Lori Mora

Official Writer
1903


Di artikel sebelumnya ada beberapa tradisi Natal unik di Indonesia, diantaranya ada Rabo-Rabo di Jakarta, Marbinda di Sumatera Utara, Bakar Batu di Papua dan yang lainnya. Nah, ternyata tradisi Natal yang nggak kalah unik juga dilakuin umat Kristen di daerah ini loh.

6. LOVELY DESEMBER, TORAJA

Lovely Desember sudah jadi acara tahunan yang digelar masyarakat Toraja, Sulawesi Selatan untuk menyambut Natal. Tahun ini saja, Toraja Utara sebagai tuan rumah Lovely Desember bakal menggelar 7 festival diantaranya, festival Kopi dan kontes kerbau, lomba paduan suara dan menghias pohon Natal, festival kuliner tradisional, karnaval dan malam budaya Toraja, perayaan puncak Natal Oikumene, show paralayang dan Toraja Ultra Scenic, festival kembang api dan juga pameran industri kreatif. Rangkaian acara ini digelar sepanjang bulan Desember sampai awal Tahun Baru 2018. Penasaran ya gimana kemeriahan Natal di Toraja.

7. MERIAM BAMBU, FLORES

Perayaan Natal juga tampak beda di tanah Flores. Di sini, Natal jadi meriah dengan suara-suara meriam bambu yang dimainkan anak-anak sekampung. Jadi, meriam ini bakal menghiasi perayaan malam Natal yang bakal bersahut-sahutan dengan bunyi-bunyian lonceng gereja yang serentak di malam 24 Desember.

8. PERTUNJUKAN WAYANG, YOGYAKARTA

Perayaan Natal Jawa terbilang hampir mirip dengan yang di Bali, dimana umat Kristen bakal mengenakan pakaian tradisional Jawa seperti beskap, blangkon, atau kebaya. Keunikan Natal Jawa Ini juga nggak cuma terletak di nuansa kostumnya, tapi juga isi juga dengan pameran wayang tradisional yang disebut Wayang Wahyu yang menceritakan soal kisah-kisah Alkitab. Suasana tradisional inilah yang membuat Natal di Yogyakarta tampak unik.

9. SIRINE MALAM NATAL, AMBON

Nggak kalah ama kota lainnya, masyarakat Kristen Ambon juga punya tradisi unik Natal. Biasanya, malam Natal di Ambon bakal dimeriahkan dengan sirine dan lonceng gereja yang dibunyikan serentak tepat di malam Natal.

Kalau Natal 2016 lalu, kota Ambon dimeriahkan dengan pesta kembang api. Beragam kembang api dinyalakan beserta petasan sehingga menarik banyak orang untuk turut menikmati sukacita Natal. 

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Banner Mitra Mei 2


7254

Banner Mitra April Week 3