Puji Astuti

Official Writer
653


Natal Bersama keluarga itu penting, terlebih jika sudah memiliki buah hati, momen ini akan membekas dalam hidup mereka hingga dewasa jika meninggalkan kenangan indah. Sebaliknya pun demikian, jika hal itu menjadi kenangan buruk, Natal menjadi momen tak berarti buat mereka nanti.

Untuk itu sebagai keluarga, pastikan kalian sebagai suami dan isteri memiliki kesepakatan bersama untuk merayakan Natal ini penuh makna. Salah satunya adalah dengan membuat tradisi yang mendorong keterlibatan keluarga dan memperkuat hubungan satu sama lain.

Bagaimana caranya? Yuk coba beberapa hal ini :

1# Menghias rumah dan pohon Natal Bersama

Natal tidak lengkap tanpa pernak-pernik hiasan Natal. Jadi, kamu dan keluarga bisa membahas bersama tema hiasan Natal tahun ini bersama. Hiasan Natal tidak selalu harus beli loh, kalian bisa membuatnya sendiri.

Sebagai contoh, pohon cemara bisa diganti dengan membuat pohon dari botol air mineral atau bahkan menggunakan ranting-ranting kering. Membuat hiasan untuk pohon Natal-Nya kalian bisa memotong kertas bekas atau kertas warna-warni menjadi bentuk bintang, hewan, dll.

Dengan menuangkan kreativitas bersama, kalian sekeluarga akan merasakan sebuah kebanggan yang berbeda ketika melihat hasil karya kalian.

2# Malam Natal sambil memandangi bintang dan cerita tentang  Orang Majus

Menikmati Natal di ruang terbuka, dengan kamping bersama keluarga bisa menjadi pilihan yang berbeda di tahun ini. Bayangkan menikmati malam berbintang di depan api ungun bersama suami dan anak-anak. Sambil memandangi bintang, kamu bisa menceritakan kisah perjalanan Orang Majus yang mencari keberadaan Bayi Yesus, Sang Mesias.

Sebelumnya kamu perlu mencari fakta-fakta menarik tentang Orang Majus dan tentang perbintangan, serta bagaimana Tuhan bisa memakai alam semesta ini untuk menunjukkan kemuliaan-Nya.

Baca juga: 

7 Tradisi Natal Bermakna Bagi Suami-Istri (1/2)

7 Tradisi Natal Bermakna Bagi Suami-Istri (2/2)

3# Bersama jadi berkat untuk sesama

Sebagai orang Kristen, kita percaya bahwa lebih baik memberi daripada menerima. Nah, biar nilai-nilai ini mendarah daging dalam keluarga, buatlah tradisi untuk menjadi berkat bagi sesama setiap hari Natal.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan seperti, mengunjungi panti asuhan, ke panti jompo, memberikan makanan gratis untuk anak jalanan di rumah singgah, atau menjadi sukarelawan di lembaga sosial di kotamu.

Sebelumnya, kalian sekeluarga bisa mempersiapkan hadiah atau menabung bersama untuk dijadikan sumbangan. Hal ini akan mengajarkan makna Natal yang sesungguhnya kepada anak-anakmu, yaitu memberi dan berkorban untuk orang lain.

4# Mengunjungi keluarga dekat

Mengunjungi saudara dan sahabat di hari Natal menjadi hal yang berkesan dalam hidup saya pribadi, hal itu mengingatkan kasih dan kehangatan sebuah keluarga besar. Untuk anak-anakmu, mereka menjadi mengenal siapa saja om dan tantenya, juga para sepupu atau bahkan keponakan mereka.

Hubungan erat antar keluarga akan terjalin dengan silaturahmi seperti ini, disana kalian bisa mengingat kembali kenangan manis sewaktu kecil dan membuat generasi di bawah kalian bisa mendengar hal-hal lucu atau mengharukan yang diceritakan oleh kakek dan nenek atau om dan tante mereka.

Saat-saat berkumpul bersama keluarga juga menjadi kesempatan istimewa untuk menjadi berkat bagi mereka. Bukalah telinga dan hatimu, mungkin ada yang sedang mengalami pergumulan, kesulitan dan bahkan ada yang belum mengenal Tuhan Yesus Kristus. Ini adalah waktu yang tepat untuk memberkati mereka dan berdoa untuk mukjizat Tuhan terjadi atas hidup mereka.

5# Ibadah bersama di malam Natal atau pagi harinya

Biasanya pada tanggal 24 malam dan 25 pagi, gereja mengadakan ibadah Natal khusus. Ajak seluruh keluargamu untuk mengkhususkan hari-hari tersebut untuk menikmati syahdunya ibadah Natal bersama.

Setelah ibadah, kalian bisa makan bersama dan sharing satu sama lain tentang apa yang kalian dapatkan melalui Firman Tuhan yang kalian dengar. Dengan cara ini, kalian mengajarkan pada anak-anak bahwa tetap Firman Tuhan adalah yang utama dalam hidup kalian, bahkan ditengah hingar-bingar perayaaan Natal.

Nah, itulah saran untuk membuat momen Natal di keluarga kecilmu menjadi istimewa. Pastikan kalian sebagai suami isteri membuat kesepakatan tentang  apa yang kalian mau lakukan, dan lakukannya dengan penuh sukacita, sehingga kasih Tuhan benar-benar terpancar dalam hidup kalian. Selamat hari Natal.

Baca juga:

Rayakan Natal Dengan Cara Berbeda, Berikut 9 Tradisi Natal Unik di Indonesia (Part 1)

Rayakan Natal Dengan Cara Berbeda, Berikut 9 Tradisi Natal Unik di Indonesia (Part 2)

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Kateryna 10 August 2020 - 18:36:52

Kalo pdt. Danny Krishna Soepangat (GBI TENDEAN Jak.. more..

0 Answer

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Kanan Agustus


7236

advertise with us