melihat pekerjaan terjadi di gereja dan berpikir, mereka benar-benar tidak membutuhkanku. Jangan tertipu.

Pelayanan yang berjalan dengan baik mungkin tampaknya memiliki semuanya. Tetapi jika kamu melihat lebih dekat, kamu akan menemukan banyak orang yang melakukan lebih banyak pekerjaan, dan mereka membutuhkanmu.

Baca juga: Ibadah Dengan VR & Lakukan Babtisan Virtual, Gereja Dekade Baru Dengan Teknologi Canggih

5.      Untuk Mendorong Pendetamu

Hati gembala dari Rasul Paulus datang ketika dia berkata, “Aku mengucap syukur kepada Allahku setiap kali aku mengingat kamu. Dan setiap kali aku berdoa untuk kamu semua, aku selalu berdoa dengan sukacita. Aku mengucap syukur kepada Allahku karena persekutuanmu dalam Berita Injil mulai dari hari pertama sampai sekarang ini. Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus. Memang sudahlah sepatutnya aku berpikir demikian akan kamu semua, sebab kamu ada di dalam hatiku, oleh karena kamu semua turut mendapat bagian dalam kasih karunia yang diberikan kepadaku, baik pada waktu aku dipenjarakan, maupun pada waktu aku membela dan meneguhkan Berita Injil." (lihat Filipi 1: 3-7).

Tidak bisakah kamu mendengar kasih sayang Paulus kepada orang-orang yang berharga ini yang bermitra dengannya dalam menyebarkan Injil kasih karunia yang mulia?

Dengan cara yang sama, ketika kamu menjadi mitra dalam pelayanan dengan pendetamu, kamu membawa sukacita ke dalam hatinya, menumbuhkan cintanya kepadamu, dan membuat dia bersyukur kepada Tuhan untuk pelayanan setiamu kepada Kristus. 

Itulah 5 alasan mengapa kamu harus tetap pergi ke gereja walaupun hati berkata tidak dan kita akan bahas 5 alasan lainnya di artikel selanjutnya ya!

Baca bagian 2: 10 Alasan Mengapa Kamu Harus Tetap Pergi ke Gereja Walaupun Hati Berkata Tidak (Part 2)

Sumber : crosswalk.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Kateryna 10 August 2020 - 18:36:52

Kalo pdt. Danny Krishna Soepangat (GBI TENDEAN Jak.. more..

0 Answer

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Kanan Agustus


7233

advertise with us