Naomii Simbolon

Official Writer
1767


“Istri yang cakap adalah mahkota suaminya, tetapi yang membuat malu adalah seperti penyakit yang membusukkan tulang suaminya” (Amsal 12:4).

Sebagai seorang isteri, tentu saja kita merindukan suami yang mau menjadi imam atas keluarganya bukan? Namun, berapa banyak diantara kita yang ketika ditegur atau diingatkan oleh suami menjadi sangat marah dan tidak menghargai? Mungkin melontarkan kata-kata yang tidak seharusnya, misalnya : 'Kamu pikir kamu Tuhan? Kamu juga masih blablabla" dan kita membeberkan semua kesalahan dan dosa-dosanya.

Teruntuk suami, inilah bebera

pa hal yang isteri inginkan dari kamu. Serta untuk isteri, dibalik yang kamu inginkan ketahuilah  beberapa kesalahan yang harus kamu perbaiki:

1. Istri mengharapkan suami untuk menjadi pemimpin

Rata-rata, perempuan memiliki  naluri ingin di pimpin. Sedih dan hambar rasanya sebuah pernikahan jika suami tidak memimpin malah ingin dipimpin. Sebab, Allah pun menciptakan suami menjadi kepala, sementara perempuan adalah penolong.

Tapi kadang, ketika suami kita memimpin dan membuat sebuah keputusan dalam pernikahan atau rumah tangga, kemudian dia melakukan kesalahan, kita malah menyalahkannya dan tidak turut. Kita malah merasa benar bukannya menolongnya. Kita berkata bahwa keputusan suami benar-benar nggak baik, kurang pas, kurang tepat, kurang memikirkan orang lain, kemudian kita malah mengatakan bahwa keputusan kitalah yang lebih baik dari pada keputusannya.

Nggak cuma itu, ketika di lain waktu dia memimpin suatu kelompok, kita pun mengkritik kepemimpinannya. Sebenarnya apa sih yang kita kehendaki?

2. Isteri mengharapkan suami yang peduli

Bukan rahasia umum lagi ya. Jangan kan isteri, suami pun ingin dipedulikan bukan?

Dalam pernikahan itu, harus ada timbal-balik. Namun teruntuk isteri, kerap sekali ketika suami menunjukkan concern-nya atas banyaknya aktivitas kita, kita malah memarahinya dan menolaknya. Padahal, itu adalah bentuk kepedulian dari suami lho.

BACA JUGA : Inilah 4 Alasan dan Topik Doa Untuk Suami. Nomor 4 Paling Penting, Jangan Sampai Tidak Ya!

3. Isteri mengharapkan suami untuk berinisiatif

Hayo, berapa banyak dari kamu, hai para suami yang tidak peka terhadap isteri? Berapa banyak diantara kamu yang tidak inisiatif terhadap sesuatu dalam pernikahan atau hubungan kalian?

Nah, mulai saat ini belajar untuk berinisiatif terhadap isteri yuk. Tapi, teruntuk isteri belajar untuk menghargai suami kamu ya. Ketika dia mencoba melakukan sebuah usulan, dan kamu tidak setuju, maka hormatilah dia dengan menolak lembut. Jika dia memberi usulan lagi dan tidak sesuai dengan yang kamu kehendaki, jangan langsung berkata,"nggak semua usulan dan perintahmu harus dituruti."

Kan, suami untuk memimpin. Belajarlah percaya dan taat.

4. Isteri mengharapkan suami yang mau terbuka kepada kita

Terbuka tidak hanya berbicara jujur, tapi juga komunikatif dan membicarakan apa yang tengah di alami. Misalnya, urusan di kantor, pengembalaan dan lain sebagainya.

Tapi juga buat isteri, jika suamimu melakukan hal itu, dengar tanpa harus menggurui apalagi menghakimi ya.

Kadang, suami tidak ingin solusi tapi ingin di dengarkan, sama seperti kamu tentunya.

5. Kita ingin suami kita lebih mengasihi kita

Betul atau betul nih? Siapa sih isteri yang ingin di duakan dengan pekerjaan? Memang mau, kalau suamimu lebih mengasihi pekerjaan, orangtuanya, dan anak-anaknya dibanding kamu? Tentu enggak kan?

Karena memang, isteri adalah seseorang yang akan menemani suami hingga maut memisahkan. Jadi, suami memang harus memprioritaskan isteri melebihi dari apa pun, tapi tidak melebihi dari Tuhan ya.

Tapi nih, untuk isteri-isteri jangan berkomentar negatif ketika suami kamu menunjukkan rasa cintanya kepadamu. Misalnya kalau dia ingin mengajak kamu berduaan, kencan atau ngobrol di kamar, jangan menolaknya dengan alasan klise.

"Duh aku cape. Males nonton keluar atau males kemana-mana."

Kalau kamu menolaknya berulang kali tanpa memberinya pengertian, maka dia tak akan mengajakmu lagi. Nah, dari sini kamu bakal komplain dan membandingkan suamimu dengan suami orang lain.

Padahal kan, suamimu sudah mengambil inisiatif, sudah mengasihimu tapi kamu tidak menghargainya.

BACA JUGA : Ketika Kepemimpinan Suamimu Gagal dan Keluar Dari Jalur Allah, Bantulah Dia Dengan Ini!

Sebenarnya gini, Tuhan itu sangat tahu kebutuhan kita sebagai seorang isteri. Tuhan tahu kalau kita rindu suami yang menjadi pemimpin, berinisiatif, melindungi keluarga dan mengasihi isteri juga anak-anak. Tuhan pun menanamkan kerinduan yang sama dihati suami kamu. Tapi berapa banyak dari kita mengagalkan suami kita menjadi seseorang yang kita inginkan hanya karena suami tidak melakukan yang kita mau? Juga sebaliknya, berapa banyak suami mengagalkan isteri menjadi yang kita mau hanya karena memaksakan apa yang kita pikir benar?

Teruntuk suami, Tuhan tahu apa yang kamu butuhkan. Teruntuk isteri, Tuhan juga tahu apa yang kamu rindukan. Itu sebabnya, taatlah kepada Tuhan dan tunduklah kepada suamimu serta hormati isterimu.

"Isteri yang cakap siapakah akan mendapatkannya? Ia lebih berharga dari pada permata. Hati suaminya percaya kepadanya, suaminya tidak akan kekurangan keuntungan. Ia berbuat baik kepada suaminya dan tidak berbuat jahat sepanjang umurnya." (Amsal 31 : 10-12)

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7244

Banner Mitra Juli 1-2