Siklus Haid Pendek, Ternyata Lebih Mudah Hamil
Sumber: masasubursetelahhaid.com

Marriage / 3 December 2014

Kalangan Sendiri

Siklus Haid Pendek, Ternyata Lebih Mudah Hamil

Tiurma Ida Purba Official Writer
274680

Banyak isu – isu tentang haid seorang wanita yang salah. Ada yang mengatakan bahwa siklus haid panjang lebih subur dibanding siklus haid pendek. Ternyata, seorang wanita mengalami haid dalam waktu yang berbeda-beda. Ada yang sebentar ada, ada juga jangka waktu yang lama. Biasanya 3-15 hari.

Direktur Utama PT Artha Karunia Mulya ( Akram), dr. Djaya Kurnia mengatakan bahwa,” Hanya saja wanita yang siklus haidnya lebih pendek cenderung lebih subur dibanding wanita yang siklus haidnya lebih panjang”. Hal ini dapat terjadi akibat masa tidak suburnya lebih sedikit dibanding masa subur. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kesempatan wanita yang siklus haidnya lebih pendek akan lebih mudah hamil.

Bila anda membuat program hamil dengan pasangan anda, maka anda harus benar-benar memperhatikan masa subur anda. “Jadi kalau siklus haidnya 24 hari, maka hari ke – 12 dia sudah mengalami pelepasan sel telur. Nah, sperma sendiri bisa bertahan di sel telur antara 1-2 hari. Sel telur pun dapat bertahan 1-3 hari. Jadi dia punya masa subur 5 hari, “ tambah dr. Djaya Kurnia.

Baca juga :

Teruntuk Perempuan Yang Sulit Hamil, Bersabarlah Sedikit Sambil Berharap Pada Tuhan!

Rut Felicia, Akhirnya Bisa Hamil Setelah Divonis Mandul 7 Dokter

Contohnya saja, seorang wanita haid di tanggal 1, dan dia akan mengalami haid lagi pada tanggal 24. Untuk pelepasan sel telurnya terjadi pada tanggal 10. Kemungkinan untuk masa haid dengan siklus pendek akan lebih singkat 5 hari.  Hal ini mengakibatkan wanita tersebut memasuki masa tidak subur karena haid, sekitar 1-5 hari. Pelepasan sel telur akan terjadi pada tanggal 10 dan sperma biasanya bisa bertahan 2 hari. Tanggal 8 adalah masa subur bagi wanita tersebut. Jadi dapat disimpulkan masa suburnya tanggal 8-15 dan masa tidak suburnya tanggal 15-24. 

Kalau wanita memiliki siklus haid 32 hari maka masa tidak suburnya akan lebih panjang dibanding masa subur. “ Kalau dalam masa subur ada sperma masuk dan bertahan di dalam, berarti ada kemungkinan hamil”, ungkap dr Djaya Kurnia.

Pada kenyataannya, siklus haid wanita berbeda-beda. Hal ini disebabkan karena fisiologis tubuh setiap wanita berbeda-beda. Dokter Djaya Kurnia juga menjelaskan bahwa “Sebab masa subur itu hitungannya tetap hanya dua hari sebelum pelepasan sel telur dan dua hari setelah pelepasan sel telur. Jadi masa subur itu hanya lima hari dalam setiap siklus.”

Kebanyakan wanita mengeluh karena masa haidnya tidak teratur. Hal ini disebabkan karena mereka hanya melihat dari tanggal haidnya saja, seharusnya dari siklus haid. Jadi, sebenarnya siklus haid setiap wanita teratur. Walaupun, tidak dipungkiri bahwa siklus haid bisa saja terganggu karena adanya faktor hormonal seperti kelelahan dan kejiwaan (stress).

Sebaiknya wanita selalu menjaga faktor psikologinya, jangan terlalu lelah dan mudah stress. Hal ini bukan hanya mempengaruhi siklus haid, tapi masa kesuburan anda yang berujung untuk mendapatkan anak. Cobalah untuk liburan dengan suami untuk menghilangkan kepenatan dalam bekerja.

 Baca juga :

Mulyati Salim: Baru Dua Bulan Hamil, Aku Malah Divonis Akan Mati

Moms, Jangan Coba-coba Lakukan 6 Hal Ini Selama Hamil Ya!

Sumber : berbagai sumber/by tiur
Halaman :
1

Ikuti Kami