Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login
Pertolongan dan Tuntunan Tuhan Saat Masalah Menerpaku Sumber :

21 September 2018

September 2018
MonTueWedThuFriSatSun
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
 1186
[Daily Devotional]

Pertolongan dan Tuntunan Tuhan Saat Masalah Menerpaku

Mazmur 16:7-8

Aku memuji TUHAN, yang telah memberi nasihat kepadaku, ya, pada waktu malam hati nuraniku mengajari aku. Aku senantiasa memandang kepada TUHAN; karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah.

Bacaan Alkitab Setahun Mazmur 83; Lukas 4; Yeremia 14-15

Tuhan ada di sini bersamaku, membimbingku, dan memegangku, hari ini! Dia mengubah aku menjadi serupa dengan gambaran-Nya. Ini bukan berita baru, tetapi fakta mendasar - fakta yang aku tahu dengan baik, tapi yang sering aku lupakan. Baru-baru ini, aku menemukan pesan ini dinyatakan lagi dengan cara yang baru dan menarik. Biar aku jelaskan.

Aku saat itu berada dalam masalah yang besar dan tidak tahu harus melakukan apa. Aku tidak tahu ke mana harus berpaling atau apa yang harus dilakukan. Sebagian besar dari kita mengalami  masa-masa seperti ini, tetapi entah bagaimana, sepertinya aku semakin tenggelam dalam masalah itu dan semakin dalam.

Aku menceritakan tentang masalah itu dengan seorang teman baik yang bersimpati denganku dan kami berdoa bersama. Aku mengungkapkan kepada Tuhan bahwa aku tidak dapat memahami apa yang terjadi, tetapi tahu bahwa Dia mengerti. "Tolong Tuhan," aku berdoa, "nyatakan diri-Mu kepadaku, beri tahu aku apa yang harus dilakukan."

Aku benar-benar ingin Tuhan mengubah keadaan secara keseluruhan. Doa itu membantuku dan aku pergi meninggalkan temanku dengan perasaan lebih baik. Situasiku adalah bahwa aku tahu seseorang tidak senang denganku dan aku ingin mengubah persepsi mereka. Aku mulai berpikir bagaimana aku bisa membela diri dan merumuskan rencana. Pembenaran menjadi tujuanku.

Aku meminta saran dari seorang teman Kristen lain karena aku tahu dia berpengetahuan luas di bidang ini.

Baiklah orang bijak mendengar dan menambah ilmu dan baiklah orang yang berpengertian memperoleh bahan pertimbangan. Amsal 1: 5

Dia menyarankan agar aku tidak melakukan dan mengatakan apa-apa. "Tuhan tahu hatimu," katanya, "dan dalam situasi ini, akan lebih bijaksana untuk tidak mengkonfrontasi masalah ini."

Aku tidak senang dengan nasihat ini, tetapi aku telah meminta nasihat. Sekarang aku perlu tahu apakah ini adalah jawaban Tuhan.

Hebatnya, tidak butuh waktu lama untuk konfirmasi itu datang. Itu berasal dari putriku. Dia mengatakan kepadaku untuk menunggu Tuhan dan setuju dengan saran temanku. Konfirmasi kedua datang dari seorang pembicara Kristen yang mengatakan bahwa orang Kristen seharusnya tidak menyebabkan perselisihan.

Terhormatlah seseorang, jika ia menjauhi perbantahan, tetapi setiap orang bodoh membiarkan amarahnya meledak. Amsal 20: 3

Aku tidak ingin bertengkar, tetapi untuk membela diri. Aku mulai melihat bagaimana rencanaku bisa menyebabkan perselisihan.

Dalam belas kasih Tuhan, Dia bahkan mengirim konfirmasi lain. Itu datang dari teman yang berdoa bersamaku. Dia membawakan aku salinan artikel yang muncul di buku renungan hariannya. Artikel itu berjudul, "Integrity Upheld" dari renungan harian Experiencing God Day-By-Day  yang ditulis oleh Henry Blackaby.

Tetapi aku, Engkau menopang aku karena ketulusanku, Engkau membuat aku tegak di hadapan-Mu untuk selama-lamanya. Mazmur 41:13

Penulis itu menceritakan bahwa Yusuf, ayah duniawi Yesus, adalah seorang yang berintegritas. Tuhan tahu yang sebenarnya, bahwa Yusuf telah memperlakukan Maria dengan terhormat. Sangat mungkin orang-orang di komunitasnya tidak mengerti. Artikel itu mengatakan Tuhan mungkin satu-satunya saksimu dan satu-satunya pribadi yang mengerti motifmu.

Aku mulai berpikir betapa sulitnya itu bagi Yusuf dan Maria  juga. Dia pasti ingin menjelaskan, tapi dia pasti tahu itu mungkin tidak akan mengubah persepsi orang. Tuhan memiliki rencana untuk Yusuf, dan bagiannya adalah untuk percaya dan taat. Sama seperti nyanyian syair, "Percayalah dan taatlah karena tidak ada cara lain untuk menemukan kebahagiaan di dalam Yesus." [parafrase saya]

Yusuf mungkin menyadari kemudian betapa diberkatinya dia ketika Yesus duduk di meja atau bekerja dengannya di meja kerja. Situasi yang sulit menjadi berkat, sebuah kehormatan - yang aku tidak dapat bayangkan. Artikel itu menyatakan bahwa kepercayaan diri kita tidak dalam pembenaran dari orang lain, tetapi di dalam Tuhan. Tuhan akan mendukungku dan menempatkan aku di hadirat-Nya.

Betapa aku perlu mendengarkan pesan ini!

Pembicara lain, seorang ahli perkebunan, mengatakan agar tanamanmu memiliki pertumbuhan yang baik kamu perlu menanamnya di tanah dan iklim seperti asal tanaman tersebut. Beberapa tanaman dimaksudkan untuk cuaca dingin dan lainnya untuk panas. Hanya Tuhan yang tahu bagaimana kita dirancang. Dialah yang memberi kita tekanan yang akan menyebabkan pertumbuhan kita. Aku bisa melihat bagaimana aku perlu tumbuh di dalam Dia. Sekarang aku ingin Tuhan menggunakan situasi ini untuk menguatkan aku di dalam Dia. Aku memutuskan untuk mengubah tujuannya, bukan situasinya.

Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar. 2 Korintus 3:18

Untungnya, kita memiliki Juruselamat yang luar biasa yang menggunakan orang lain untuk mendorong dan memberi kita arahan. Teman-temanku digunakan untuk mengajar dan menasihatiku, seperti yang dikatakan dalam Alkitab:

Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu. Kolose 3:16

Tidak ada kilas berita - Tuhan membimbing dan menuntunku melalui masalah kehidupan dan bahkan mengubah aku dalam prosesnya. Tebak apa? Dia ada di sana untuk membimbing dan memelukmu juga. Dia bahkan mungkin mengubahmu. Tetapi apapun yang Dia lakukan, jika kamu mengizinkannya, kamu akan bertumbuh dalam karakter dan kekuatan. Dia akan bekerja melalui masalah itu untuk kebaikanmu.

Hak cipta © 2004 Kathy Schultz. Digunakan dengan izin, diterjemahkan dari CBN.com.

Sumber : Jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Share this article :
Fir Daus 11 December 2018 - 09:14:14

sebutkan ukuran kertas yang bisa digunakan dalam m.. more..

0 Answer

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

1 Answer

Marcelina Mega 6 December 2018 - 22:53:44

Pacaran dengan sepupu

0 Answer


chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Febe Widyawati 29 November 2018 - 22:08:03
Saya mohon bantuan doanya supaya pergumulan saya t... more..

Banner Mitra Week 2


7226

advertise with us