Apakah Merokok Itu Dosa? Ini Kata Alkitab

Health / 20 September 2017

Kalangan Sendiri

Apakah Merokok Itu Dosa? Ini Kata Alkitab

Naomii Simbolon Official Writer
82060

Rokok adalah salah satu benda yang membuat penikmatnya kecanduan, hal ini diakibatkan karena rokok mengandung nikotin. Nikotin ini berfungsi sebagai perangsang sekaligus penenang.

Nah, jika penikmat rokok alias perokok menghisap rokok secara terus menerus, zat nikotin tersebut akan masuk kedalam otak hingga menjadi ketergantungan. Sehingga nggak heran kalau para perokok  selalu mempunyai alasan agar mereka bisa menyumpal mulut orang-orang yang menasihati mereka tentang bahaya merokok.

Perokok nggak hanya usia dewasa, bahkan anak-anak kecil juga. Dan tentu nggak sedikit orang-orang Kristen termasuk didalamnya (perokok aktif). Kebiasaan ini bisa berawal dari coba-coba hingga akhirnya kecanduan merokok. Lalu apa sih sebenarnya jawaban Alkitab mengenai hal ini? Apakah merokok itu dosa?

Dikatakan bahwa tubuh kita adalah bait suci Allah dan kita adalah kepunyaan Allah. Banyak ayat firman yang menghimbau agar kita tetap menjaga kekudusan tubuh kita dan terus memuliakan namaNya melalui tubuh kita manusia telah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik, seperti yang ditulis di :

1 Korintus 6:19: “Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!”   

2 Timotius 3:17: “Dengan demikian, tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.”

Baca juga:

Bukan Bikin Tenang, Studi Justru Ungkap Merokok Tingkatkan Risiko Penyakit Mental

Sebagai Orang Kristen, Bisa Gak Sih Pacaran Sama Perokok? Ini Jawabannya....

Dengan melihat ayat diatas, mari kita simpulkan. Apakah merokok adalah tindakan memuliakan nama Allah dan sebuah perbuatan baik?

Jawabannya adalah Tidak. Kenapa? Karena merokok membuat tubuh kita rusak, sedangkan merusak tubuh bukanlah sebuah perbuatan yang baik bukan?

Banyak riset telah membuktikan bahwa merokok itu sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari BBC Indonesia, pakar masalah penyakit paru-paru, dokter Muherman Harun, di Jakarta, mengatakan ada sejumlah zat beracun yang menimbulkan berbagai penyakit.


"Rokok itu mengadung banyak bahan yang membayakan kesehatan, terutama tiga macam yaitu nikotin yang menyebabkan kecanduan dan serangan pada otak seperti stroke atau seranga jantung, dan juga bisa mempengaruhi pembuluh darah perfier di ujung tungkai.”

"Yang kedua, tar. Tar adalah penyebab utama kanker. Dan yang ketiga, karbon monoksida yang mengambil O2 (oksigen) dari hemoglobin yang membuat orang sesak napas, serangan jantung atau serangan otak."

Dengan merokok berarti kita telah mengabaikan perintah Yesus Kristus untuk memuliakan nama-Nya melalui tubuh kita.

Lantas pantaskan pengikut Kristus merokok?

Firman memuliakan nama Tuhan melalui tubuh kita, beberapa kali diulang dalam kitab yang berbeda.

Sebagai pengikut Kristus dan telah ditebus oleh darah-Nya tentu kita harus menghargai diri kita dan menyerahkan diri kita total kepada Allah, bukannya malah memilih merokok dan merusak diri.

Roma 12:1:” Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.”

Jadi sudah jelas bahwa merokok adalah Dosa karena bertentangan dengan Firman Allah.

Dosa adalah segala sesuatu yang mendukakan hati Allah dan nggak sesuai dengan Firman dan hatiNya.

Baca juga: 

Angki Mangiri, Rokok Merusak Rumah Tanggaku

Allan : Generasi Keren Tanpa Rokok
Memang benar, orang Kristen seringkali bersikap tidak adil dengan mencela dosa yang satu tetapi menghalalkan dosa yang lainnya. Namun, apakah hal ini akan membuat merokok sebagai sesuatu yang benar?

Sekali lagi tentu tidak. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa merokok itu dosa. Namun aku tidak menyatakan bahwa semua perokok tidak diselamatkan.

Merokok juga tidak membuat seseorang kehilangan pengampunan dari Tuhan jika ia bersedia mengaku dosanya kepada Allah. 

1 Yohanes 1:9: “Jika kita mengaku dosa kita, maka ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.”

Dengan berdasarkan Firman Allah, dengan yakin aku mau katakan bahwa merokok itu dosa yang harus ditinggalkan dan dapat dilalui dengan pertolongan Tuhan.  Kalau  kamu nggak mampu meninggalkan rokok, bagaimana mungkin kamu bisa meninggalkan dosa lainnya?

Yakobus 4:17:” “Jadi jika seorang tahu bagaiamana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa.”

Kamu diberkati dengan artikel di atas? Yuk, bersama Jawaban.com memberkati lebih banyak orang dengan mendonasi Rp.100.000.- saja. KLIK DISINI UNTUK DONASI.

Sumber : Berbagai sumber/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami