Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
415


Sebagai gereja Tuhan, apa sih yang pertama kali dilakukan waktu kedatangan jemaat yang mengaku dirinya baru jadi orang Kristen?

Mungkin dengan menyambut sembari memasang muka bahagia? Langsung mengajaknya ngobrol dan mencari tahu lebih banyak soal dia? Atau hanya sekadar menyapa di depan pintu dan membiarkan dia.

Kamu menjelaskan tentang injil di depan mimbar, memanggil orang-orang untuk mengambil komitmen dengan menerima Yesus, memimpin mereka dalam doa dan meminta untuk mengangkat tangan mereka.

Lalu akhirnya mereka menerima Yesus sebagai Juruslamat.

Menyaksikan gereja banyak menobatkan banyak orang kepada Kristus memang cukup membanggakan. Karena tujuan dari sebuah gereja adalah untuk membawa orang-orang yang terhilang kepada Tuhan.

Tapi hanya menyaksikan mereka berkomitmen di depan Tuhan saja gak cukup. Karena mudah sekali bagi Kristen baru untuk meninggalkan gereja dan kembali ke kehidupan lamanya.

Karena itu penting bagi sebuah gereja untuk bisa memperlakukan orang Kristen baru sesuai dengan kebutuhannya.

Ada 3 hal penting yang harus dilakukan kepada orang Kristen baru.

Pertama, ajar mereka tentang langkah-langkah dan praktek nyata yang bisa membawa mereka bertumbuh dalam hubungan yang semakin kuat bersama Yesus.

Kedua, bantu mereka terkoneksi dengan orang-orang di dalam gereja.

Ketiga bantu mereka untuk belajar mencintai Alkitab.

Tiga hal penting di atas bisa dilakukan dengan 9 tindakan nyata, yaitu:

1. Menghampiri Mereka

Orang-orang Kristen baru punya kebutuhan untuk diperhatikan lebih. Bahkan sebagai seseorang yang punya pengaruh di gereja, mereka harus memandangmu sebagai teladan yang patut ditiru.

Karena itulah diperlukan follow-up yang terus menerus kepada orang-orang Kristen baru, mengembangkan cara terbaik dalam memfollow-up orang Kristen baru serta bila perlu memberikan pelatihan tentang bagaimana memuridkan orang Kristen baru tersebut.

2. Ajak Makan

Hal terbaik untuk mengenal seseorang lebih lagi adalah dengan mengajaknya makan bersama. Orang-orang akan lebih terikat ketika mereka menghabiskan waktu-waktu luang bersama dengan ngobrol dengan nongkrong atau makan bersama.

Jadi, undanglah orang-orang Kristen baru ini untuk janji makan siang atau malam di minggu pertama. Pakailah waktu-waktu ini untuk mendengar tentang cerita hidup mereka. Tanyakan pertanyaan dan dengarkan mereka dengan penuh perhatian.

Setelah itu, mulailah membangun hubungan perlahan-lahan dengan lebih banyak melibatkan mereka dalam kelompok atau aktivitas gereja.

3. Gali lebih dalam tentang pandangan mereka soal Yesus

Hal ini membantu untuk menggali lebih dalam apakah orang Kristen baru ini sudah benar-benar tahu tentang konsep keselamatan di dalam Yesus atau tidak.

Ini mungkin akan jadi PR yang butuh proses. Karena itu dibutuhkan kesabaran dan pengorbanan untuk membawa mereka semakin bertumbuh di dalam Kristus.

4. Ajarkan tentang Alkitab

Mulailah memperkenalkan mereka tentang Alkitab. Cari tahu apakah mereka tahu soal Alkitab atau tidak. Jika tidak, jelaskanlah tentang apa itu Alkitab dan pesan penting di dalamnya.

5. Dorong mereka untuk gabung dengan kelompok kecil

Mungkin dia datang karena seseorang membawanya ke gereja. Tapi pandanglah hal itu sebagai kesempatan untuk melihat satu jiwa akan dimenangkan bagi Tuhan. Dengan bergabung dalam kelompok kecil, orang Kristen baru ini bisa bertumbuh lebih baik dalam pemuridan.

Baca Juga:

Kita Bisa Alami Mujizat Ketika Kita Jadi Mujizat Bagi Orang Lain

Sulit Alami Terobosan Iman, Bisa Jadi Kamu Termasuk 7 Tipe Kristen Ini

6. Bantu mereka untuk menemukan tempat dimana mereka bisa merasa nyaman

Kalau ternyata kamu kurang bisa memenuhi kebutuhannya, carilah pemimpin lain yang lebih berkompeten. Tapi pastikan juga kalau dia akan merasa nyaman dengan seseorang yang kamu kenalkan.

7. Pastikan dia terlibat aktif di dalam kelompok kecil

Hal ini sangat penting mengingat bahwa orang Kristen hanya akan bisa bertumbuh ketika mereka terlibat dalam komunitas. Karena itu penting untuk memastikan orang Kristen baru yang sedang kamu bimbing ikut terlibat aktif dalam kelompok kecil.

8. Sampaikanlah tentang praktik baptisan

Ada banyak orang Kristen baru yang akan mulai merasa ragu setelah mendengar kata ‘baptisan’. Tapi gak perlu kuatir, dalam menangani orang Kristen baru kita hanya perlu mengamati pertumbuhan imannya lebih dulu. Pastikan bahwa kamu hanya akan menyampaikan tentang hal ini setelah dia punya pandangan yang benar soal injil.

9. Doronglah orang Kristen baru untuk mengundang teman atau keluarganya ke gereja

Sampaikanlah perlahan-lahan kepada mereka kalau mereka juga bisa mengajak teman atau keluarga mereka untuk datang ke gereja.

Tapi hal ini bisa kamu lakukan setelah memastikan mereka sudah nyaman dengan gereja dan orang-orang di dalamnya.

Dengan cara-cara inilah kita bisa menjangkau lebih banyak lagi orang untuk dimuridkan di dalam Yesus. Jadi, jangan pernah menyia-nyiakan satu jiwa yang dibawa di dalam gereja. Karena bagi Tuhan mereka berharga dan punya hak yang sama untuk mengalami pertumbuhan sama seperti yang lain.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Wiadnyana Legawa 20 September 2019 - 06:51:50

Tuhan penolongku

0 Answer

Nur Ramadhani 18 September 2019 - 19:28:33

Tuliskan apa saja yg ada didalam diri anda?

0 Answer

Wang barry 18 September 2019 - 18:09:25

Bagaimana ketika kita menyerahkan persoalan kepada.. more..

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 3


7275

Banner Mitra September week 3