Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
921


Biasanya konflik banyak timbul ketika di awal-awal pernikahan. Konfliknya pun kebanyakan seputar karakter dan kebiasaan yang bertentangan. Bahkan salah meletakkan handuk atau sikat gigi pun bisa jadi pemicu pertengkaran.

Tapi tahukah kamu kalau hal ini dianggap sebagai sesuatu yang normal dan umum. Karena bagaimanapun tak ada satu pasangan yang benar-benar punya kebiasaan yang persis sama. Jadi perbedaan karakter atau kebiasaan antara kamu dan pasangan sama sekali bukan masalah yang tak bisa diselesaikan.

Untuk menyelesaikan masalah yang satu ini kamu bisa melakukan beberapa cara. Kuncinya adalah bekerja sama untuk mengubah kebiasaan masing-masing dan mau belajar menerima perbedaan yang ada.

Bekerja sama untuk mengubah pasangan sama sekali tidak bisa dilakukan dengan cara-cara manipulatif. Misalnya, sengaja mengatur sesuatu dengan harapan supaya pasangan bisa mulai mengubah diri. Jangan pernah melakukannya! Akan jauh lebih baik jika kamu terang-terangan mengatakan ketidaksukaanmu dengan karakter atau kebiasaannya. Terkadang mengekspresikan perasaan bisa mengurangi sikap defensive dan ketegangan dalam komunikasi.

Kamu juga harus bertanya lebih dulu pada diri sendiri kenapa kamu mau pasanganmu berubah? Apakah tujuannya hanya untuk menyenangkan dirimu sendiri atau membuat pasanganmu jadi pribadi yang jauh lebih baik? Apakah kalau dia berubah maka kamu akan merasa jauh lebih baik sementara pasanganmu justru hanya akan jadi pribadi yang bukan dirinya sendiri? Atau apakah mengubah pasangan hanya untuk membuatnya jadi pribadi yang bebas atau justru membatasi kebebasannya?

Ingatlah bahwa seseorang tak berkuasa untuk mengubah orang lain. Satu-satunya pribadi yang bisa kamu ubah adalah dirimu sendiri. Tentu saja dalam sebuah pernikahan kita sama sekali tidak mentolerir perlakuan yang tidak menyenangkan dari pasangan seperti melakukan kekerasan fisik atau berbicara kasar. Untuk kasus semacam ini, kamu memang membutuhkan pertolongan dari ahlinya.

Baca Juga : Luangkan Waktu 15 Menit Lakukan Ini Bersama Pasangan, Dijamin Deh Makin Mesra!

Tapi dalam kasus-kasus kecil seperti pasanganmu orang yang jorok, berantakan, atau pelupa, hal ini bukanlah sesuatu yang harus kamu paksakan untuk diubah. Cobalah melakukan beberapa langkah ini:

1. Jangan menyampaikan komplain secara blak-blakan. Bahkan saat kalian sedang berada di meja makan bersama dan mengatakan, “Sayang, aku sangat terganggu saat kamu bersendawa di meja makan. Hal ini akan menyebabkan dampak buruk bagi anak-anak kita dan kebiasaanmu ini sangat buruk.”

2. Jelaskan kalau semua orang perlu berubah. Misalnya, katakanlah kepada pasangan, “Sarapan adalah hal yang menyenangkan bagi kita semua, dan kamu bisa memberian teladan soal hal ini kepada orang lain.”

3. Jangan mendesaknya untuk berubah. Mendesak pasangan untuk berubah hanya akan membuat dia kesal. Pasanganmu butuh cara lain untuk mendorongnya mau mengubah kebiasaan buruknya.

4. Jangan menyerangnya. Saat kamu menyerangnya dengan sejuta kata-kata yang menjatuhkan, kamu hanya akan membuatnya semakin terpuruk. Hargai dia sebagai pribadi yang memang diperlakukan dengan hormat.

5. Bila perlu komunikasikanlah hal-hal yang perlu dirubah. Berubah adalah proses yang cukup sulit. Karena itu cobalah untuk mengkomunikasikan soal hal-hal yang sebaiknya dirubah dari dirinya dan bantu dia untuk menemukan cara terbaik untuk berubah.

6. Dorong dia untuk bisa bertumbuh jadi pribadi yang lebih baik. Akui kemajuan yang sudah diraihnya dan berikan pujian dan rasa kagum yang besar atas keinginannya untuk mau berubah.

7. Sabarlah untuk terus melihat setiap perubahan yang akan terjadi pada pasanganmu. Jangan pernah terburu-buru untuk melihat dia berubah. Karena bagaimanapun dia butuh waktu untuk mencoba sesuatu yang tak biasa baginya.

8. Fokuslah pada kebiasaan baik pasangan. Daripada kesal karena beberapa kebiasaan yang menyebalkan dari pasangan. Lebih baik memfokuskan diri pada nilai-nilai positif lain dari pasanganmu. Bagaimanapun dia pasti punya sisi lain yang bisa kamu banggakan.

9. Berdoalah untuk pasanganmu. Tuhanlah yang mampu mengubah seseorang. Karena itulah satu-satunya hal yang sangat perlu kamu lakukan adalah berdoa untuk pasanganmu. Dan karena beberapa perilaku tidak akan pernah berubah, mintalah Tuhan untuk memberikan hati yang dengan rela mau menerima perbedaan antara kalian.

Baca Juga : Pasanganmu Pilih Diam? Bisa Jadi Tanda Pernikahanmu Lagi Bermasalah Loh...

Berusahalah mengubah kebiasaannya dan bukan orangnya. Karena saat kamu mencoba mengubah kepribadian atau temperamen pasanganmu, kamu akan menghadapi pertempuran yang akan berakhir dengan rasa frustrasi. Karena itu andalkanlah Tuhan dan bawalah pasanganmu dalam doa.

Sumber : Focusonthefamily.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

0 Answer

Marcelina Mega 6 December 2018 - 22:53:44

Pacaran dengan sepupu

0 Answer

Roy Hendrawanto 4 December 2018 - 00:01:52

Solusi terbebas dari hutang kartu kredit

1 Answer


chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Febe Widyawati 29 November 2018 - 22:08:03
Saya mohon bantuan doanya supaya pergumulan saya t... more..

Banner Mitra Week 2


7226

Superyouth