Moms, Jangan Coba-coba Lakukan 6 Hal Ini Selama Hamil Ya!

Moms, Jangan Coba-coba Lakukan 6 Hal Ini Selama Hamil Ya!

Lori Official Writer
1090

Selain dilarang memakai narkoba dan minum alkohol, ibu hamil juga perlu memperhatikan beberapa kebiasaan lain selama masa kehamilan. Hal ini berguna untuk memastikan perkembangan janin di dalam kandungan tetap baik dan sehat.

Berikut 6 hal yang dianjurkan untuk tidak dilakukan ibu selama masa kehamilan.

1. Hindari Seafood dan produk susu

Hindarilah daging mentah yang bisa mengandung bakteri dan makanan seafood seperti kerang-kerangan dan ikan laut yang sudah terkontaminasi dengan merkuri. Selain itu, jangan memakan telur dalam kondisi mentah, makanan yang diasapi dan produk susu yang tidak dipasteurisasi.

Alih-alih memakan makanan di atas, lebih baik memperbanyak komsumsi protein tanpa lemak, lemak sehat, buah-buahan, sayuran dan air mineral. Janin membutuhkan makanan sehat untuk memastikan perkembangannya sempurna.

2. Hindari Minum Kafein Terlalu Banyak

Kafein bersifat diuretik dan stimulan. Meminum kafein berlebihan setiap hari bisa meningkatkan tekanan darah, detak jantung dan menyebabkan dehidrasi.

Walaupun kafein mungkin gak mempengaruhi tubuh, tapi minuman dengan kandungan ini bisa mempengaruhi kesehatan bayi.

Sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi lebih dari 150 samapi 300 mg kafein per hari. Ingat kafein gak hanya ditemukan di dalam teh dan kopi tapi juga di dalam cokelat, soda dan beberapa obat-obatan.

3. Jangan Minum Obat Tanpa Anjuran Dokter

Beberapa jenis obat bisa sangat berbahaya bagi janin dalam kandungan. Karena itu, pastikan untuk konsultasi lebih dulu dengan dokter sebelum meminum obat atau suplemen tertentu selama hamil.


Baca Juga:

Rut Felicia, Akhirnya Bisa Hamil Setelah Divonis Mandul 7 Dokter

Menurut Studi, Inilah Waktu yang Tepat Buat Hamil Lagi Setelah Alami Keguguran


4. Hindari Berendam di Bak Mandi Air Panas atau Menikmati Sauna

Bersantai di bak mandi air panas memang terdengar asyik dan menyenangkan. Tapi ibu harus tahu kalau peningkatan suhu tubuh bisa menyebabkan cacat pada janin di masa trimester pertamanya.

Karena itu, sangat dianjurkan untuk menghindari air panas dan sauna selama kehamilan.

5. Jangan Berdiri Atau Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama bisa menyebabkan masalah pergelangan kaki dan pembuluh darah membengkak.

Jadi, usahakan untuk berdiri atau berjalan sejenak untuk mengurangi efek samping yang tidak diinginkan. Duduklah dan taruh kakimu di atas bangku jika kamu mulai merasa terlalu lelah.

6. Jangan Percaya Dengan Semua yang Kamu Baca

Internet adalah sumber segudang informasi. Bahkan banyak ibu hamil yang mulai mencari referensi tentang cara menjalani proses kehamilan dari beragam tips yang ditulis berbagai media di internet.

Walaupun sebagian diantaranya mungkin benar, tapi belum tentu sumber berita yang kamu baca sepenuhnya benar. Pastikan kalau kamu mendapatkan informasi yang akurat dan terpercaya. Dan jika merasa ragu, tanyakan secara langsung kepada dokter kandunganmu. Intinya, jangan mudah percaya dengan informasi yang kamu baca atau dengar dari orang lain ya.

Pastikanlah untuk mengikuti anjuran di atas. Karena dengan kebiasaan hidup yang sehatlah janin akan berkembang sempurna dan lahir tanpa gangguan apapun.

Baca juga :

Mulyati Salim: Baru Dua Bulan Hamil, Aku Malah Divonis Akan Mati

Siklus Haid Pendek, Ternyata Lebih Mudah Hamil

Sumber : Timesofindia.com | Jawaban.com

Ikuti Kami