Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
1118


Apa kamu pernah punya pengalaman pacaran sama cowok ato cewek perokok? Sebelum tahu persis kebenaran soal rokok, dulu aku masih kompromi dengan kebiasaan ini. Tapi setelah tahu kebenarannya, baik dari segi kesehatan dan juga segi rohaninya aku mulai mengambil keputusan untuk tidak kompromi mau pacaran sama perokok.

Kedengaran sadis emang. Tapi sebagai orang Kristen, kita harus menghormati firman Tuhan yang bilang supaya kita ‘menjaga kekudusan tubuh’ karena tubuh kita adalah bait roh kudus. Walaupun mungkin dia hanya sekali-kali merokok tetap saja efek yang akan ditimbulkan oleh rokok itu bisa merusak tubuh yang Tuhan kasih ke kita.

Kalau bicara dari segi efeknya ke kesehatan, sejumlah penelitian bahkan sudah menemukan hasilnya kalau rokok justru membuat seseorang jadi kecanduan. Perokok akan berpikir kalau rokok adalah jalan keluar untuk meredakan emosi negatif seperti kecemasan dan depresi. Belum lagi efek jangka panjangnya bisa merusak organ bagian dalam tubuh dan menyebabkan gangguan pernapasan dan fatalnya menimbulkan kanker paru-paru.

Kalau kamu secara pribadi adalah orang yang menjaga betul kesehatan, menjaga makanan dengan ketat supaya gak sakit atau bela-belain olahraga teratur supaya tetap bugar. Apakah kamu yang tipe hidup sehat seperti ini mau berbagi hidup dengan orang yang sama sekali gak menghargai tubuhnya? Kebanyakan dari kita pasti gak mau ya.

Nah, prinsip yang sama juga berlaku dari segi kerohanian. Kalau kamu adalah anak Tuhan yang menjadi pelaku firman dan menjunjung tinggi tentang menjaga kekudusan, apakah kamu mau pacaran sama pribadi yang gak menghormati Tuhan dan firman-Nya? Kamu bisa menjawabnya sendiri ya.

Tapi buat kamu yang baru menyadari kebenaran ini setelah kamu pacaran dengan seorang perokok, bukan berarti kamu harus memutuskan dia. Hal itu tentu saja gak adil buat dia. Tapi kamu bisa jadi pribadi yang membagikan kebenaran ini ke dia. Bisa menolong dia lepas dari kecanduan akan rokok atau bisa mendukung dia perlahan-lahan keluar dari kebiasaan itu. Ingat, bukan memaksakan tapi lebih ke memberikan pemahaman yang logis dan realistis soal bahaya rokok.

Apakah dia akan mneyesal setelah dia mengalami dampaknya? Hal itu ditentukan dengan tindakanmu hari ini. Sebagai orang Kristen, kita gak bisa menyetujui kalau cinta itu buta dan bisa menerima seseorang dengan segala hal buruk yang dilakukannya, baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain.

Karena itu, sebagai anak Tuhan mari menjadikan firman Tuhan sebagai standar hidup yang harus kita hidupi. Dan bahkan untuk urusan cinta pun, kita harus benar-benar taat lebih dulu dengan apa yang firman Tuhan sampaikan. Jangan berkompromi dengan sesuatu yang justru hanya akan merugikan dan menyusahkan hidupmu ke depan.

“Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, --dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!” (1 Korintus 6: 19-20)

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Gilang Angga 19 August 2019 - 19:48:37

Organisasi Yang di bentuk uni soviet untuk membend.. more..

0 Answer

Fatma Wati 18 August 2019 - 21:07:41

apa jawapan yang di berikan situs kami

0 Answer

Sofely Charolina Sinaga 18 August 2019 - 12:44:15

Syalom saya sofely charolina sinaga mau sharing se.. more..

1 Answer


Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Mitra Agustus Week 3


7274

Banner Mitra Agustus Week 3