Ketika Dalam Situasi Terjepit, Percayalah Pada Allah

Ketika Dalam Situasi Terjepit, Percayalah Pada Allah

Puji Astuti Official Writer
      1295

Yesaya 31:1

Celakalah orang-orang yang pergi ke Mesir minta pertolongan, yang mengandalkan kuda-kuda, yang percaya kepada keretanya yang begitu banyak, dan kepada pasukan berkuda yang begitu besar jumlahnya, tetapi tidak memandang kepada Yang Mahakudus, Allah Israel, dan tidak mencari TUHAN.

Bacaan Alkitab Setahun  Mazmur 51; Kisah Para Rasul 23; Imamat 12-13

Apakah kamu pernah berada dalam keadaan yang sulit dan tak mampu melakukan apapun? Ada banyak kata untuk menggambarkan keadaan ini, seperti "dalam situasi terjepit" atau “sedang menghadapi jalan buntu.”

Tidak seorangpun merasa senang atau nyaman saat dalam keadaan terjepit, atau terdesak. Maju kena, mundurpun kena, demikian istilahnya. Lalu apa respon kita pada saat seperti ini? Apa solusinya?

Mungkin kamu akan menjawab, “aku membutuhkan mukjizat!”  Ya, satu-satunya jawaban untuk masalah di mana kita tidak sanggup melakukan apapun lagi adalah pertolongan Allah.

Kita akan berseru, berdoa dan bahkan berpuasa mengharapkan pertolongan dari Tuhan Semesta Alam. “Tuhan, tolonglah aku..” mungkin  itu menjadi jeritan kita saat itu.

Disaat terdesak, ditengah-tengah ketidakpastian dimana kamu berpegang pada sebuah harapan yang sangat tipis itu, tiba-tiba Tuhan berkata kepadamu, “Aku akan menolongmu, lepaskanlah peganganmu.”

Apa yang kamu akan lakukan? Mungkin responmu akan sama seperti saya yang akan berteriak, “Adakah orang lain disana yang bisa menolong saya?”

Saat kita diminta untuk berserah sepenuhnya kepada Allah, itu adalah hal yang sulit. Hal tersebut seperti melepaskan pegangan kita satu-satunya saat kita sedang tergantung di atas jurang. Namun kita tidak menyadari bahwa tangan Tuhan yang kuat sebenarnya sudah siap untuk menangkap kita dan menyelamatkan kita.

Kita hanya kurang percaya kepada-Nya, sehingga seringkali kita lebih mengandalkan kekuatan kita sendiri dan juga orang lain.

Namun firman Tuhan berkata dalam Yeremia 17:5, Beginilah firman TUHAN: "Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN!”

Sebaliknya, dalam ayat 7-8 dituliskan, “Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!

Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah.”

Jadi, jika kamu hari ini sedang  berada di situasi yang sulit atau jalan buntu, datanglah pada Tuhan. Dia siap menolongmu, dan Dia tidak akan pernah mengecewakanmu. Percayalah pada Tuhan, meski kadang jawaban yang Dia berikan tidak seperti yang kamu harapkan, karena  Dia adalah Bapamu yang selalu memberikan hal terbaik bagimu. 

Ikuti Kami